CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Luhut Beri Sinyal Ekspor Benih Lobster Jalan Terus
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fc47a8a82d4956f9c1abe18/luhut-beri-sinyal-ekspor-benih-lobster-jalan-terus

Luhut Beri Sinyal Ekspor Benih Lobster Jalan Terus

Luhut Beri Sinyal Ekspor Benih Lobster Jalan Terus


Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menggantikan sementara posisi Edhy Prabowo yang resmi mundur dari Jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan (KP). Hal itu berlaku setelah Edhy ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam kasus dugaan suap terkait kebijakan ekspor benih lobster.

Kini Luhut menjabat ad interim Menteri KP. Namun, tampaknya Luhut tetap bakal meneruskan kebijakan ekspor benih lobster yang justru jadi alasan ditangkapnya Edhy oleh KPK.

Usai rapat perdana bersama para pejabat eselon I dan II KKP Jumat lalu (27/11) Luhut menegaskan tidak ada yang salah dengan kebijakan tersebut.

"Tadi kita evaluasi sebentar mengenai lobster, jadi kalau dari aturan yang ada, yang dibuat Permen, yang sudah dibuat itu tidak ada yang salah. Jadi sudah kita cek tadi, tadi saya tanya pak Sekjen, semua itu dinikmati oleh rakyat mengenai program ini. Tidak ada yang salah," ujar Luhut di gedung Mina Bahari I, Jumat (27/11/2020).

Manfaat kebijakan ini menurut Luhut terasa bagi nelayan-nelayan di pesisir selatan Indonesia. "Karena sekali lagi tadi Pak Sekjen sampaikan ke saya itu memberikan manfaat ke nelayan di pesisir selatan," ujarnya.

Dia mengatakan bersama KKP akan melakukan evaluasi soal kebijakan ekspor benih lobster yang sekarang dihentikan sementara.

"Nah kalau ada mekanisme yang salah itu sedang kita evaluasi. Kan sekarang juga dihentikan, mungkin dalam beberapa waktu, setelah nanti evaluasi, kita akan lanjutkan lagi kalau memang bisa dilanjutkan," kata Luhut.

Meski disebut Luhut tak ada yang salah dengan kebijakan itu, Luhut mengakui ekspor benih lobster bukan berarti tanpa cacat.

Menurutnya yang cacat dari kebijakan ini adalah pada pelaksanaan kebijakan tersebut yang rentan praktik monopoli. Praktik monopoli ini sempat diendus Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Sayangnya, Luhut tak merinci soal praktik monopoli ini, yang ia minta tidak boleh terjadi lagi pada proses ekspor benih lobster selanjutnya.

"Sementara yang salah tadi adalah monopoli, seperti pengangkutan itu yang tidak boleh terjadi," imbuhnya.

Di sisi lain, soal kelanjutan ekspor benih lobster sedang dievaluasi. Hal itu dilakukan selama seminggu ke depan untuk kemudian diambil keputusan apakah kebijakan ini akan dilanjutkan atau tidak.

"Pak Sekjen KKP (Antam Novambar), dengan tim sedang evaluasi. Nanti di minggu depan di laporkan ke saya," tuturnya.

Seperti diketahui, sebelumnya KPPU mengendus adanya dugaan persaingan tidak sehat berupa praktik monopoli pada proses ekspor benih lobster. Dugaan monopoli terjadi pada proses pengiriman ekspor benih lobster.

KPPU menilai untuk melakukan pengiriman ekspor benih lobster, para eksportir cuma bisa melakukannya di satu tempat dan dijalankan oleh hanya satu perusahaan saja.

Kabar terakhir, Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama KPPU Deswin Nur mengatakan saat ini KPPU masih dalam proses penelitian pada pelaku usaha yang diduga terkait.

"Nah di penelitian ini kita baru mengidentifikasi siapa pelaku usaha yang akan kita jadikan terlapor, di pasar mana pelanggaran itu terjadi, dan juga bentuk-bentuk dugaan pelanggaran yang ada, jadi penelitian difokuskan ke situ. Ketika itu sudah jelas, baru kita angkat ke proses penyelidikan," kata Deswin kepada detikcom, Rabu (25/11/2020).

https://finance.detik.com/berita-eko...-jalan-terus/2


Mantap Lord emoticon-Shakehand2 emoticon-Recommended Seller


Bergelimang duit sih, jadi kagak mungkin berhenti emoticon-Big Grin
Kegiatan ekspor benur pada dasarnya bagus kok ( Diluar soal monopoli kargo ), pengusaha dan nelayan dapat penghasilan dan negara dapat pemasukan. Cuman ya itu yang paling utung si pengusaha, untung gede, coba tanya aja ke Fahri Hamzah, dia beli benur dari nelayan berapa, terus dia jual lagi berapa. Hehehe
profile-picture
printeer memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tangan hitam di balik kegelapan
same shit different operator aja kayaknya, nelayan lokal mencret aja dipojokkan
profile-picture
l4uts3latan memberi reputasi
Berani nyinyir om Luhut hayoooo. Tunggu ntar di buldozer emoticon-Big Grin

Lord stloooong. RI 0 udh bicara bray.

Kritikan kalian cuma sampah yang muat di recycle bin.
Biar kadrun dan pendukung susi kelojotan.

Gimana drun? Berani ama opung?

Hahahaha
Bagusan ekspor benur, biar susah cari makan bwat gedhe. Klo jual indukan nantik malah runyam, mereka gampang tinggal diternak jadi banyak. emoticon-Bingung
Diubah oleh mibmobz
Bakalan ada kasus Lobster lagi nih ntar
Waktu jamannya ibu Susi juga dia ingin ekspor benih lobster dibuka tapi ibu Susi gak mau
joss, LANJUTKAN.. !!
Quote:


bung ah yan emoticon-Matabelo
kalau menurut ane ya jangan lah .. lobster masih piyik piyik kok dijual sih ghak aa harganya loh. ntar aja kalo sudah besar jan harga nya mahal sekali 1 kg aja bisa 1.2 juta bayangkan dibandingkan dengan harga daging sapi atau daging ikan . sama aja kalo udah besr kita mesti impor malah muahaal banget jadi cuma sultan aja yang bisa beli. bagaimana ini
kalo main harvest moon

jual benih

keuntungan untuk budi daya lobster

jual lobster

kimpoi

punya anak emoticon-Wakaka
harun masiku gmn?emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
angga_nero dan caliber memberi reputasi
Gpp asal main cantik....
Perdana mentri bersabda..

emoticon-Leh Uga
Nah kan. Dibilangin jg apa. Kalo mau main tu yang cantik. Macem begini.


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di