CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Menteri Sosial Kembali Tertangkap KPK, Kesaktian Gus Dur Terbukti?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fceab37ab1f7738ce38f790/menteri-sosial-kembali-tertangkap-kpk-kesaktian-gus-dur-terbukti

Menteri Sosial Kembali Tertangkap KPK, Kesaktian Gus Dur Terbukti?

Gitu aja kok repot...

Publik politik tanah air pasti tidak asing dengan celetukan itu. Siapakah yang mempopulerkan ungkapan tersebut? 

Menteri Sosial Kembali Tertangkap KPK, Kesaktian Gus Dur Terbukti?

Gus Dur (Sumber: padmanegara.com)

Benar, Presiden Indonesia ke lima, Kyai Haji Abdurrahman Wahid atau biasa disapa dengan Gus Dur.

Gus Dur memang dikenal luas sebagai tokoh yang nyentrik. Tak jarang komentar dan statementnya mengundang kehebohan dan polemik. Tetapi dibalik pro kontranya, tak jarang dari apa yang diucapkannya ada benarnya juga.

Menteri Sosial Kembali Tertangkap KPK, Kesaktian Gus Dur Terbukti?

Menteri-Menteri yang Tersangkut Korupsi (Sumber: lokadata.id)


Dan saat-saat ini, ketika Menteri Sosial Juliari Peter Batubara tertangkap KPK, salah satu ungkapan Sang Putra Kyai Haji Wahid Hasyim tersebut kembali menuai banyak perhatian. Ungkapan Gus Dur tentang Kementrian Sosial.
Menteri Sosial Kembali Tertangkap KPK, Kesaktian Gus Dur Terbukti?

3 Menteri Sosial yang Terjerat KPK (Sumber: tribunnews.com)


Pada saat menjabat sebagai Presiden Indonesia tahun 1999 sampai dengan tahun 2001 dulu tokoh Nahdlatul Ulama kelahiran Jombang 7 September 1940 itu pernah membuat geger dengan membubarkan Departemen Sosial yang kini menjadi Kementerian Sosial. Alasan Gus Dur waktu itu karena Departemen Sosial korupsinya besar-besaran.

".. Karena departemen itu yang mestinya mengayomi rakyat ternyata korupsinya gede-gedean, sampai hari ini," ujar Gus Dur dalam wawancara dengan Andi F Noya dalam program Kick Andy tahun 2008 lalu yang kembali viral (detik.com, 7 Desember 2020).

Ya, apa yang disampaikan Gus Dur tersebut sedikit banyak memang tergambar pada kasus yang menjerat Menteri Sosial Kabinet Jokowi Jilid II, Juliari Peter Batubara, yang baru saja ditetapkan sebagai tersangka Minggu 6 Desember 2020. Sang Menteri dari PDI Perjuangan tersebut menjadi tersangka berkaitan dengan bantuan sosial Covid-19 wilayah Jabodetabek. 

Jika dicermati ulang apa yang dilakukan Menteri Juliari ini memang miris. Di saat - saat negara ini memerangi Covid - 19, Mensos malah terlibat korupsi berkaitan dengan bantuan sosial Corona. Dengan kasus ini bahkan ada suara-suara dari sementara pihak yang mengusulkan hukuman mati.

Dan Juliari Batubara bukan satu-satunya Menteri Sosial yang terjerat KPK. Sebelumnya ada Idrus Marham dan Bachtiar Chamsyah pada posisi menteri yang sama yang berurusan dengan lembaga anti rasuah. 

Bachtiar Chamsyah adalah Menteri Sosial tahun 2001 - 2009, yaitu pada era Presiden Megawati dan Susilo Bambang Yudhoyono. Ia ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK berkaitan dengan kasus pengadaan sarung, sapi dan mesin jahit. Ia divonis satu tahun delapan bulan dan denda 50 juta rupiah.

Sedang Idrus Marham adalah Menteri Sosial era Jokowi Jilid I. Sang politikus Golkar ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Menteri Sosial pada Januari 2018 menggantikan Khofifah Indar Parawansa yang saat itu maju sebagai Calon Gubernur pada Pilkada Jatim. 

Namun sayang jabatan itu tak genap berusia delapan bulan. Pada bulan Agustus 2018 ia mundur sebagai Menteri Sosial karena tersangkut kasus berkaitan dengan pembangunan pembangkit listrik di PLTU Riau. Sang Mantan Sekjen Paartai Golkar tersebut akhirnya terkena hukuman dua tahun penjara dan denda 50 juta rupiah.

Apa yang disampaikan Gus Dur seperti menemui kesahihannya. Dengan tertangkapnya Juliari Batubara, Idrus Marham dan Bachtiar Chamsyah, Kementrian sosial menyumbangkan Menteri terbanyak yang terjerat KPK sejak lembaga anti rasuah itu berdiri tahun 2003. 

Jika Kementrian ini tetap berdiri maka tugas besar 
Presiden Jokowi dan presiden-presiden RI selanjutnya untuk menempatkan orang-orang yang berintegritas pada Kementrian ini. Jika tidak Kementrian Sosial sebagai lembaga dengan korupsi gede-gedean seperti yang disematkan Gus Dur akan sangat dimungkin terus melekat dan terbawa...I] 


Referensi:

1. https://nasional.kompas.com/read/2020/09/12/07373281/selesai-jalani-hukuman-2-tahun-penjara-idrus-marham-kini-dibebaskan

2. https://republika.co.id/berita/breaking-news/hukum/11/03/22/171392-rugikan-negara-rp-33-7-m-bachtiar-chamsyah-hanya-divonis-1-8-tahun

3. https://lokadata.id/artikel/infografik-13-menteri-yang-tersangkut-korupsi

4. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5285225/viral-lagi-gus-dur-bubarkan-kemensos-di-tengah-mensos-dicokok-kpk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 20 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh widoko
Halaman 1 dari 3
Pertamax
profile-picture
profile-picture
ground364 dan widoko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dulu ane apatis sama yg berbau politik, sekarang ane udh mulai terbuka buat politik meskipun ilmu ga sampe seujung kuku ane gedek aja sama yg namanya koruptor emoticon-Ngamuk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
1 per 1 mentri ketangkep

pilih mentri tuh milyuner indonesia aja dah biar ga korup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vman22324 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ushirota
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
Sebenernya semua aspek bisa aja korupsi tergantung orang yg ngejabat sih
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Emang dasar ini orangnya nggak bener sih yaampunnnn uang pandemi kok ya tetep ditilep si yaaak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Kementerian sosial yg anti sosial
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan setiapmenit memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ya gimana yak, karena ladang di kementrian sosial emang banyak banget kali yak, jadi siapa yang nggak kuat pasti terjun payung deh
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan nowbitool memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
lah kagak usah mentrinya gan, tuh liat staf2 di lapangannya, ane aja sampe dimusuhin keluarga besar gan, gegara paling pantang nerima dari adik nyokap yang suka bawa barang2 dari dinsos, dari jaman ane awal mula kerja dulu 2007 an, ane dibilang sombong lah dll.

jadi kalau yang di atasnya begitu... yang dibawahnya udah biasa.. tapi ya gitu... status facebooknya mah tetep aja ngomentarin si mentri.. padahal kelakuannya ya blangsak juga hahahhaha...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Koruptor? emoticon-Turut Berduka
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Detail hukumannya kok kurang dari 2 tahun dan denda 50jt DOANG. Enak yo emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan nowbitool memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Mungkin tahun depan gak ada lagi tuh kemensos yak, kalo presidennya berani ngebubarin sih ekkekwkw
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Di kemensos kyknya terlalu banyak ladang hijau, apalagi musim kyk gini, enggak atasan atau bawahan manfaatin momen emoticon-Ngakak
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
hukuman mati cuman lup service
sini ane matiin aja tu menteri
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Bantuan sosial emang ladang cuan gan, apalagi liat bansos yg gede bayangin aja tuh rakyat Indo segini banyaknya. Dari satu paket 10k jadi 17M wuihhh cuann cuannn
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Rakyak menderita pejabat kaya raya
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan nowbitool memberi reputasi
Tulisannya bagus. Ada sumber referensinya pula.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Mensos dari orang group tajir jangan dari orang partai.kader ppp golkar dan pdip kena semua
Ct ,budi Hartono,sibangau bisa donatur pilkada dan pilpres triliun an,
dana Mensos minius jadi donatur.andai di panggil kpk . tunggal bilang saya yg dikorupsi mensos
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Diubah oleh meimeiput
Sama kek waktu mau membubarkan D-hewan ya gan
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
jadi ingat kata2 gusdur

FPI itu organisasi BAJINGAN
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fachri15 dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di