goal481Avatar border
TS
goal481
Apakah Indonesia Lebih Baik Jadi Negara Federal?


Hai kaskuser yang selalu setia semuanya kali ini ane mau mengasihtau akhir-akhir ini kita dikejutkan dengan berita adanya agenda ulang tahun OPM dan kemudian dilanjutkan dengan adanya GAM yang sedang berulang tahun. Nah, kedua organisasi sering kali tampil dengan bendera-bendera di setiap acara yang ini justru menarik perhatian warganet kini.

Sudah banyak beberapa kaskuser yang membahas ini, tetapi ane akan mengangkat tema ini agar beberapa pembaca tetap membayangkan ketika negara kita yang menganut sistem kesatuan berubah menjadi sistem federalisme (perserikatan) atau dikenal dengan istilah negara federal dengan mengkaji lebih mendalam.

Sebelumnya Indonesia pernah menerapkan ini saat setelah kemerdekaan yang bernama Republik Indonesia Serikat atau dikenal dengan istilah RIS dan bisa dilihat bagaimana daerah itu bekerja langsung diatur oleh daerah yang dinaungi oleh negara bagian dalam hakikat sistem federalisme. 


Negara bagian yang dimiliki oleh Indonesia saat itu. 
(sumber: www.goodnewsfromindonesia.id)


Terlihat dari cirinya diatas terlihat bahwasanya ketika itu sedang lagi gentingnya berusaha melawan hegemoni militer Belanda yang juga dikenal dengan nama Agresi Militer Belanda, tentunya hanya sementara setelah Belanda mengakui kedaulatan Indonesia pada tahun 1949 yang setelah itu barulah berubah menjadi negara kesatuan pada tahun 1950.

Sudah ada beberapa pakar yang pro dengan hadirnya negara federal dalam negeri yang ane hanya beberapa kutipan saja salah satunya diantaranya:

1. Hamdi Muluk

Pakar Psikologi Politik Hamdi Mulukmenyayangkan bentuk negara kesatuan. Ia mengusulkan ide pembentukan negara federal.

"Negara kita negara kesatuan, ketimpangan antara pusat dan daerah jauh. Banyak mudaratnya daripada bagusnya. Semua ukuran di pusat," kata Hamdi Muluk dalam diskusi di Hotel Morrissey, Jakarta, Minggu (5/5/2013).

Menurut Hamdi, Indonesia lebih cocok memakai sistem negara federal. Pasalnya tidak semua urusan menggunakan konsep sentralistik seperti saat ini.

"Kalau kita lihat negara federal itu pola ideal, efektifitas managemen enggak mungkin Sabang sampai Merauke sentralistik," ujarnya.

Ia mencontohkan pelaksanaan UN yang gagal karena memakai sistem sentralistik. Menurutnya, kebutuhan masyarakat lokal seharusnya diatur oleh pemerintah daerah.

"Maka Gubernur negara bagian yang berdaulat, politik yang hangat politik yang lokal. Negara federal secara empiris terbukti membuat daerah itu berkembang," imbuhnya.

Ia mengatakan negara-negara maju yang menggunakan konsep negara federal berkembang diberbagai bidang. Setiap negara bagian memiliki universitas berkualitas. Kemudian ekonomi bertumbuh dengan pesat.

"Dari lubuk hati saya, saya mengaggumi Bung Hatta yang mendukung konsep federal. Lalu Romo Mangunwijaya. Saya juga terpaksa bermigrasi ke pusat, jika negara federal, saya tetap di daerah," ujar Guru Besar UI ini.

link

Ane mengapa bold ini karena memang dari sisi negara ini akan sangat pantas jika menjadi negara federal karena ane yakin bahwasanya pakar itu sudah meriset sangat mendalam sekali.


2. Romo Y.B Mangunwijaya 


Romo Y.B Mangunwijaya dalam bukunya Menuju Republik Indonesia Serikat mengungkapkan, pada 2045, Indonesia secara mental siap menjadi negara federal. Seratus tahun setelah kemerdekaan, Indonesia seharusnya sudah mendewasakan diri sebagai negara.
 
Romo Mangun menganggapbahwa dominasi sentralistik oleh kekuasaan negara dan elite penguasa sudah tidak lagi relevan. Sentralisasi seperti di Serbia Raya akan berpotensi melahirkan gerakan separatis ala Yugoslavia yang justru akan membahayakan negara itu sendiri.

Dalam bukunya, Romo Mangun menulis suatu bangsa yang berjumlah 200 – 250 juta mustahil diatur efektif dengan damai oleh suatu sistem sentralistik. Kecuali bila ada diktatorial bertangan besi, dan dibayar dengan darah dan air mata para tumbalnya. 

Menurut Romo Mangun, Bhinneka Tunggal Ika merupakan definisi paling tepat dari negara federal. Karena perbedaan dan keragaman yang ada di Indonesia mesti menjadi negara federal yang mampu mengakomodasi berbagai kebudayaan yang terpancar di wilayahnya.

link

Nah, ini menjadi pekerjaan rumah buat eksekutor dan legislator. Memang, kita beranekaragam suku bangsa yang sesuai slogan negara kita pantaslah kalau negara kita pas berubah ke arah sistem federalisme.

3. Prof. Mahfud MD


Menurut Prof. Mahfud MD dalam akun Twiternya @mohmahfudmd, “Perubahan NKRI ke negara federal sebenarnya sah-sah saja, kalau rakyat sepakat melalui wakil-wakilnya di DPR/DPD/MPR, mengapa tidak? Tinggal membuat resultante saja."

link


Apalagi cuitan beliau tentang sistem federalisme maka ada peluang untuk itu...

4.  Faisal Basri
Pengamat ekonomi Universitas Indonesia, Faisal Basri, dalam Lentera Timur Channel mengatakan, “Indonesia sudah menjadi seperti negara federal, terdiri dari 5 daerah otonomi khusus, yaitu Aceh, Papua, Yogyakarta, Bali, dan DKI Jakarta. Sebenarnya semua daerah punya kekhususan masing-masing dan harus diatur dengan cara yang khusus, Itukah hakikat federalisme.”


Faisal Basri mengkritik jikakita mendiskusikan dan mewacanakan negara federal, kita akan dicap anti UUD 45, anti Pancasila, anti NKRI, dan dianggap sebagai pemberontak. Dalam format negara kesatuan, kemungkinan bubarnya lebih besar, karena perekat kita makin rapuh.

link

Pengamat berkelaspun sampai mengingatkan kalau kita mengkaji lebih mendalam tentang ini sampai distempel bukan golongannya. Sungguh luar biasanya kann...

Adapun ane akan membuat semacam analogi jikalau indonesia menjadi negara federal:

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:



Quote:



Cukup sekian dari ane, mohon maaf apabila ada kesalahan maupun kekurangan silahkan dikritik jika berkenan karena kita buka diskusi menarik agar dapat membuka wawasan kaskuser sekalian.

Terima kasih...


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

Quote:



Silahkan, kalau melihat thread HT ane:
Quote:
Polling
0 suara
Apakah Indonesia Lebih Baik Jadi Negara Federal?
Diubah oleh goal481 08-12-2020 06:30
ladies.hunter01
m4ntanqv
indramamoth
indramamoth dan 24 lainnya memberi reputasi
25
5.9K
139
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan