noviarini21Avatar border
TS
noviarini21
8 Pemain Bintang Yang Bakal Bebas Transfer Musim Depan

Gambar: en.as.com

Bursa transfer musim panas mendatang masih lama untuk beroperasi kembali. Terlalu dini memang membicarakan pasar pemain. Apalagi pandemi Corona membuat klub-klub eropa terkena krisis finansial. Krisis tersebut membuat banyak klub harus memangkas anggaran belanja demi mengamankan neraca keuangan.

Meskipun pandemi Corona menghambat berbagai aktivitas sepakbola, kontrak para pemain tetap berlaku semestinya. Hal ini tentu menjadi beban bagi finansial klub. Selain itu, pandemi ini kemungkinan akan menjadi ancaman bagi pemain yang kontraknya akan kadaluarsa.

Situasi tersebut memang tergantung kepada kebijakan klub. Namun, jika gagal menjual pemain di bursa transfer Januari 2021, mereka harus merelakan pemainnya pergi secara bebas transfer. Ada beberapa pemain top yang kontraknya akan habis pada musim depan.

Berikut pemain-pemain yang akan bebas trasfer musim panas 2021.

1. Gianluigi Donnarumma

Bakat Donnarumma sebagai penjaga gawang jempolan telah diakui banyak orang. Baru berusia 21 tahun, Gigi Donnarumma telah mencatatkan lebih dari 200 penampilan bersama AC Milan. Melihat peran pentingnya tersebut  AC Milan pun telah menawarkan kontrak anyar. Namun, tuntutan upah senilai 6 juta euro pertahun menjadi kendala karena dianggap terlalu tinggi bagi manajemen AC Milan. 

Hm, apakah akan drama lagi bersama super agen Mino Raiola?

2. Sergio Ramos

Salah satu rumor paling panas menyoal kontrak pemain adalah Sergio Ramos. Pemain asal Andalusia tersebut tengah mengalami deadlock dalam masalah perpanjangan kontrak dengan Real Madrid. Los Blancos mempunyai aturan hanya akan memberikan kontrak 1 tahun untuk pemain diatas 30 tahun. Namun, pihak Ramos menginginkan kontrak berdurasi 2 tahun.

Peran Ramos di Madrid sangat krusial. Ia kokoh dalam pertahanan namun juga piawai membantu serangan. Meski ia kerap menempuh cara yang tidak bersih, ia melakukannya untuk memberikan yang terbaik bagi Madrid. Ramos pernah menyatakan dirinya tak ingin membela tim lain lagi selain Madrid. Soal urusan mencetak gol, ia telah menjebol 100 gol ke gawang lawan.

Kabar terbaru menyebutkan Madrid telah bersedia memenuhi kontrak berdurasi 2 tahun untuk Ramos. Kini Madrid dan Ramos tengah bernegosiasi ulang soal gaji.

Jangan sampai Madrid membuang legendanya lagi.


Gambar: Marca.com

3. Luka Modric

Luka Modric mengalami situasi yang sama dengan Ramos. Usinya yang sudah 35 tahun membuat Madrid ragu untuk memperpanjang kontraknya. Namun, melihat performanya musim ini, Modric telah menunjukan bahwa usia bukan penghalang baginya. Tentunya, akan menjadi sebuah kesalahan jika Madrid membiarkan dirinya pergi pada akhir Juni nanti.

Modric sendiri telah menyatakan keinginannya bertahan di tim dan mengakui kesediannya untuk mengurangi gaji. Sejak didatangkan dari Inggris, Modric telah mencacatkan 355 pertandingan dan turut berkontribusi keberhasilan 4 gelar Liga Champions, 2 Gelar La Liga, dan lainnya.

4. Jerome Boateng

Setelah meraih treble winner bersama Hansi Flick, Boateng membuka peluang untuk bertahan lebih lama di Alianz Arena. Pemain berusia 32 tahun itu pun telah memiliki rencana andai kontraknya tidak diperpanjang. Ia berencana kembali ke Berlin untuk memperkuat klub di kota asalnya, Hertha Berlin. Boateng juga membuka peluang untuk melanjutkan karirnya di Major League Soccer.

Apapun yang telah direncanakan Boateng, Munchen terlihat lebih ingin menjual dirinya di bursa transfer musim dingin nanti. Sejak bergabung pada 2011 dari Manchester City, Boateng telah meraih 8 gelar Bundesliga, 2 trofi Liga Champions, dan berbagai gelar lainnya.


Gambar: Bavarianfootballworks.com

5. David Alaba

Berbeda dari Boateng, Bayern Munchen sudah berulang kali menawarkan kontrak baru kepada Alaba, namun bek asal Austria itu belum juga menyetujui kontrak tersebut. Macetnya proses negosiasi ditengarai oleh tidak cocoknya permintaan gaji Alaba dengan yang ditawarkan manajemen Munchen. 

