CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pantes Pendidikan Tertinggal 128 Tahun! 5 Perbedaan Guru Indonesia vs Guru Finlandia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fdd27e1facb9540d45c2490/pantes-pendidikan-tertinggal-128-tahun-5-perbedaan-guru-indonesia-vs-guru-finlandia

Pantes Pendidikan Tertinggal 128 Tahun! 5 Perbedaan Guru Indonesia vs Guru Finlandia

Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 4
sistem edukasi wkwkland kok ingin dibandingkan ama world classnya education..haha
profile-picture
novaajinugroho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
tuh kan bandingin lagi ama Finlandia
aku tu pengen loh dibandingin ama Kuvukiland
profile-picture
novaajinugroho memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Di Finlandia ga ada soal ujian buat Murid tentang gubernurnya atau presidennya emoticon-Ngakak
metodenya beda,,jjmlah muridnya jg jauh beda gan
gw kira mentri pendidikan diganti, sistem kurikulumnya juga diganti, ternyata ngak ya.
menurut gw sih, klo mau benahin suatu negara, benahin dulu sistem pendidikannya.
tp secara guru honorer aja masih banyak berkembang subur, masih terlalu jauh untuk indonesia ini ya.
mungkin harus kaya bu susi dalam menangani mafia nya dulu, diberantas.

profile-picture
novaajinugroho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ini boleh dijadikan acuan tapi dipikirkan lagi indonesia penduduk terbanyak ke 4 didunia itupun lokasinya terpencar dipulau"
bahkan dengan program 3T Dari pemerintah pun belum mampu menyelesaikn kekurangan guru di daerah"
profile-picture
novaajinugroho memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
jngan bandingin indo sma finland dulu lah bandingin orok jaman now dimari sma manusia normal duluemoticon-Ngakak
profile-picture
novaajinugroho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalo di finlandia ga ada mafia2an, klo disini malah kebalikan diberbagai sektor banyak mafianya termasuk pendidikan..makanya ga akan maju, di habisin dulu mafia sampe ke akar2nya baru sistem akan berubah kearah yg lbh baik
profile-picture
novaajinugroho memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Kebanyakan kurikulum sih klo kt ane.. belom lg jumlah pelajaran yg mesti anak2 pelajari.. ane ngajar math kelas 3 SD, mereka belajar perkalian-pembagian;pecahan;konversi satuan berat,panjang, dan waktu;sifat bangun datar;sudut;statistik (bikin diagram).. keburu eneg anak2nya juga.. ane pengennya sih difokusin dulu di satu kurikulum,misalnya kelas 3 itu belajarnya perkalian dan pembagian,ntar kelas 4 belajar satuan berat, panjang, waktu.. jd anak2 juga ga bakalan banyak PR karena yg dipelajari jg cm dikit
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan novaajinugroho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Welcome to wkwkwkwk land
profile-picture
novaajinugroho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
pokoknya setelah jam 12 siang KBM kacau...

siswa ngantuk diceramahin
guru kecapean ceramah
emoticon-Leh Uga
profile-picture
novaajinugroho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Model pendidikan kita mirip dengan model pendidikan di negara-negara Asia timur. Seperti Jepang, Cina, Taiwan, dll. Dan negara-negara tersebut lebih baik dari Finlandia. Coba cek negara-negara mana yang kerap menang dalam Olimpiade Matematika.

Menurutku bukan sistemnya yang salah, tapi cara pengajarnya yang harus diperbaiki terus-menerus agar kualitas belajar-mengajar di sini menjadi lebih baik.

Kalo sistem nya dirubah terus-menerus, nanti seperti PSSI jadinya.

Menurutku yang harus direformasi itu sistem pendidikan kita di Universitas. Bukan hanya mahasiswanya, tapi juga dosen. Para dosen dan profesor di Indonesia harus lebih aktif dalam melakukan penelitian dan menulis scientific paper. Karena tanpa adanya riset dan penemuan-penemuan penting, peringkat universitas kita ngak mungkin bisa naik.

Mengapa? Coba lihat ke salah satu "nilai tambah" dalam penilaian 300 universitas terbaik dunia. Yaitu jumlah hadiah nobel yang didapat oleh para peneliti dari universitas-universitas barat. Selama ngak ada dosen / profesor di Indo yang pernah dapat hadiah nobel, peringkat universitas kita ngak pernah bakalan naik.

Di Cina saja sebenarnya banyak universitas dengan kualitas sangat baik. Tapi karena jarang ada yang dapat hadiah nobel, maka mereka ngak pernah bisa menang lawan Oxford, Havard, MIT yang notabene memiliki banyak profesor yang dapat hadiah nobel.
Diubah oleh Yuwen
dari awal aja udah beda.. sistem pendidikan kita masih mengikuti skema jaman penjajahan dulu.. emang gk bisa dipungkiri kalo pendidikan kita sangat jauh tertinggal..
Pindah jadi warga negara finlandia gimana sih
Arah pendidikan indo itu ngikut korea ama jepun yang isinya tugas tugas tugas
Quote:


Di Indonesia kalau mau praktek susah. lab nya aja ga lengkap
profile-picture
novaajinugroho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Simple pendidikan di finlandia
profile-picture
novaajinugroho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
dilihat dari kesejahteraan guru sama waktu belajar aja udah beda jauh sih ya gan
di indonesia kalo punya duit, mending sekolahin di sekolah internasional aja, karena guru2nya bule dan metode ngajar nya kek finlandia gitu.
Pantes Pendidikan Tertinggal 128 Tahun! 5 Perbedaan Guru Indonesia vs Guru Finlandia
guru indonesia emoticon-Wakaka
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
kalopun seluruh guru di findland diimpor kemari.. pasti tetep ga bakalan maju juga koq... emoticon-Big Grin kenapa... stigmatisasi orang tua murid terhadap kata belajar adalah melotot liatin buku.. hapal.. pintar calistung dsb... anak belom 2 taun ga bisa calistung banyak koq orang tua yang panik... akhirnya bimbel.. las les las les... emoticon-Big Grin

remajakan dulu arti dari kata belajar.. baru nanti perkembangan akan mengikuti.. imho...
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
Halaman 2 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di