Kreativv.comAvatar border
TS
Kreativv.com
Makanan Zaman Penjajahan Ini Ternyata Masih Eksis Sampai Sekarang!


Kamu pasti mengenal banyak makanan khas Indonesia yang rasanya Nusantara banget, kan? Ternyata, nggak sedikit dari kuliner tersebut ternyata merupakan makanan zaman penjajahan. Ini karena makanan tersebut dibuat pada masa penjajahan Belanda silam. Sebesar itulah pengaruh kolonial pada zaman dahulu. Berdasarkan buku berjudul Pusaka Cita Rasa Indonesia karya penulis Murdijati Gardjito, Eni Harmayani dan Umar Santoso, berikut makanan Indonesia yang dibuat pada masa penjajahan.


Nasi Kuning


sumber: unileversolutions.com


Semua orang tentu tahu nasi kuning yang khas dengan warnanya ini. Rasanya juga nikmat dengan aroma harum. Biasanya, nasi kuning menjadi sajian untuk acara perayaan sebagai rasa syukur setelah terjadinya peristiwa baik nan membahagiakan. Nasi kuning juga menjadi simbol dengan makna yang kuat. Bentuk nasi tumpeng yang kerucut menggambarkan kondisi Indonesia dengan pegunungan dan perbukitan. Sementara, pakar kuliner Arie Parikesit menjelaskan bahwa bentuk kerucut tumpeng juga menjadi makna dari harapan akan kehidupan yang selalu dipenuhi berkah dan kesejahteraan.

Nasi Jagung


sumber: detik.com


Sebenarnya, jagung merupakan tanaman asli dari Amerika. Kemudian, bangsa Spanyol membawanya masuk ke Indonesia. Setelah itu, dilakukan pembudidayaan besar di pulau Jawa. Sejak saat itulah, jagung menjadi semakin populer dan dijadikan bahan makanan pokok. Nah, selain bisa disantap langsung, kita juga bisa mengolah jagung menjadi nasi jagung. Makanan nasi jagung merupakan sumber karbohidrat yang banyak mengandung nutrisi. Selain itu, pada zaman dahulu, nasi jagung tidak hanya dikonsumsi rakyat sehari-hari, tapi juga untuk bekal saat berperang.

Lalapan


sumber: resepkoki.id


Wah, ini makanan kesukaan kita semua. Lauk yang digoreng disajikan dengan sayuran segar dan sambal. Lalapan makanan zaman ternyata sudah dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia sejak dahulu kala. Khususnya, orang-orang di daerah Sunda yang mengonsumsinya pada zaman kolonial. Makanan Sunda yang wajib dikonsumsi pada zaman penjajahan ini dikombinasikan dengan nasi dan sambal terasi. Kemudian, kalau pada masa silam, ada lagi lauk pendampingnya yaitu sayur podomoro, ikan pindang dan semur. Tidak terlalu jauh berbeda dengan lalapan masa kini, ya? Kira-kira kamu selalu menyediakan makanan khas Sunda ini tidak di menu makanmu, GenK?
Telur Asin


sumber: slatic.net



Sejak zaman kolonial, berbagai daerah pantai di nusantara sudah menghasilkan banyak garam. Lalu, dari sinilah telur asin tercipta karena adanya produksi garam yang berlimpah. Kemudian, dipilihlah telur bebek sebagai telur yang digunakan untuk bahan makanan ini. Cara membuatnya yakni telur bebek diperam bersama dengan garam. Hal ini juga yang membuat umur telur asin jadi lebih awet. Akhirnya, karena awet tersebut, telur asin bisa bertahan dalam jangka waktu lama dan tetap enak dikonsumsi, makanan ini pun dijadikan perbekalan pada saat perang.



Tiwul


sumber: medium.com



Pada masa kolonial, masyarakat Indonesia sangat suka menggunakan bahan baku umbi-umbian untuk membuat makanan. Akhirnya, umbi pun diolah menjadi beragam makanan pokok yang cita rasanya nikmat. Umbi juga mengenyangkan. Hingga kemudian, terciptalah makanan tiwul. Ini adalah hidangan yang terbuat dari bahan ketela, kemudian dicampur kelapa parut. Di Indonesia sendiri, jenis umbi seperti singkong itu mudah sekali tumbuh. Selain gampang didapat, mengolahnya juga sangat mudah. Makanya, makanan berbahan umbi populer pada zaman gerilya.
Nah, yang barusan adalah makanan zaman penjajahan yang lestari sampai sekarang. Bahkan, semua makanan Indonesia tersebut masih amat sangat populer dan disukai oleh masyarakat Indonesia. Tidak sedikit juga bisnis kuliner besar yang menghidangkan makanan seperti lalapan dan nasi kuning sebagai contohnya. Kalau kamu, dari semua makanan era kolonial tadi, manakah yang paling kamu suka?


bedypop
sunshii32
tien212700
tien212700 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
2.3K
115
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan