Pantau.comAvatar border
TS
Pantau.com
Angka Positif COVID-19 di Petamburan Terus Naik Usai Dilakukan Tracing
Warga mengikuti tes cepat setelah klaster COVID-19 terjadi di acara pernikahan anak Imam Besar FPI Rizieq. (Foto: Antara/Devi Nindy) 


Pantau.com - Angka kasus positif COVID-19 di Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat meningkat setelah Puskesmas setempat melakukan pelacakan atau tracing di sekitar permukiman penduduk.

"Setelah empat hari kita lakukan tracing (pelacakan) langsung terlihat adanya penambahan kasus COVID-19," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat Erizon Safari, di Jakarta, Senin (23/11/2020).

Baca juga: Polisi: Habib Rizieq Bakal Jalani Swab Test Mandiri

Erizon mengatakan dari empat hari penelusuran pada kontak terdekat Lurah Petamburan Setiyanto di kawasan tersebut, 20 orang didapati positif COVID-19.
"Penambahan (kasus) bukan hanya dari orang terdekat Lurah Petamburan saja, tapi dari warga juga ada yang positif COVID-19," ujar dia.

Erizon mengatakan, Puskesmas Kecamatan Tanah Abang telah bersiap memeriksa Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) jika diperlukan. HRS telah diimbau oleh pihak kepolisian untuk memeriksakan kesehatan dirinya, lantaran baru datang dari luar negeri dan terjadi keramaian pada hari akad pernikahan anaknya.

Baca juga: Doni Monardo Sebut Kerumunan Massa Setiap Acara HRS Dapat Tes Swab Gratis

Namun hingga saat ini belum ada rencana pemeriksaan terhadapnya. "Pada intinya, kami siap jika diperlukan untuk periksa HRS. Kita juga belum tahu, apakah HRS sudah pernah atau belum periksa swab test (tes usap) sebelum datang ke Indonesia," kata dia.

Data hingga Minggu, 22 November 2020, sebanyak  80 orang pada kerumunan yang terjadi di wilayah Petamburan dan Tebet Jakarta terkait acara yang dihadiri Habib Rizieq terkonfirmasi positif COVID-19.
areszzjay
pisgedong
evywahyuni
evywahyuni dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.3K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan