guesiapayah17Avatar border
TS
guesiapayah17
Sayangi Jiwa Kalian dengan Tidak Melakukan Share Video Suciede
Halo agan dan sista, kembali lagi bersama guesiapayah17. Berita mengenai seorang selebgram asal Bali bunuh diri di hotel masih marak dibicarakan oleh banyak orang, bahkan ada beberapa orang yang menyebarkan video bunuh diri selebgram tersebut ke semua orang agar para netizen bisa melihat langsung bahkan menyebarkan lagi ke orang lain melalui sosial media atau grup chat. Salah satu food blogger sekaligus (katanya) dari Batam sebut aja YF, menyebarkan video bunuh diri di grup Telegram yang dia buat, bahkan dia juga membuat story di Instagram kalo dia mau share video bunuh diri di Tiktok. 


Quote:


Banyak orang yang penasaran dengan video tersebut namun ada juga yang kesal dengan kelakuan dia yang sembarang menyebarkan video tersebut di social media. Kalo dipikir-pikir enggak etis juga dia nyebarin video bunuh diri. Gue membaca salah satu thread di Twitter yang membahas kelakuan selebgram yang share video tersebut dan reaksi mereka adalah pengen banget ngeblokir akunnya dia.

Sangat disayangkan sekali kelakuan manusia tersebut disaat mereka berduka dengan kematian selebgram berinisial AW, YF justru menyebarkan video di Telegram dengan tujuan nama dia semakin terkenal bahkan followersnya semakin naik.

Sebelumnya juga ada kasus bunuh diri yang dimana ada seorang pria yang melakukan aksi gantung diri dan disiarkan secara live di Facebook di Jagakarsa, Jakarta Selatan 3 tahun lalu. Pria tersebut diduga bunuh diri dengan alasan pribadi. Video tersebut ditonton sebanyak ratusan ribu orang bahkan ada yang share video tersebut.

Lo tau enggak sih dampak menyebarkan video atau konten bunuh diri di media sosial? Pertama, orang awam dengan kondisi kejiwaan yang sehat maupun yang tidak bakalan menjadi trauma sekunder jika mereka melihat video tersebut secara eksplisit. Dimulai dari gejala ringan seperti mual, muntah, kehilangan nafsu makan bahkan bisa menimbulkan trauma jangka panjang. Ada juga yang berkeinginan untuk bunuh diri dengan kondisi jiwa yang kurang sehat. (I'm so sad to hear that)

Kedua, mereka bisa saja membuat bunuh diri tiruan atau yang biasanya disebut "copycat suicide" dan bisa juga disebut efek Werther. Kemudian, memperburuk stigma tentang media sosial yang seharusnya menjadi wadah yang menyenangkan banyak lalu menjadi memperburuk suasana orang terutama ketika mereka menonton video bunuh diri. Bahkan secara tidak sadar kalian juga menyakiti perasaan orang lain terutama ketika ditinggalkan oleh orang-orang tercinta.

It's hurt when you comment in social media with suciede word's like "udah lo gausah hidup aja kek, nyusahin banyak orang tau enggak sih." Udah buang waktu sama pikiran ditambah lagi makin gak sehat mental lo secara tidak sadar.

Pemerintah menghimbau agar warga Indonesia tidak menyebarkan video bunuh diri. Memang sih tidak ada Undang-Undangnya namun jika mereka menyebarkan video tersebut, maka akan melanggar UU ITE pasal 28.

Yang punya video itu gue mohon banget untuk enggak share ke siapapun, termasuk orang terdekat lo. Kalo perlu hapus aja biar kalian enggak ketrigger.

Quote:

Diubah oleh guesiapayah17 09-12-2020 08:48
indrastrid
penyukabiru
ladies.hunter01
ladies.hunter01 dan 26 lainnya memberi reputasi
27
3.9K
98
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan