CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Hino AK8, Bus Bermesin Depan yang Banyak Digunakan Untuk Kelas Ekonomi AC
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fcf9750675e903e1a1aa0ed/hino-ak8-bus-bermesin-depan-yang-banyak-digunakan-untuk-kelas-ekonomi-ac

Hino AK8, Bus Bermesin Depan yang Banyak Digunakan Untuk Kelas Ekonomi AC

Di dalam segmen bus ekonomi Indonesia, produk bus Hino cukup digemari oleh para pengusaha bus. Untuk bus ekonomi Hino punya produk unggulan yang bernama A 215 atau biasa disebut sebagai Hino AK8, salah satu bus bermesin depan yang masih diproduksi sampai saat ini.

Bagi pengusaha bus di Pulau Jawa, mengoperasikan bus Hino AK8 adalah hal yang lumrah. Mengingat harganya yang cukup terjangkau, selain itu jalur di Pulau Jawa yang tidak terlalu banyak tikungan dan tanjakan membuat bus mesin depan buatan Hino ini bisa diandalkan.

Pada kesemapatan kali ini TS akan mengajak agan dan sista mengenal salah satu chasis bus yang cukup laris dari Negeri Sakura ini, seperti biasa kita mulai dari sejarahnya.


SEJARAH

Keluarga Hino AK bukan pemain baru disegmen bus, AK series sendiri sudah mulai dikenalkan di Indonesia sejak tahun 1980-an. Dan varian terakhir dari keluarga AK yang dikenal dengan nama AK8 masih digunakan sampai saat ini.

Total ada 4 seri Hino AK yang beredar di Indonesia, berikut TS sajikan sekilas tentang beberapa varian sebelumnya:

1.AK17, mulai doproduksi tahun 1985 – 1995. Mesin H07C, 6728cc, 175 ps.
2.AK3H, mulai diproduksi sejak 1995-2003. Mesin H07D, 7412cc, 190 ps.
3.AK1J, mulai diproduksi sejka 2003-2007 Mesin J08C-F, 7961cc, 210 ps.
4.AK8J, diproduksisejak 2007 sampai sekarang. Mesin J08E-UH, 7684cc, 215 ps.


Hino AK8, Bus Bermesin Depan yang Banyak Digunakan Untuk Kelas Ekonomi AC

Sugeng Rahayu dengan Hino AK8, Surabaya-Semarang.

Foto: awansan.com


Tiga varian awal dari seri Hino AK sudah tidak lagi diproduksi, sementara varian terakhirnya masih diproduksi sampai sekarang dan digunakan oleh banyak PO bus untuk armada kelas Ekonomi AC.

Mesin yang lebih bertenaga dari varian AK8 juga mampu mengimbangi beban AC yang dibawanya, sehingga tak heran setelah munculnya Hino AK8, banyak PO bus yang sudah melengkapi armadanya dengan AC. Kalau di Jawa Timur, armada bus Ekonomi AC juga sering disebut ATB (AC Tarif Biasa).

Varian AK8 cocok digunakan untuk trayek jarak menengah yang tidak begitu jauh. Misalnya seperti trayek Surabaya-Jogja, Surabaya-Semarang, Surabaya-Malang, Solo-Semarang, Surabaya-Tulungagung, Surabaya-Ponorogo/Pacitan, Kuningan-Cirebon-Jakarta. Populasi Hino AK8 yang paling banyak adalah dijalur yang TS sebutkan gan sist.


Hino AK8, Bus Bermesin Depan yang Banyak Digunakan Untuk Kelas Ekonomi AC

Setia Negara, Hino AK8 body Discovery buatan Laksana.

Foto: awansan.com


Spesifikasi

Hino AK8 menggunakan mesin diesel berkapasitas 7.684 cc dengan turbo intercooler standar Euro 2. Mesin mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 215 ps pada putaran mesin 2.500 rpm dan torsi maksimal 620 Nm pada putaran mesin 1.500 rpm. Tenaga ini lantas dikimpoikan dengan transmisi manual 6 kecepatan.

