CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Gatot Nurmantyo: TNI Terlihat Seperti pada Orde Baru
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fcb0819af7e9324af06b8e0/gatot-nurmantyo-tni-terlihat-seperti-pada-orde-baru

Gatot Nurmantyo: TNI Terlihat Seperti pada Orde Baru




CNN Indonesia
Jumat, 04/12/2020 21:22

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...pada-orde-baru

Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo mengatakan fungsi dan tugas TNI saat ini mulai condong kembali seperti pada masa orde baru.
Saat itu, kata Gatot, TNI menjadi salah satu alat propaganda politik oleh pemerintah yang tengah berkuasa. Meski tak secara jelas menyatakan terkait dengan pemerintah saat ini, namun Gatot menilai melihat hal itu terjadi kembali di masa kini.


"Kalau kita melihat perkembangan situasi yang terjadi akhir-akhir ini ada warning, peringatan, bahwa TNI telah terlihat menjadi seperti pada tahun orde baru yang lalu," kata Gatot saat menjadi pembicara kunci dalam webinar yang digelar oleh Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia, Jumat (4/12) malam.



Presidium KAMI ini menganggap ada usaha beberapa pihak yang menjadikan TNI sebagai kekuatan politik mereka.

"Ada usaha-usaha untuk menarik (TNI) menjadi kekuatan," kata dia.

Padahal, menurut Gatot, usaha itu yang justru membuat TNI yang kala itu masih diberi nama Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) jatuh ke titik terendah.

"Inilah yang dulu menyebabkan ABRI jatuh pada titik paling rendah," kata dia.


Menurut Gatot, oleh karena itu profesionalisme TNI ini perlu dijaga agar TNI tak kembali berada pada titik terendah. Namun, kata Gatot, menjaga profesionalisme yang dianut oleh TNI bukan hanya tanggung jawab anggota TNI. Profesionalisme ini juga harus dijaga oleh pihak eksternal di luar lembaga pertahanan negara ini.

"Menjaga profesionalisme TNI bukan tanggung jawab TNI saja tapi tanggung jawab seluruh komponen bangsa," kata dia.

(tst/psp)
profile-picture
profile-picture
jokopengkor dan anu.ku.l memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Orang ini rela melihat negeri ini hangus demi dia bisa berdiri diatas tumpukan abu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antikhilafah dan 25 lainnya memberi reputasi
nggak tuh, gue nggak melihat ada karung mengambang di kali.

adanya malah karung gurun berjalan yang bikin pemandangan jadi jelek.emoticon-Blue Guy Smile (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antikhilafah dan 11 lainnya memberi reputasi
Gatot Nurmantyo: TNI Terlihat Seperti pada Orde Baru
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 5 lainnya memberi reputasi
Provokator Luh






emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 4 lainnya memberi reputasi
Oportunis amat ente tot emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan bgv.member memberi reputasi
Bapak Haji Gatot sepertinya mau maju tanpa partai... baguslah independen... kalau mau masuk politik jangan ke banteng merah pak..

haram coblos partai pro beijing yahudi buatan antek cia...!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
winterofsahara dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Emang Gatot masuk TNI kapan ?
Dia sendiri TNI jaman Orba emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ketagihan maen baling" bambu yah pakemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan bgv.member memberi reputasi
Lha anda kan mantan . Gmna toh pak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
Oh bagian toh...
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan bgv.member memberi reputasi
astajing.... gatot menyerang keluarga cedana... eh cendawan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 3 lainnya memberi reputasi
Gatot Nurmantyo: TNI Terlihat Seperti pada Orde Baru

Gatot Nurmantyo: TNI Terlihat Seperti pada Orde Baru
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh juming.juming
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
terus action dari bapak gatot apa? solusinya apa?
salahnya dimana?
rakyat setuju enggak dengan perlakuan TNI?

emang ga semuanya rakyat setuju, tp saya pikir kasus kemarin sepertiny rakyat mendukung
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan bgv.member memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kmaren isu kebangkitan PKI, sekarang kebangkitan Orde Baru ?

berikutnya apa lagi nih?


selalu isu2nya negatif aja, kenapa gak dibuat kebangkitan Indonesia maju?

profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dia sendiri merintis karier dari era orba dan jelas pasti menikmati era orba tersebut.
Karena di era orba tentara di anak emaskan.

Munapik ente pak...ngomong kaya merasa diri baru lahir tahun 2000 an emoticon-Cool

Bata....yaaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hawkerr dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bgv.member
Ini karena panglima TNI yg sebelumnya, sibuk menggaungkan isu PKI tanpa menangkap PKI-nya
Gatot Nurmantyo: TNI Terlihat Seperti pada Orde Baru

profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
Dwi fungsi ABRI ( Sekarang TNI ) sudah ngak ada di era reformasi.

KAMI layu sebelum berkembang, Gatot sebagai purnawirawan TNI dengan jabatan terakhir sebagai Panglima TNI, ternyata sulit menarik simpati massa.

Selama dua tahun ( 2015-2017 ) TNI di era Gatot, yang muncul ke publik justru pandangan politisnya Gatot yang anti sipil, misalnya saja propaganda dia dengan isu proxy war. Di akhir masa jabatan, ia juga terkesan mencari panggung di antara histeria massa Aksi Bela Islam dalam palagan Pilkada DKI Jakarta yang brutal. 

Kemudian pada bulan September 2017, Gatot juga memobilisasi jajaran teritorial agar mengajak masyarakat sekitar menonton film Gerakan 30 September. Ia juga menjadi pusat polemik saat menyampaikan selentingan soal pembelian senjata di luar TNI. 

Jadi Gatot sendiri malah buat Gaduh di ekstenal TNI.
profile-picture
profile-picture
general.maximus dan anu.ku.l memberi reputasi
Diubah oleh 54m5u4d183
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kau juga masih mantan TNI produk ORBA,Tot..
Kecuali kau akmil 2000an !
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
Si gatot ini kan juga masih tentara aktif waktu zaman orba dulu.......gitu aje kok reeefoootttt...emoticon-Toast
profile-picture
rajkapoor memberi reputasi
Kocak, pura2 lupa lu? Jaman orde baru mana bisa orang kumpul2 sampe jumlah ribuan kyk kmrn sampe merusak fasilitas umum...

Baru ketauan ada rencana ngumpul2, udah diciduk duluan lu..

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di