CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pindah Keyakinan, Kakak Alyssa Soebandono Bahagia Akhirnya Diterima Keluarga
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fd8281fa2d1955f71162237/pindah-keyakinan-kakak-alyssa-soebandono-bahagia-akhirnya-diterima-keluarga

Pindah Keyakinan, Kakak Alyssa Soebandono Bahagia Akhirnya Diterima Keluarga

Pindah Keyakinan, Kakak Alyssa Soebandono Bahagia Akhirnya Diterima Keluarga
Jakarta - Kakak laki-laki Alyssa Soebandono, Ananda Soebandono memilih untuk berpindah keyakinan. Lahir dan besar di keluarga muslim, Ananda Soebandono memilih untuk memeluk nasrani.
Hal itu diceritakan Ananda Soebandono dalam channel YouTube Diaspora TV. Ananda awalnya menceritakan bagaimana awalnya dia merasa mendapat panggilan untuk berpindah agama.

Sempat bergelut dalam hatinya meyakinkan diri soal keyakinan, kakak Alyssa Soebandono itu akhirnya memutuskan untuk berpindah. Setelah yakin ingin berpindah, akhirnya Ananda meminta izin kepada keluarganya termasuk Alyssa Soebandono.

"Gue cerita ke keluarga gue ada penolakan tentunya. Nyokap gue masih nggak nyangka gue akan ambil keputusan ini, even adik-adik gue. Mereka tahu gue kayak nggak dianggap saudara, kayak 'Mas nggak sayang apa sama daddy? Nggak sayang sama keluarga? Dosa apa yang dilakuin?'" cerita Ananda Soebandono dilansir Selasa (15/12/2020).

Melihat suasana rumah dan keluarganya yang menolak soal keinginannya, Ananda Soebandono sempat memutuskan untuk keluar dari rumah dan nge-kost.

"Gue memutuskan untuk nggak tinggal di rumah gue. Gue cari kost-an, gue akan datang ke rumah gue kalau semua sudah tenang. Sampai akhirnya nyokap, bokap gue nyari gue pakai orang pintar, gue dengar dari orang, kata orang pintar itu 'Hati Ananda itu hitam, dia nggak bisa lihat apa-apa', dalam hati gue, 'Sehebat itu Tuhan Yesus'. Tuhan Yesus udah baik, saking sayang sama lo, dia nutup semuanya," ucapnya.

Ipar Dude Harlino itu memutuskan pindah keyakinan pada Februari 2016. Sebelum dibaptis Ananda Soebandono diminta oleh pastor-nya untuk memohon restu dari orang tua.

"Pastornya memikirkan dan bilang, 'Saya mau baptis kamu tapi kamu coba ngomong minta restu ke orang tua kamu'. Gue deg-degan dong, konflik lagi," ungkapnya.

Berusaha mengumpulkan keberanian, akhirnya Ananda Sorbandono menghubungi Alyssa Soebandono. Dia menghubungi sang adik untuk bertemu di hari ulang tahun sang bunda.

Beruntungnya, Alyssa Soebandono membuka diri dan mau membantu sang kakak bicara di depan keluarganya.

Pindah Keyakinan, Kakak Alyssa Soebandono Bahagia Akhirnya Diterima Keluarga
Ananda Soebandono bersama keluarga
Ananda Soebandono bersama keluarga Foto: dok. Instagram Ananda Soebandono
"Sampai akhirnya gue chat adik gue Alyssa, gue bilang 'Ca apa kabar? Mas kangen nih sama kalian, boleh nggak tanggal 28 April, nyokap ulang tahun gue dateng, kita ngobrol'. Icha bilang, 'Mas, okay nanti Icha bantu ya'. Adik gue baik nih mau bantuin, tapi sampai sekarang adik gue benar-benar baik sama gue," tutur Ananda Soebandono.

Setelah mendapat angin segar dari Alyssa Soebandono, Ananda memutuskan kembali ke Jakarta. Dia pun berdoa agar kedatangannya kali ini tidak menjadi konflik lagi.

"Gue berdoa, 'Tuhan aku ingin pertemuan kali ini dengan keluargaku tidak ada konflik yang berkelanjutan, aku tidak peduli mereka mau pikir apa, aku hanya mau mereka mendengar dan memahami ceritaku'" ungkap Ananda mengingat doanya dalam perjalanan pulang dari Semarang ke Jakarta.

Baca juga:
Kisah Spiritual Alyssa Soebandono; Berhijab Saat Menikah dan Jadi Pembicaraan
"Pas gue masuk (rumah), gue lihat adik gue tiba-tiba lari, dia meluk gue, 'Mas Icha kangen' sampai nangis. Nyokap juga lari meluk gue erat banget, 'Kamu ke mana aja sayang?', itu gue nangis langsung sedih," kenangnya.

Dalam pertemuan itu, di hari ulang tahun sang bunda, kedua orang tua Alyssa Soebandono menerima keputusan Ananda untuk berpindah keyakinan.

"Akhirnya ketemu bokap, ngobrol gue ceritain, kenapa gue bisa memutuskan terima Tuhan Yesus, prosesnya itu dan kata-kata bokap gue sih yang benar-benar tajam banget, 'Nanda, no matter what, I still love you, you are my son. Kalau ini hubungan kamu dengan Tuhan, lanjutkan'. Dan di situ gue nangis, 'Terima kasih Tuhan', keluarga gue bisa nerima siapa gue sekarang," ucap Ananda Soebandono. 


[url]https://hot.detik.com/celeb/d-5295150/pindah-keyakinan-kakak-alyssa-soebandono-bahagia-akhirnya-diterima-keluarga?tag_from=wp_cb_mostPopular_list&_ga=2.106640003.1279979862.1608001315-221565346.1604566193 [/url]


Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita di sorga karena satu orang berdosa yang bertobat, lebih dari pada sukacita karena sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan.

Lukas 15:7

Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita pada malaikat-malaikat Allah karena satu orang berdosa yang bertobat.

Lukas 15:10





profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 17 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh topkomputer
Halaman 1 dari 4
@kepala.kombed

langsung panas, bergegaa buka google dgn kata kunci

berita mualaf hari ini


pak rahmat dan bu damai menangis baca berita ini emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan wongtukul memberi reputasi
syukurlah bisa lepas dari ajaran marah2
terima kasih buat bibib dan pengikut nya, sering2 aja mempertontonkan kebuasan ajaran yg kalian anut, biar banyak rakyat yg tersadarkan dan pindah keyakinan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
essholl dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 17 balasan
Jadi udah gede masih numpang di rumah ortu?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pitaksemprul dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
hua hua huaa jem...
emoticon-Frownemoticon-Frown

Pindah Keyakinan, Kakak Alyssa Soebandono Bahagia Akhirnya Diterima KeluargaPindah Keyakinan, Kakak Alyssa Soebandono Bahagia Akhirnya Diterima Keluarga

emoticon-Big Grin emoticon-Wakaka emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pitaksemprul dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
Kitab Yeremia 2:19 “Kejahatanmu akan menghajar engkau , dan kemurtadanmu akan menyiksa engkau! Ketahuilah dan lihatlah, betapa jahat dan pedihnya engkau meninggalkan TUHAN, Allahmu; dan tidak gemetar terhadap Aku, demikianlah firman Tuhan ALLAH semesta alam.”
profile-picture
MafTrack memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
"Pastornya memikirkan dan bilang, 'Saya mau baptis kamu tapi kamu coba ngomong minta restu ke orang tua kamu'. Gue deg-degan dong, konflik lagi," ungkapnya.


astajing..... pastor nya kenapa ini? kok malah ngomong gitu bukannya langsung diterima jadi member? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
tsandalz dan topkomputer memberi reputasi
Diubah oleh shu_suiko
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Quote:


Quote:


kan nongol

setelah buka google dgn kata kunci berita mualaf hari ini

gak ada berita terbaru yg bisa dipamerkan

pak rahmat dan bu damai meronta2 dgn berita ini

emoticon-Leh Uga
profile-picture
37sanchi memberi reputasi
hanya cebongg penyembah berhala yang memferolok olok sesembahan manusia lain
profile-picture
raperinoa memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
indomie ampuh banget
Jonathan Rizki
4 jam yang lalu
Klo dari Mino ke Mayo itu wajar sie di negeri ini. Ibarat kmu ninggalin pacar yg harta sedikit ke orang lain yg harta banyak. Lumrah dan pilihan logis memperhitungkan banyaknya keuntungan yg didapat klo pindah ke Mayo. Tapi klo dari Mayo ke Mino, ini hal langka. Masa iya meninggalkan kenyamanan dan privilege sebagai Mayo, lalu pindah ke Mino yg serba terbatas? Disitu yg bs membuat orang penasaran. Ada apa di Mino kok sampe orang rela meninggalkan zona nyaman menjadi Mayo? Biasanya memang semua datang dari hati yg tulus dan niat yg baik pindahnya. Mungkin menemukan sesuatu yg sifatnya sangat spiritual sehingga rela meninggalkan kenyamanan duniawi ketika menjadi Mayo.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
morinohana dan 6 lainnya memberi reputasi
Pelanggan dari kedua2nya juga banyak yg saling pindah.
Tergantung pinter2nya sales dari kedua perusahaan itu gimana caranya mereka jualan emoticon-Big Grin
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Quote:


Quote:


Ely sesenggukan mengisahkan ibunya yang sakit, “Kasihan Nenek. Umurnya mungkin enggak lama lagi tapi dia harus ngalamin ini."

Ibunya, yang ia panggil Nenek, berusia 80 tahun. Dua tahun terakhir Nenek sakit-sakitan. Kepayahan berjalan. Kakinya ngilu. Pinggangnya nyeri. Beberapa kali masuk rumah sakit, dokter cuma bilang penyakitnya adalah penyakit orang tua.

Nenek memutuskan tinggal bersama Ely, anak bungsunya. Nenek menjual rumahnya karena enggan tinggal sendiri dan kesepian. Membagi hasil penjualan rumah-memuat-kenangan-lebih-dari-50-tahun kepada empat anaknya, menyisihkan sedikit untuk disimpan—jaga-jaga buat pesta pemakaman.


Ely menyambut Nenek dengan gembira, betapapun keputusan itu jauh lebih kompleks dari kelihatannya.

Pertama, ia harus minta izin suaminya—dan ini bukan perkara mudah. Nenek dan suami Ely tidak terlalu akur meski mereka terlihat bertegur sapa saat tinggal di satu atap.

Kedua, Nenek beragama Kristen, sementara Ely dan keluarganya beragama Islam. Ini perkara lebih kompleks. Selain kepada suami, Ely harus mengantongi izin tiga saudara kandungnya yang beragama Kristen. Singkat cerita, Nenek tinggal bersama Ely selama enam-tujuh bulan, sebelum konflik itu datang.

Ely cekcok dengan suaminya. Sang suami yang religius merasa risih dengan mertua beda agama. “Mungkin dia juga masih dendam karena pada awal-awal pernikahan kami sering dapat perlakuan enggak enak dari Nenek," kata Ely.

Nenek yang tahu diri akhirnya pamit ke rumah abang Ely.

Sayangnya, hubungan Ely buruk dengan abangnya. Jadi, ia cuma beberapa kali mengunjungi Nenek terutama ketika ibunya dibawa ke rumah saudaranya yang lain.

Sejak memutuskan pindah agama pada usia 20 tahun, dan sebentar lagi merayakan usia ke-49 pada tahun ini, perjalanan spiritual Ely bukanlah bak jalan tol yang mulus melainkan seperti air laut—bergelombang; pasang dan surut.

Sebelum masuk Islam dan menikah, Ely kabur dari rumah, dua tahun tak pernah bertemu Nenek sampai anaknya pertama Ely berusia enam bulan.

Meski akhirnya berbaikan, permasalahan beda agama sering memantik konflik. Pada awal-awal pernikahan, suaminya melarang Ely berlama-lama jika bertandang ke rumah Nenek. “Enggak baik. Kita sudah beda agama. Nanti ibadahmu susah, makanmu juga mesti dijaga," kata Ely, mengulangi nasihat suaminya bak doktrin bertahun-tahun.

Konflik itu tak cuma antara Ely dan orang terdekatnya tapi dengan batin sendiri. Satu dekade kemudian, anak sulungnya pernah menemukan Ely pingsan sehabis salat magrib. Ely selalu menangis sampai lemas, tak sadarkan diri, bingung bagaimana mendoakan mendiang ayahnya yang baru saja meninggal.

Ayah mertua Ely yang seorang muslim pernah berkata doa seorang muslim tak akan sampai kepada orang selain Islam.

Ely gelisah. Sulit membayangkan ayahnya yang Kristen akan diperlakukan sebagaimana keyakinannya yang baru memperlakukan orang selain Islam. Ely meyakini ayahnya orang baik. “Dia pendiam, enggak pernah marah. Orang paling lemah lembut," kata Ely.

Secara spiritual, ia meyakini janji-janji Allah dalam Alquran dan, demi menenangkan diri, ia percaya Tuhan itu Mahabaik.

Kegundahan spiritual itu lama dipendamnya. Ia takut bertanya kepada ustaz atau ustazah karena cemas mendengar jawaban yang tak ingin didengarnya. Maka, diam-diam, ia meyakini “Tuhan itu Mahabaik." Menyerahkan urusan sampai-atau-tidaknya doa yang ia panjatkan untuk mendiang ayahnya kepada Tuhan semata.

https://tirto.id/kisah-pindah-agama-kegelisahan-iman-itu-normal-efSK

ngeri yak doktrin suami mertua kepada bu ely

kasian bu ely tekanan batin seumur hidupnya


salam indah dan damai @kepala.kombed
profile-picture
37sanchi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Apakah bakal HT dan terjadi saling olok...titip sandal di mari gan ts emoticon-Leh Uga
profile-picture
37sanchi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sekeluarga aja sempat dikucilkan apalagi lain keluarga...

emoticon-Stick Out Tongue
Wah mantap inih... emoticon-Leh Uga
Quote:


Pindah Keyakinan, Kakak Alyssa Soebandono Bahagia Akhirnya Diterima Keluarga


bata.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nikah6.wikwik9 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Garing ah berita bursa transfernya sama aja kayak yg sudah-sudah, yg diberitain jga bukan pemain bintang, gk ada yg lebih unik & wow lgi nih? Kayak bibib pindah klub gitu?

emoticon-Leh Uga
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
pingin nyoba babi tuh emoticon-Smilie
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pindah Keyakinan, Kakak Alyssa Soebandono Bahagia Akhirnya Diterima Keluarga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
santosvanjones dan 3 lainnya memberi reputasi
Bursa transfer sedang panas2nya
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di