agung393Avatar border
TS
agung393
Inspirasi Kehidupan | Membaca Buku Bermanfaat Menambah Kosa Kata


Membaca Buku Bermanfaat Menambah Kosa Kata

Pada artikel-artikel sebelumnya saya telah menuliskan manfaat dari membaca, antara lain menambah rasa percaya diri dan mengurangi resiko pikun. Untuk melihat secara jelas mengapa membaca buku mampu menambah kepercayaan diri akan dibahas dalam artikel kali ini.

Namun sebelumnya saya ingin menjelaskan hal penting lainnya, mengapa saya menekankan untuk membaca buku. Sedangkan sekarang saya sedang menulis di media online.  Membaca menggunakan laptop dan android pintar kita sangatlah baik. Namun mari kurangi kawan, sayangilah mata kalian, saya juga sangat suka membaca di media-media online tetapi saya terus kurangin.

Membaca Menambah Kosa Kata

Berikut manfaat dari membaca buku, untuk menambah kosa kata, dan untuk apa sih? Dan apa manfaat jika kosa kata kita bertambah. Kosa kata, sebelumnya kita harus mengetahui dulu apa itu kosa kata?  Himpunan kata-kata yang mempunyai makna yang sama, dapat juga berbeda dapat juga dikatakan sebagai berbendaharaan kita.

Menambah kepercayaan diri, jadi begini jika kita mempunyai pemikiran yang lebih baik atau mampu mengekuarkan hal-hal yang lebih aktif dan positif. Maka akan dengan sendirinya kepercayaan diri kita terbentuk dalam diri.

Pemikiran yang baik dan selalu membangun orang lain dan diri sendiri dimulai dari banyaknya belajar. Salah satunya adalah membaca buku.  Kita secara tidak sadar akan mampu membentuk sebuah kalimat dengan mudah di dalam kepala kita, dan ini semua didapatkan dari hasil apa yang yang kita baca selama ini.

Ketika kita membaca, otak kita akan merekam setiap kata yang telah kita baca. Hal ini sangatlah baik bagi kesehatan otak dan karena rekaman yang telah otak kita simpanlah.  Akhirnya pada saat kosa kata itu diperlukan otak kita akan dengan cepat merespon dan mengungkapkan kata-kata yang telah otak kita simpan. Inilah cara kerjanya.

Kosa kata yang bertambah sangat berguna bagi kita karena ketika kita mengobrol. Kita mampu memberikan respon yang baik dan menunjukan kepercayaan diri, inilah yang saya maksud membaca buku akan selalu menambah kebahagian Anda. Orang yang mengobrol dengan kita, akan merasa lebih nyaman dengan melihat cara kita memperlakukan lawan bicara.

Kita mampu mengolah kata-kata dengan baik dan benar, dan yang terpenting semakin banyak kita belajar dan membaca buku kita akan sangat sulit untuk dapat menjadi sombong. Karena ketika kita benar-benar membaca buku, dan kita menyadari betapa sulitnya untuk dapat menikmati setiap hal yang kita baca begitu sulitnya kita belajar. Kita akan menjadi orang yang menyadari kelemahan kita dan mampu menghargai orang disekitar kita.

Jadi hubungannya bertambahnya kosa kata dan ketidaksombongan kita, kita kembali lagi saat kita mengobrol dengan orang baru hal-hal yang tertata rapi kita bicarakan bukan karena kesombongan kita, bukan karena kita merasa ahli. Namun kita membicarakan hal-hal biasa yang mampu memberikan kenyamanan bagi orang lain.

Maka inilah kegunaan dari banyaknya kosa kata yang kita miliki, banyaknya kosa kata ketika kita rajin membaca. Kita akan ahli dalam hal menulis. 

Baca Juga Artikel Sebelumnya Disini Manfaat Membaca Buku Psikologi

Mungkin tips-tips menulis dan mengolah apa yang kita pikirkan akan saya buatkan pada artikel berikutnya. 

Sekian dulu sahabat untuk artikel kali ini semoga bermanfaat dan memberikan kepada Anda kekuatan untuk memulai membaca dan meningkatkan niat baca. Selamat menikmati harimu dan semangat.

adecumi
evywahyuni
tien212700
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.1K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan