Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

broker.budakAvatar border
TS
broker.budak
Cerita Gus Dur Bubarkan Departemen Sosial karena 'Tikus Sudah Kuasai Lumbung'
Cerita Gus Dur Bubarkan Departemen Sosial karena 'Tikus Sudah Kuasai Lumbung'


Baru-baru ini dikejutkan dengan penangkapan Menteri Sosial, Juliari Batubara.Penangkapan tersebut terkait dengan kasus dugaan suap bantuan sosial (bansos) atas penanganan Covid-19. Penyelewengan itu kemudian dibongkar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kini, Menteri Sosial Juliari Batubara ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) cabang KPK di Pomdam Jaya Guntur. Tim penyidik juga menahan anak buah Juliari, Adi Wahyono yang merupakan pejabat pembuat komitmen di Kementerian Sosial.

Atas kasus tersebut, cerita Gus Dur yang membubarkan Departemen Sosial kembali menjadi perbincangan hangat. Bukan tanpa alasan, Presiden ke-4 menggantikan BJ Habibie melakukan hal tersebut. Sebab, dikatakan 'tikus sudah kuasai lambung'. Penasaran dengan alasan lebih lengkap Gus Dur membubarkan Departemen Sosial?

Melansir dari akun YouTube Aminudin Khudhori, Senin (7/12/2020), simak ulasan informasinya berikut ini.

Membubarkan Departemen Sosial

Abdurrahman Wahid (Gus Dur) menjadi Presiden 20 Oktober 1999 sampai 2001. Gus Dur menggantikan posisi BJ Habibie usai dipilih oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dari hasil Pemilu tahun 1999. Kebijakan-kebijakan telah dikeluarkan oleh sang presiden. Namun, ada salah satu kebijakan yang justru menjadi kontroversial pada masanya.

Saat menjabat, salah satu yang dilakukan Gus Dur yakni membubarkan Departemen Sosial (kini Kementerian Sosial). Dekret Presiden tersebut kemudian dibacakan oleh Yahya Staquf, juru bicaranya. Keputusan itu lantas mendapat reaksi keras dari berbagai kalangan. Hingga pada akhirnya, Gus Dur lengser dari jabatannya sebagai Presiden Republik Indonesia. Tepat 23 Juli 2001, posisinya digantikan oleh Megawati Soekarnoputri.

Alasan Membubarkan DepSos

Rupanya, Gus Dur memiliki alasan yang kuat di balik semua itu. Dikatakan oleh Presiden ke-4 Indonesia, Departemen Sosial telah korupsi besar-besaran. Padahal seharusnya Departemen inilah yang bertugas juga untuk mengayomi rakyat Indonesia.

"Persisnya itu karena Departemen itu yang mestinya mengayomi rakyat, ternyata korupsinya besar-besaran. Sampai hari ini," ungkap Gus Dur dalam tayangan video Kick Andy

Tikus Sudah Menguasai Lumbung

Bagi sebagian orang, kebijakan tersebut dinilai terlalu berisiko dan besar. Terlebih hanya untuk membunuh tikus dalam sebuah lumbung. Akan tetapi, kenyataannya adalah tikus tersebut telah menguasai seluruh lumbung. Sehingga Gus Dur memilih untuk membubarkan Departemen Sosial yang justru menjadi kontroversial.

"Kalau membunuh tikus kan enggak perlu membakar lumbungnya? Kenapa Anda bakar lumbungnya?," tanya Andy.

"Loh memang. Oh, karena tikusnya sudah menguasai lumbung," sambung Gus Dur.

Video Gus Dur Paparkan Alasannya
Inilah alasan yang dikemukakan oleh Gus Dur terkait membubarkan Departemen Sosial yang kontroversial itu.



https://m.merdeka.com/trending/cerit...i-lumbung.html
sorken
za4d1
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.3K
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan