iskrimAvatar border
TS
iskrim
Baru Tahu, Ternyata Cat Marka Jalan 'Berbaya' Bagi Pemotor?


[ HT# 662 ]

Sebagai sara pendukung ketertiban berkendara di jalan raya yang tidak terkaver oleh petugas di lapangan maka di gunakanlah sebuah marka jalan yang bentuk garisnya beberapa macam, namun memiliki ciri khas paling umum berwarna putih.

Tapi saya yakin belum semua orang tahu ternyata garis membujur di setiap jalan ini apabila memiliki ketebalan tertentu cukup berbahaya bagi pengendara, khususnya kendaraan bermotor roda dua hingga peseda. Mengapa bisa demikian dan mengapa berkesan justru tetap digunakan padahal menyimpan bahaya 'tersembunyi'?


Kalau difikir-fikir, garis marka itu di buat dengan dana yang tidak sedikit, dikerjakan berhari-hari, dan bagi mereka yang melanggar garis marka jalan bisa terkena denda maksimal hingga Rp 500.000. Sudah 'diatur' tapi masih beresiko dan terkena denda bagi pengguna jalan, apes.

Tapi tunggu dulu, mengapa garis marka jalan ini digunakan dari dahulu hingga sekarang karena peranannya yang penting tadi, sebagai sarana pendukung tatatertib dan keselamatan berkendara itu sendiri ketika para petugas tidak berada di tempat.


Maka peran garis marka inilah yang bertugas menggantikannya juga yang tak kalah penting bagi pengendara adalah untuk membantu kosentrasi jalan dan sebagai petunjuk arah jalan ketika jarak pandang sedang terbatas karena sesuatu hal seperti sedang hujan lebat, udara berkabut, jalan yang gelap dan lain sebagainya.


Dari sisi manfaat dan keuntungan yang didapat akan hadirnya garis marka ini ternyata juga menyimpan hal yang cukup membahayakan, terutama jika saat itu jalan tengah basah akibat aspal yang terkena air dan belum mengering, atau karena saat itu kondisi tengah hujan.

Dari daring Ridermagazine yang saya baca kambing hitam penyebab ini adalah karena bahan baku yang digunakan sebagai campuran pembuatan cat marka jalan inilah yang menyimpan bahaya 'tersembunyi'.

Saya sendiri pernah merasakan bagaimana reaksi ban motor saya ketika melintasi tepian garis marka ini saat kondisi aspal licin, terasa ban selip dan menggelincir kesamping. Tentu akan berbahaya jika kendaraan melanju dikecepatan yang sedang hingga tinggi, kan?


Ya, meskipun dampak terburuk ini paling dirasakan oleh pengendara yang memiliki ban motornya yang sudah gundul alias botak sebaiknya memang harus segera diganti karena daya cekeram karet ban sudah tidak 'greget' lagi terlebih ketika bersentuhan dengan bagian cat marka jalan ini. Maka efek aquplaning/hydroplanning semakin besar, deh!

Menurut Ridermagazine, bahan baku marka jalan ini mengandung unsur silikon dan unsur air yang tujuannya adalah mempercepat pengeringan atau menyapu air saat ada air menggenang dipermukaan.


Di Indonesia, untuk bahan baku marka jalan itu sendiri pun sebenarnya sudah diatur oleh pemerintah, yakni mengacu pada Standar Nasional Indonesia (SNI) No. 06-4825-1998tentang spesifikasi khusus untuk cat marka jalan ini.

Diantaranya adalah warna pada jalan-jalan cat harus berwarna Putih, sedang untuk petunjuk larangan parkir cat harus berwarna Kuning.

Tapi saya belum tahu apakah di Indonesia sendiri menggunakan bahan baku yang sama dengan di Australia atau tidak. Mohon koreksi dan infromasinya buat agan en sista disini jika mengetahuinya.


Sepertinya ini menjadi dilema bagi kita semua, ya. Disisi lain penggunaan silikon pada bahan baku marka jalan sebagai rambu agar tetap terlihat dikala hujan dan genangan air tapi juga menyimpan bahaya bahkan di saat jalan kering sekalipun, unsur silikon marka jalan mundah menggelincirkan roda ban 'botak' tetap berperan.


Tapi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti ban jadi selip solusinya adalah mengetahui tekanan angin ban ketika jalan sedang basah, kondisi ban harus layak jalan, dan jangan ngebut di kala hujan.




Nah, sekarang agan en sista udah tahukan mengenai plus minusnya marka jalan ini. Next time berhati-hatilah dalam berkendara tapi juga rawat dan cintailah kendaraanmu seperti kamu mencintai ayank beib, mu...

Referensi. TKpeh!
Img.google img






Copyright © 2016 - 2020 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 07-12-2020 22:57
nirankara
isu152
tien212700
tien212700 dan 40 lainnya memberi reputasi
41
9.6K
135
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan