CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tak Kekurangan Pangan, Tapi Kenapa Kelaparan?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fb371e0f4d6954957503d7c/tak-kekurangan-pangan-tapi-kenapa-kelaparan

Tak Kekurangan Pangan, Tapi Kenapa Kelaparan?

Tak Kekurangan Pangan, Tapi Kenapa Kelaparan?

Perut lapar terkadang sering kali menjadi hambatan berbagai aktivitas, bahkan tidak jarang menjadi gangguan. Mulai dari berkurangnya konsentrasi hingga rasa senewen yang tidak jelas apa sebabnya. Bagi sebagian orang, makan bukan hanya sebatas kegiatan penawar lapar namun juga kegiatan yang dapat — secara magis — membuat baik suasana hati, bahkan jadi sumber rasa senang.

Bersyukurlah wahai orang-orang dari golongan di atas. Sebab, bagi kalian makan mungkin sudah menjadi kegiatan yang fungsinya tidak lagi sebatas pemenuh kebutuhan primer. Sementara, di belahan dunia lain, atau mungkin di lain tempat yang masih di negara kita, makan bisa menjadi sebuah kemewahan meski fungsinya untuk memenuhi kebutuhan biologis.

Hingga hari ini ada 815 juta orang di dunia yang terpaksa tertidur dalam kondisi lapar. Bayangkan seberapa buruknya itu? Tidur bisa menjadi tidak nyenyak, dan aktivitas di keesokan hari lantas tak bisa dilakukan secara efektif.

Kelaparan bukanlah permasalahan sepele, sebab menurut data UNICEF, di tahun 2010 diperkirakan ada 7.6 juta anak-anak yang meninggal dunia, kurangnya nutrisi menjadi penyebab setidaknya setengah jumlah tersebut. Hampir satu dari lima belas anak-anak di negara berkembang meninggal sebelum usia 5 tahun karena sebab yang tidak jauh dari kelaparan.  Meski terjadi di berbagai belahan dunia, namun 98% kelaparan terjadi di negara miskin, dan 526 juta di antaranya tinggal di Asia dan Afrika Sub-Sahara menjadi tempat di mana kelaparan paling parah terjadi, satu dari empat penduduknya atau 25% penduduk di daerah ini menderita kelaparan parah.


Tak Kekurangan Pangan, Tapi Kenapa Kelaparan?


Kelaparan bukanlah permasalahan sederhana dengan sebab tunggal. Kelaparan terjadi karena sebab yang kompleks, meski kemiskinan diyakini menjadi penyebab utama. Berdasarkan data Bank Dunia penyebab kemiskinan mencakup langkanya sumber daya, tidak meratanya pendapatan, konflik dalam negeri, dan perang.

Meski demikian, kamu harus tahu kalau sebenarnya bumi dan seisi penghuninya masih bisa memproduksi makanan yang cukup untuk 7 miliar orang! Data dari Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) memperkirakan, jika pangan bisa dibagikan secara merata, maka semua orang di muka bumi dapat menerima makanan dengan 2,750 kalori tiap harinya. Angka ini jauh lebih tinggi dari angka minimum kalori yang harus manusia konsumsi tiap harinya, yaitu 2,100 kalori.

Oleh karenanya distribusi pangan menjadi aspek yang penting. Tapi tidak hanya itu, kontras dengan jumlah makanan terproduksi yang melimpah, terbuangnya makanan secara sia-sia juga menjadi penyebab mengapa banyak saudara kita masih mengalami kelaparan hingga hari ini.



https://padana.id/2020/10/tak-kekurangan-pangan-tapi-kenapa-kelaparan/



profile-picture
Nikita.Shihab memberi reputasi
mungkin kemiskinan membawa kelaparan
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ketika saya menolong orang miskin, saya dianggap malaikat, namun ketika saya mempertanyakan kenapa mreka miskin, saya dianggap pemberontak.


"distribusi" lebih ke arah ekonomi, penguasaan capital..
privatisasi ahh... sudahlah....
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan papahjahat21 memberi reputasi
Tidur atau istirahat yang cukup jg berpengaruh besar gan
Mana lumbung padi saat ini?

Sudah jadi perumahan........
profile-picture
nowbitool memberi reputasi


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di