Mesin Hino AK8 yang masih konvensional tergolong mudah diperbaiki maupun dioprek (modifikasi) gan sist, tak heran kadang bus ini dapat dipacu dengan kencang dijalan. Kemungkinan hal tersebut karena mesin tersebut sudah dimodifikasi oleh para mekaniknya. Hino AK8 sendiri dari segi spare part juga mudah untuk didapat, karena basis mesinnya sama dengan milik saudaranya yaitu Hino RK8, yang merupakan bus bermesin belakang.


Hino AK8, Bus Bermesin Depan yang Banyak Digunakan Untuk Kelas Ekonomi AC

Interior AK8.

Ilustrasi: azzarera122-wisatailmu.blogspot.com


Menurut pengalaman TS saat naik bus Jawa Timuran, bus Hino dengan mesin depan ini sudah cukup nyaman untuk kelas ekonomi karena sudah kuat untuk dipasangi AC. Meski suspensinya agak keras, karena masih memakai suspensi per daun. Namun tarikan mesinnya terasa lebih enak serta suara mesin jauh lebih halus dari seri sebelumnya.

Bus ini juga sudah menggunakan power steering untuk memudahkan pengemudi, sistem pengereman dengan Air Over Hydrolic yaitu rem dengan tekanan angin yang dipadu dengan minyak rem. Walaupun demikian rem jenis ini sangat halus dan mudah dioperasikan sesuai dengan keinginan pengemudi.

Untuk mengenali Hino AK8 juga cukup mudah, biasanya ada emblem Hino berukuran besar dibagian belakang (dibawah kaca belakang) serta di bagian grill depannya. Pada bagian dashboard, Hino AK8 biasanya tidak dilengkapi tachometer. Ciri bus bermesin depan adalah adanya grill (lubang udara) untuk pendinginan mesin pada bagian depn.


Hino AK8, Bus Bermesin Depan yang Banyak Digunakan Untuk Kelas Ekonomi AC

Bagian dalam Hino AK8.

Ilustrasi: azzarera122-wisatailmu.blogspot.com


Hal yang penting bagi bus entry level adalah harga yang terjangkau, bisa diajak kerja keras serta mesinnya bandel. Karena waktu pemberangkatan bus yang tergolong berdekatan, maka dibutuhkan juga mesin yang handal untuk keperluan itu.

Untuk harga chasisnya dibanderol sekitar Rp 480 juta, hanya berupa protolan saja gan sist. Yakni berupa rangka, ban dan mesinnya saja. Harga bisa bertambah untuk pembuatan body serta pemasangan interiornya.


Hino AK8, Bus Bermesin Depan yang Banyak Digunakan Untuk Kelas Ekonomi AC

Bus Mira dengan Hino AK8. Surabaya-Jogja.

Foto: awansan.com


Saingan terdekat Hino AK8 saat ini adalah Mercedes Benz OF 1623 RF, dengan tenaga 230 hp. Produk asal Jerman tersebut dibanderol sekitar Rp 649 juta, mulai hadir kembali disegmen bus mesin depan tahun 2018, Mercedes menjadi saingan terkuat bagi Hino.

Meski digunakan untuk trayek jarak pendek sampai menengah, namun beberapa PO juga pernah mengoperasikan Hino Ak8 di trayek jarak jauh. Salah satunya PO Mila Sejahtera/AKAS (Jogja-Banyuwangi), PO Handoyo (Jogja-Palembang), PO Aneka Jaya (Pacitan-Pekanbaru). Namun untuk trayek ke Sumatera kebanyakan sekarang sudah memakai bus bermesin belakang, karena akan riskan menggunakan mesin depan untuk jarak jauh secara terus menerus.


