hayosayasiapaAvatar border
TS
hayosayasiapa
Ingin Belajar Food Photography dengan Kesan Dramatis? Berikut Tips-nya, Gan!


Siapa sih yang ga tergiur dengan berbagai foto makanan yang begitu ciamik?

Yap! Biasanya para fotografer mengambil foto makanan dengan komposisi sempurna dan juga memaksimalkan berbagai teknik agar warna cerah dari si makanan begitu menonjol. Tentunya hal ini akan membuat makanan sebagai objek foto begitu detail dan menarik perhatian sehingga orang-orang akan tergiur dengan potret makanan tersebut.

Oh iya, kalian jangan berpikir kalau food photography hanya menampilkan foto makanan dengan kesan ceria dan colorful ya. Ternyata ada juga loh food photography dengan menggunakan teknik dark photography supaya foto makanan yang dihasilkan memberikan kesan yang begitu dramatis.

Meskipun kesan yang dihasilkan dark photography pada foto makanan terkesan dramatis karena identik dengan warna dan corak yang gelap, tapi nyatanya banyak loh orang-orang yang melakukan teknik ini, bahkan menjadi salah satu teknik favorit, GanSis.

Agan dan SIsta ingin mempelajari lebih dalam mengenai dark photofraphy pada food photography? Kalai iya, coba pelajari trick trick ini aja!



Minimalkan Pencahayaan



Salah satu kunci untuk hasilkan foto dengan teknik dark photography adalah dengan meminimalkan pencahayaan pada objek foto mu. Yap! Namanya juga dark photography, maka butuh suasana yang gelap dalam foto tersebut. Kamu bisa melakukannya dengan cara menjauhkan objek foto dari jendela, melakukan sesi foto dalam ruangan yang minim cahaya, atau bisa juga dengan melakukan teknik backlighting. Oh iya, meskipun minim cahaya, tapi teknik seperti ini bisa menonjolkan tekstur pada makanan yang akan difoto loh.


Ciptakan Bayangan



Menciptakan bayangan gelap pada background fotomu ternyata salah satu kunci yang bisa kamu terapkan untuk hasilkan food photography yang dramatis loh. Agan dan Sista bisa membuat small black fill cards dengan karton hitam. Oh iya, cara ini juga bisa membantumu untuk mengurangi illumination dan membantu agar cahaya tidak memantul ke obbjek makananmu.


Warna Background Harus Halus dan Lembut



Biasanya background yang dipilih untuk teknik dark photography adalah background dengan warna warna gelap seperti biru tua, abu-abu tua dan hitam. Tapi meskipun begitu, tak selamanya harus itu itu saja kok, GanSis juga bisa mencpba berbagai background dengan warna tone espresso dan background yang dilengkapi dengan tekstur. Apapun boleh kok, tapi yang penting kamu harus menghindari background yang terang dan berkilau.


Pilih Objek yang Tidak memantulkan Cahaya



Pemilihan barang-barang yang tidak memantulkan cahaya ya. Karena pencahayaan adalah kunci terpenting dalam dark photography, jangan sampai refleksi cahaya pada objek objek yang ada dalam foto malah merusak hasil fotomu. Jadi ada baiknya kamu menghindari berda-benda yang memantulkan cahaya seperti porselen.


Aplikasikan Rule of Odds



Jangan pernah melupakan objek pendukung saat memotret ya. Bukannya mengganggu, iobjek penunjang justru akan membuat objek utama pada fotomu menjadi lebih hidup. Tapi ingat ya, dalam penempatannya, kalian harus pintar pintar menyeimbangkan komposisinya.



SUMBER
farinamany
aygilagility
similikityJGC20
similikityJGC20 dan 42 lainnya memberi reputasi
41
5.5K
118
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan