CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Banyak Yang Gak Tahu! Inilah Manfaat Hiu Bagi Kehidupan Makhluk Hidup
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fce4c4ee1398219d8255d5f/banyak-yang-gak-tahu-inilah-manfaat-hiu-bagi-kehidupan-makhluk-hidup

Banyak Yang Gak Tahu! Inilah Manfaat Hiu Bagi Kehidupan Makhluk Hidup

Banyak Yang Gak Tahu! Inilah Manfaat Hiu Bagi Kehidupan Makhluk Hidup

Hiu adalah salah satu spesies hewan laut yang terkenal sebagai ikan pemangsa yang ganas atau predator alfa di lautan. Nah, bagi penyelam, peselancar, atau orang yang sering berenang di laut mungkin hiu adalah hewan yang harus dihindari. 

Namun, ternyata predator yang ditakuti ini mempunyai manfaat yang besar, terutama untuk kehidupan bawah laut. Mungkin banyak tidak menyadari hal tersebut, berikut adalah manfaat hiu yang sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup!

1. Menjaga Kadar Oksigen di Lautan

Jika manusia memperoleh oksigen dari pepohonan hijau, maka hewan laut memperoleh oksigen dari padang lamun dan fitoplankton. Tetapi padang lamun dan fitoplankton bisa dimangsa oleh ikan-ikan yang berada di habitat mereka. Seperti halnya yang dilakukan oleh penyu, padang lamun menjadi salah satu area bagi penyu untuk merumput.
 
Nah, saat seperti inilah hiu menjadi security untuk padang lamun dan fitoplankton. Di daerah padang lamun hiu akan menjaga kelestarian padang lamun dengan menakut-nakuti penyu yang ingin mencari makan. Tujuannya supaya penyu tidak begitu banyak merumput di sekitar tanaman yang ada di perairan tersebut dan tidak merusak ekosistem sekitar.
 
Karakter hiu dengan giginya yang tajam dan terkenal sebagai predator utama secara tidak langsung hiu bisa menjaga dan mengatur kadar oksigen yang ada di lautan. Jangankan hewan laut, manusia ketemu hiu aja auto kabur.
 
2. Membantu Memerangi Pemanasan Global

Di dalam laut hiu juga berperan sebagai aktivis untuk memerangi pemanasan global. Hal tersebut ada hubungannya dengan spesies biota laut lainnya yang populasinya akan melonjak jika spesies hiu mulai berkurang. Nah, jika populasi spesies biota laut pemakan rumput laut tidak dikontrol, maka keberadaan rumput laut akan semakin berkurang.
 
Bingung masalahnya dimana? Nah seperti yang kita ketahui rumput laut hanya menempati 0,2 % samudera di dunia. Dimana rumput laut ini bertanggung jawab dalam menyerap 10 % karbon dioksida di lautan. Rumput laut inilah yang berperan menjaga suhu dan iklim dunia. Oleh karena itu, hiu bertugas untuk menjaga rumput laut dari dugong atau biota laut lainnya.
 
Karena jika populasi hiu menurun maka itu akan berefek pada populasi rumput laut. Jadi wajib bagi kita untuk menjaga kelestarian hiu demi mengurangi efek pemanasan global akibat emisi karbon diosida.
 
3. Menjaga Ekosistem Laut

Ikan hiu sebagai salah satu hewan yang sering diburu guna dijadikan komoditi dengan keutungan besar. Hiu ditangkap guna diambil sirip, daging, kulit, minyak hati, dan tulang rawannya. Nah, jika perburuan hiu semakin meningkat, maka populasinya akan semakin menurun. Tentunya hal tersenut akan berdampak pada rantai makanan di laut.
 
Biota laut yang menjadi mangsa ikan hiu akan semakin meningkat jika populasi hiu menurun. Otomatis kebutuhan makanan mereka akan semakin meningkat. Nah, apabila hal ini terus terjadi salah satu rantai makanan akan terputus seperti ikan-ikan kecil dan kerang-kerangan. Oleh karena itu, sebagai predator tingkat atas hiu memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan ekosistem laut.
 
4. Menjaga Kelestarian Terumbu Karang

Hewan predator laut yang terancam karena gencar diburu untuk diambil siripnya ini punya peranan penting bagi kelestarian terumbu karang. Hiu dan terumbu karang saling berkaitan sebab terikat dalam rantai makanan, menurut Dr Imam Musthofa Zainudin dari WWF. Nah, jika salah satunya rusak maka keseimbangan tidak akan terjadi dan menyebabkan kerusakan yang lebih besar.
 
Seperti yang kita ketahui, terumbu karang manjadi rumah sekaligus makanan bagi para ikan-ikan kecil yang pada ujung rantai makanan akan berakhir ke hiu. Apabila populasi hiu menurun, maka akan terjadi blooming ikan pemakan terumbu karang. Akibat dari semua itu, terumbu karang akan habis dimakan.
 
Kerusakan terumbu karang tidak hanya berdampak bagi biota laut, tetapi kerusakan terumbu karang juga akan menyebabkan abrasi yang berdampak pada manusia. Intinya sih populasi hiu terjaga, kelestarian terumbu karang pun terjaga.
 
5. Menjadi Aset Ekonomi Yang Menjanjikan

Banyak Yang Gak Tahu! Inilah Manfaat Hiu Bagi Kehidupan Makhluk Hidup

Wisata ekstream selalu memiliki tempat tersendiri bagi para peminatnya, menyelam bersama hiu menjadi salah satu opsi bagi kalian yang menyukai wisata ekstream. Tidak perlu keluar negeri merasakan sensasi menyelam bersama hiu, di Indonesia kalian juga bisa menyelam dengan hiu kok, tepatnya di Teluk Belongas, NTB.
 
Seiring berkembangnya wisata tersebut, banyak wisatawan yang datang untuk berlibur. Hal ini pun berdampak pada peningkatan ekonomi negara dan tentunya masyarakat sekitar. Selain itu, juga akan berdampak positif dalam pembangunan kelautan dan perikanan berkelanjutan. Bahkan sebuah kelompok wisatawan menyumbang sekitar 22 juta dolar AS per tahun untuk perekonomian Indonesia. Berkontribusi setidaknya 7% terhadap pariwisata laut Indonesia.
 
Selain sebagai industri wisata, hiu juga bisa menghasilkan dari industri kuliner. Meski begitu, industri wisata dengan hiu bernilai 17 ribu kali lebih menguntungkan daripada industri kuliner hiu. Itu dia manfaat hiu yang sangat penting dalam kehidupan makhluk hidup.



Referensi:

bobo.grid.id

idntimes.com

travel.okezone.com
profile-picture
akonkfaiz memberi reputasi
Baby shark tudutudu baby shark
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Hiu saja bermanfaat memerangi pemanasan global di lautan. Sedangkan manusia ???
Sebagai ikan pemangsa yang ganas, ternyata hiu banyak manfaat nya hlo gan bagi ekosistem laut.
Quote:


Info yang sangat bermanfaat.
emoticon-Cendol Gan


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di