Hino AK8, Bus Bermesin Depan yang Banyak Digunakan Untuk Kelas Ekonomi AC

Mila Sejahtera, Jogja-Banyuwangi. Hino AK8, body Discovery buatan Laksana.

Foto: awansan.com


Meskipun saat ini sudah muncul Merecedes Benz OF 1623 RF dengan teknologi yang lebih baik. Namun beberapa PO bus masih tetap memilih Hino AK8 untuk armada kelas ekonominya. Harga yang terjangkau serta spare part yang melimpah adalah salah satu alasan produk dari Jepang ini masih diminati di pasaran.

Untuk body bus yang paling banyak digunakan untuk seri bus mesin depan ini adalah Discovery buatan karoseri Laksana serta body Max HDD buatan karoseri Tentrem. Untuk PO bus yang memakai Hino AK8 sendiri juga cukup banyak mulai dari Sugeng Rahayu, Mira, Setia Negara, Indonesia, Aneka Jaya, Cendana, Jaya, Raya, Gunung Mulia, Setia Negara, Tentrem, Safari dll.


Hino AK8, Bus Bermesin Depan yang Banyak Digunakan Untuk Kelas Ekonomi AC

PO Tentrem dengan Hino AK8, body Max HDD buatan sendiri emoticon-Big Grin

Ilustrasi: azzarera122-wisatailmu.blogspot.com


Apakah agan dan sista juga pernah merasakan menaiki salah satu bus terlaris di kelas ekonomi ini ? Jangan lupa nanti untuk share pegalaman kalian dikolom komentar.



----------


TS ucapkan terimakasih untuk agan dan sista yang sudah membaca tulisan sederhana ini dari awal sampai akhir. Jangan lupa untuk rate 5, cendol, dan share. Sampai jumpa lagi di tulisan selanjutnya, enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer


Referensi: 1.2.3.4
Ilustrasi: google image, awansan.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anerifai dan 9 lainnya memberi reputasi
Tak perlu armada "wahh" untuk mencari nafkah, percuma punya armada "wahh" kalau gak bisa diajak kerja keras.

Para pejuang mesin depan, ada yang mau menambahkan ? emoticon-Big Grin

Hino AK8, Bus Bermesin Depan yang Banyak Digunakan Untuk Kelas Ekonomi AC

Hino AK8, Bus Bermesin Depan yang Banyak Digunakan Untuk Kelas Ekonomi AC

Hino AK8, Bus Bermesin Depan yang Banyak Digunakan Untuk Kelas Ekonomi AC

Hino AK8, Bus Bermesin Depan yang Banyak Digunakan Untuk Kelas Ekonomi AC

Hino AK8, Bus Bermesin Depan yang Banyak Digunakan Untuk Kelas Ekonomi AC

Hino AK8, Bus Bermesin Depan yang Banyak Digunakan Untuk Kelas Ekonomi AC
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
emoticon-Pertamax
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 4 lainnya memberi reputasi
Tumben bahas bis lg nih gan..hehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 4 lainnya memberi reputasi
Sasis yang cocok buat salip salipan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Apa kelebihan dan kekurangan bus bermesin depan dibandingkan dengan bus bermesin belakang gan? Mohon pencerahannya, dari ulasan diatas sepertinya bus bermesin depan kurang bisa diandalkan untuk trayek jarak jauh ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kenapa sekarang kalo trayeknya banyak tanjakan, bus lebih condong milih mesin belakan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
jaman SMP penah piknik ke Bandung gak dapet tempat duduk, akhirnya duduk di mesin.
gara² ada guru yg bawa sekeluarga, gw jadi gak kebagian duduk..emoticon-Bata (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Betul juga Om, grill depan pembedanya... Bus mesin depan grill depannya gede.. hahaha. Mesin yang ekonomis.. padahal beberapa bus kota aja pake mesin belakang kayak busway merk Zhong Tong.. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
Trit ente mantp betul bre emoticon-Smilie
BTW naik bus legendaris sugeng rahayu adalah salah satu cara mendekatkan diri kepada yang maha kuasa.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Pernah liat sekali nih kayaknya dijalan. Tapi ane tetep kepo sama raya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
gerungan mesin depan ibarat musik ninabobo buat penumpang pelor.
raungan nya juga jadi penyemangat penggila ngeblong.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
Mira favorite ane kl pulkam Clayton.