Raksasa Jerman tersebut ingin mempertahankan Alaba dan menyodorkan kontrak baru berdurasi 5 tahun dengan gaji sebesar 15 juta euro ditambah sejumlah bonus. Namun, pemain berusia 28 tahun itu menginginkan upah senilai 18 juta euro dengan sejumlah bonus. Hal itu tentu memberatkan Munchen ditengah situasi pandemi corona.

Jika proses negosiasi terus macet, Munchen akan kehilangan Alaba di musim panas nanti. Real Madrid, Barcelona, Juventus dan sejumlah klub-klub EPL telah menunggu kesempatan untuk mendapatkan Alaba secara gratis.

6. Mesut Ozil

Romansa antara Ozil dan Arsenal sedikit lagi akan berakhir. Menurut kabar terbaru, Arsenal sedang berusaha untuk memutus kontrak Ozil secepatnya guna mengurangi beban gajinya yang besar. Namun, baik pemain dan agennya selalu menolak negosiasi tersebut. 

Mentoknya proses negosiasi tentunya sangat memberatkan Arsenal ditengah pandemi. Apalagi melihat kenyataan bahwa Ozil tidak didaftarkan dalam skuad Arsenal musim ini. Ya, meskipun Arsenal terlihat butuh kreator handal di lini tengah tetapi mereka lebih memilih menghamburkan uang sebesar 350.000 euro perminggu.

Opsi terbaik bagi Arsenal adalah menjual Mesut Ozil pada bursa transfer mendatang. Tentunya itu juga bergantung pada keputusan sang pemain. Major League Soccer mungkin bisa jadi destinasi yang menarik bagi Ozil. 

Apapun itu Ozil tak rugi-rugi amat dengan situasi masa tuanya kini.

7. Lionel Messi

Sebelum mengundurkan diri, Bartomeu melakukan pekerjaan terakhirnya dengan sangat baik yakni mampu memaksa Messi tetap bertahan di Camp Nou. Akan tetapi, hal itu tidak mengubah fakta bahwa Messi tetap bisa pergi di musim panas nanti secara bebas transfer (free agent).


Gambar: eurosports.com

Menurut Transfermark, masa pengabdian Messi akan segera berakhir pada 30 Juni 2021. Itu artinya, pada Januari 2021 penyerang asal Argentina ini bebas bernegosiasi dengan tim manapun (Bosman Rule's), salah satunya Manchester City. 

Bersama klub Catalan tersebut kontribusi dan pencapaian Messi tidak perlu diragukan lagi. Ia sudah memberikan semua gelar yang pernah diikuti oleh Barcelona. Ya, Los Cules (mungkin) akan kehilangan pujaan hatinya, Ia yang selalu disematkan label 'Setia kok banyak syaratnya' oleh pembecinya di Indonesia.

8. Memphis Depay

Memphis Depay terus menciptakan daya tarik dengan penyataannya yang menarik. Mantan pemain MU itu tidak pernah membantah namanya dikaitkan dengan banyak klub Eropa. Sejatinya, Depay nyaris bergabung dengan Barcelona di pasar pemain musim panas lalu andai Dembele tidak menolak pindah ke Manchester United. 

Kini, peluang itu terbuka kembali untuk bermain di klub Raksasa Catalan tersebut. Ditambah fakta bahwa Messi masih enggan membahas kontraknya dengan Barcelona, Depay akan jadi opsi terbaik sebagai pengganti sang mega bintang.

Kontraknya akan berakhir di bulan Juni 2021 nanti, akan tetapi Depay berharap segera meninggalkan Lyon pada bursa transfer musim dingin. Setidaknya mengikat perjanjian kontrak dengan salah satu klub peminatnya dengan memanfaatkan aturan Bosman.

Pemain-pemain bintang diatas sedang berada di tahun terakhirnya. Selain mereka, ada banyak pemain bintang yang tengah bernegosiasi untuk memperpanjang kontraknya bersama tim masing-masing.

Sergio Aguero misalnya, Ia saat ini tengah dalam proses negosiasi kontrak baru dengan Manchester City. Kemungkinan sangat kecil untuk berharap Kun Aguero pergi dari Etihad Stadium melihat statusnya sebagai penyerang legendaris klub. 

Selain itu, ada nama-nama seperti Giorginio Wijnaldum, Angel Di Maria, Hakan Calhanoglu dan beberapa pemain bintang lainnya yang negosiasi kontraknya sedang macet bersama klubnya masing-masing.


Sumber Referensi:
Transfermark.com
Goal.com/transfers
Talksport.com
Skysports.com, dll.
yhuly77
indramamoth
tien212700
tien212700 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
4.4K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan