CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
HATI HATI !! Masalah Keuangan Muncul Justru Ketika Kita Punya Pendapatan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fcdec7c34794264fc100bf5/hati-hati--masalah-keuangan-muncul-justru-ketika-kita-punya-pendapatan

HATI HATI !! Masalah Keuangan Muncul Justru Ketika Kita Punya Pendapatan

\\ Thread ini dibuat berdasar kisah nyata, bukan khayalan semata //

HATI HATI !! Masalah Keuangan Muncul Justru Ketika Kita Punya Pendapatan
Sumber Gambar 

Yang namanya hidup tentu ada masalah, dan salah satu yang banyak dikeluhkan adalah masalah keuangan. Tapi tahukan agan2 bahwa masalah keuangan banyak muncul justru ketika kita mulai punya pendapatan tetap. Kenapa bisa begitu ? Berikut sendikit penjelasan dari ane :

Punya uang = punya banyak keinginan
Inilah faktor utama kenapa orang yang sudah punya pendapatan tetap justru mulai mengalami masalah keuangan. Karna semakin kita punya uang, maka akan semakin banyak pula keinginan yang terbersit di pikiran. Orang dengan penghasilkan rendah ia akan fokus menggunakan uangnnya untuk makan ( bertahan hidup ). Orang dengan penghasilan menengah, selain untuk makan, ia juga mulai menggunakan uangnya untuk pakaian, komunikasi, kendaraan dan tempat tinggal. Nah disinilah mulai timbul masalah, jika pemenuhan keinginan tersebut dilakukan secara cash tentu tidak akan jadi persolaan. Namun fakya yang kita temui dimasyarakat justru pemenuhan keinginan tersebut banyak yang dilakukan secara kredit, yang kemudian mulai menimbulkan masalah keuangan. 

Sebagai contoh, Si A awalnya adalah pengangguran. Waktu jadi pengangguran ia sama sekali tidak "mumet" masalah uang, karna memang tidak punya. Suatu ketia Si A diterima kerja kemudian punya pendapatan tetap. Karna si A ini kos, maka gajinya digunakan untuk bayar kos, makan dan komunikasi ( hp seadaanya ala orang nganggur ). Si A cari kos yang dekat dengan tempatnya kerja sehingga cukup jalan kaki saja. Selang tiga bulan dia mulai berfikir untuk mengganti HP jadulnya dengan keluaran terbaru. Karna gajinya belum besar, ia tidak bisa beli cash, maka kredit HP dengan modal KTP dan angsuran pertama pun jadi solusi. Bulan berikutnya ia mulai berfikir untuk punya kendaraan ( motor sajalah ga usah muluk2 mobil ). Lagi - lagi si A melakukan pembelian motor dengan cara kredit karna tergiur bonus dan promo besar2an di brosur. 

  Sampai saat ini si A sudah punya 2 macam cicilan, yakni HP dan Motor. Alangkah beruntungnya si A, karna ditempat kerja ia dapat gebetan. Cantik, putih, mulus, semlohay, tinggi 165cm, berat 50kg dan tt 34B emoticon-Wowcantik. Karna sudah punya gebetan, maka pengeluaran si A pun bertambah untuk jalan2 setiap malam minggu.

Tanpa sadar tanggal jatuh tempo pembayaran kredit dan kos pun datang. Si A yang "ditagih" pun akhirnya glagapan karna uangnya sudah tidak mencukupi untuk semua kebutuhan itu. Kalau ia bayar cicilan HP dan kos, maka cicilan motor tak terbayar. kalau cicilan motor dibayar, maka kos dan hp alpa. Si A pun mencoba cari pinjaman ke teman - temannya. Namun naas, teman2 si A pun ternyata punya keadaan yang tak jauh berbeda. 

Singkat cerita Si A pun meninggalkan perkerjaannya, kosnya, motornya, HP kreditnya, dan gebetannya yang cantik, putih, mulus, semlohay, tinggi 165cm, berat 50kg dan tt 34B tadi. Si A kembali menganggur, main gitar, sruput kopi dan isap rokok, tanpa panik mikirin uang lagi, karna memang sudah tidak punya.

Contoh lain yang lebih besar adalah korupsi. Rata - rata orang yang melakukan korupsi adalah orang2 yang sudah punya banyak uang dan punya pendapatan tetap. Pernah kita mendengar berita pengangguran korupsi uang millayan rupiah ? 

Hal yang bisa diambil dari contoh di atas adalah :
1. boleh saja kita punya keinginan, asal disesuaikan dengan kempuan keuangan. Jika bisa beli cash, maka lakukan. Tapi seandainya terpaksa kredit, maka hitunglah dengan matang2.. Pakar keuangan biasanya menyarakan bahwan cicilan maksimal 30% dari pendapatan.
2. Selalu bersyukur dengan pendapatan yang kita punya, karna diluar sana masih banyak yang jadi pengangguran.


Sikian trit ngawur dari Ane, terimakasih sudah membaca

emoticon-Shakehand2emoticon-I Love Indonesia

profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 49 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kangbari
Halaman 1 dari 6
Post ini telah dihapus oleh KS06
Kok Benerr
profile-picture
profile-picture
indrastrid dan penyukabiru memberi reputasi
Quote:



Quote:


Realitanya dimasyarakat emang begitu bre emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
knoopy dan penyukabiru memberi reputasi
Ada benernya sih hehehe
profile-picture
penyukabiru memberi reputasi
Trit yang diangkat dari kisah nyata...
HATI HATI !! Masalah Keuangan Muncul Justru Ketika Kita Punya Pendapatan
HATI HATI !! Masalah Keuangan Muncul Justru Ketika Kita Punya Pendapatan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
siloh dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Krn manusia itu mahluk yg berhasrat, berkeinginan

Ane mah apa adanya aja, mampu bayar ya beli, gak sanggup ya gak usah maksa bgt sampe2 kek orang2 skr apalgi boca milenial yg kemakan iklan kredivo bgst di yutub atau minjem ke fintech trus kabur gak tanggung jawab
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kangbari dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh terjengkang
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lagi gada doku gur malah suka pen beol.
Lagi ada doku malah bingung pen belanja apaan. .wmmwmw.
Komitmen dan konsistensi harus tetap
Jangan jangan pengalaman TS nih emoticon-Leh Uga
profile-picture
hendrawan.poh memberi reputasi
Ente benul gan emoticon-Mewek
Tips nya sih kudu punya prinsip dan tujuan

Loe kerja duitnya buat apa
Loe harus mikirin masa depan/tua
Quote:


100% bukan TS bre.. Ane sultan jd ga ngalamin masalah begituan emoticon-Wkwkwk

Quote:


Beberapa temen ane begitu masalahnya..

Quote:


Beberapa orang kadang tidak sampai berfikir sejauh itu emoticon-Malu
asdf asdf
Diubah oleh fung1784
bener bre, dulu waktu gaji ane masih 2 jutaan, ane belanja seperti baju misalnya paling sebulan sekali di olshop pas gajian dan jalan2 weekend paling 2 minggu sekali sama keluarga

begitu penghasilan udah puluhan juta, ada aja barang olshop yang bikin laper mata padahal ga butuh2 amat, intensitas jalan2 dan jajan pun meningkat, susah ngontrolnya

tapi alhamdulilah masih bisa nabung buat beli rumah dan mobil dan ga kepancing buat maksiat dan aneh2 lainnya
profile-picture
profile-picture
knoopy dan ronalddch memberi reputasi
Diubah oleh ultraexcimers
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Hidup harus punya Pinirisip dan Komitimen

Penghasilan 10rebu ya cukup makan Nasi+kecap
Klo hasil naik 1 juta ya tetep mamam Nasi+kecap lagi emoticon-Hammer
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Satu hal yg gw pegang, lo mau se treliuner Bill gates atau semiskin gembel tetep aja tiap hari bergelut dengan masalah ,mau masalah keuangan , rumah tangga dll. Cuma template nya aja yg beda.Kadang ada orang yg liat orang kaya enak bgt hidupnya.... huahahhaha enak biji lo gondrong ,malah masalah hidupnya mungkin lebih rumit dari yang lain.
Banyak" lah beramal untuk anak yatim dikala sulit atau senang, Percaya dah hati & batin lebih lega plong, dimudahkan setiap ada masalah & bonusnya duit lo diganti berkali kali lipat, walaupun cuma seceng amalnya tapi tiap hari.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
CMS830 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Quote:


Ga kegodaa ama artis2 ya bre ? syukurlah emoticon-thumbsup

Quote:


Ane camilannya aja biskuit merah yg haraganya ratusan ribu per bungkus bre emoticon-Cool
profile-picture
ais1114 memberi reputasi
klo lg pny uang memang selalu ada masalah tak terduga terus itupun klo mau jd jahat 100% masalah tak terduga itu tak akan ada........ suka heran saya....... emoticon-Ngacir
Ya intinya tau diri.
Kemampuan sampai mana, jgn gedein keinginan.
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di