Kl mesin depan berarti gardan panjamg ua gan, kan penggerak belakang kaya truck?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


iya gan, coba buat yang ringan.
bahas soal militer ternyata cukup berat juga emoticon-Peace


Quote:


di Kuningan dan sekitarnya ada SN, Luragung dkk.
di Jatim ada Mira, SR, Indonesia, SSM dkk. bus yang mengingatkan kita pada Tuhan gan :Peace



Quote:


kalau kelebihannya mudah dalam perawatan karena letak posisi mesin yang sama dengan kebanyakan truk gan, selain itu spare partnya cukup melimpah, dan teknologi mesin yang konvensional banyak dikuasai oleh orang. sebagai tamabahan mesin Hino AK8 masih Euro 2, dikasih solar murah pun masih bisa emoticon-Big Grin

kekurangannya adalah rawan over heat, karena power mesinnya memang kurang. untuk jalan jarak jauh biasanya kap mesin depan sering dibuka.

kalau tidak rutin dirawat kebanyakan mesinnya rawan over heat, ane sering menemui bus SR di jalur SBY-Jogja yang banyak membuka kap mesin depannya sepanjang jalan, kemungkinan mesin sudah terlalu panas akibat belum masuk waktu servis rutinnya. kelemahannya selain over heat, sistem rem belum air brake gan. agak rawan juga sebenarnya untuk ukuran bus menurut ane, sementara Mercy 1623 mesin depan sudah memakai rem full air brake. cmiiw, berdasar pengalaman ane dan beberapa orang yang ane temui


Quote:


salah satunya karena faktor tenaga gan, bus mesin belakang torsinya lebih gede jadi lebih enak buat nanjak. kalau tanjakan lebih enak pakai Scania, beberapa tipe Mercy terasa kurang torsinya waktu menanjak. pengalaman ane, cmiiw




Quote:


wahh serakah banget gurunya gan emoticon-Hammer (S)



Quote:


kalau bus kota rata2 pakai Hino RK8 (mesin belakang) gan, karena gabungan busnya pemerintah dan swasta emoticon-Big Grin



Quote:


ane dulu sebulan sekali PP dengan SR gan, tapi sekarang sudah gak seperti dulu karena semakin banyaknya kendaraan



Quote:


salah satu bus lawas yang masih eksis gan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


wahh ane was2 kalau ngeblong gan, pernah beberapa kali bus yang ane naiki hampir nyium bokong truk gandeng emoticon-Takut (S)



Quote:


betul gan, sistem mesin depan juga lumayan memudahkan mekanik karena gak beda jauh dengan posisi mesin truk. cmiiw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 2 lainnya memberi reputasi
bus yg bikin masa kecil ane sering mabuk di perjalanan wkwkwk
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
Quote:


emoticon-Ngakak

Nggak berbakat jadi orang kaya kamu cuy.
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
Dah gue naikin semua dari yang generasi awal sampe sekarang emoticon-Cool ... taunya ya hino AK doang eh ternyata ada kode lagi di belakang AK untuk tunjukan serie nya yak emoticon-Bingung
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
apakah artinya AK= AVTOMAT KALASHNIKOV
1 1 nya bis mesin yg pake mesin depan yg pernah ane coba itu damri ( jadul) dengan suspensi reyot + tempat duduk deket supir yg mirip meja makan emoticon-Ngakak (S).. Nostalgia bgt dah !
ini kalau busmania, pasti udah pada tahu semua ya gan ahha ane malah baru tahu ada yg mesin depan


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di