riyan212895Avatar border
TS
riyan212895
Cerita berkaitan hal ghaib
Batu merah delima merupakan pusaka yang mahsyhur di kalangan para pencari pusaka. Orang-orang sakti, mencari batu merah delima sebagai ageman kesaktian.
Bahkan proses mencarinya pun lewat bermacam cara. Ada yang lewat bertapa hingga lewat mengunjungi tempat-tempat gawat dan keramat.

Batu merah delima memang sangat spesial dan sering dikatakan memiliki banyak kesaktian. Konon, siapapun yang memilikinya, bakal mendapat apapun yang diinginkan.

Tapi, tahu tidak jika sesungguhnya, merah delima bukan berwujud batu. Tapi surat dalam Al Qur’an yang memang terkenal ampuh. Merah delima itu adalah Surat Al Ikhlas alias Kulhu — surat pendek yang mayoritas sudah banyak yang tahu.

Kyai zaman dulu, para Wali Sanga, memberi ijazah pada masyarakat awam dengan meminta mereka untuk mencari merah delima sebagai pusaka pegangan. Maksudnya, para wali meminta masyarakat mencari surah yang ada huruf “dal” nya lima.

Nah, ada sejumlah santri yang salah paham dengan mencari delima (batu) warna merah. Ujung-ujungnya, mencari batu akik pusaka merah delima seperti yang kita semua ketahui saat ini.

Padahal sesungguhnya, masyarakat disuruh mencari merah delima itu maksudnya mencari surah yang huruf “dal” nya berjumlah lima. Sayangnya, diartikan secara harfiah mencari akik merah delima. Akhirnya banyak yang salah paham hingga saat ini.

Kul huallahu Aha(d)
Allahu Soma(d)
Lam yali(d)
Wa lam yuula(d)
Wa lam yakullahu kufuan Aha(d)

Meski pendek dan banyak yang hafal. Kita semua wajib tahu bahwa sesungguhnya Surat Kulhu adalah surat pusaka. Surat yang amat istimewa dan spesial. Sebab, isi dan intinya adalah menegaskan keesaan Allah sembari menolak segala bentuk penyekutuan terhadap-Nya. Bahkan, paling tak berkepentingan (manusiawi) di antara surat-surat lain.

Jika dibanding Al Falaq, misalnya: ada kepentingan manusiawi berupa minta perlindungan dari kejahatan. Atau jika dibanding An-Nas, ada kepentingan manusiawi berupa minta dilindungi dari kejahatan jin maupun manusia.

Sementara di surat Kulhu, tak ada permintaan (kepentingan manusiawi) apapun, kecuali mensyifati keesaan Allah. Ini menjadikan surat Kulhu amat istimewa. Karena itu disebut Al-Ikhlas. Sebab, dibaca penuh jujur dan ikhlas.

Itu pula yang menjadikan surat Kulhu sebagai pusaka. Sesuatu yang istimewa. Merah delima. Tapi sayangnya, pusaka merah delima yang dimaksud justru disalahpahami sebagai batu akik belaka.

kaiharis
tien212700
borneo.street
borneo.street dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2.3K
70
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan