Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lordardseoAvatar border
TS
lordardseo
Merencanakan Pensiun Yang Mapan

Merencanakan Pensiun Yang Mapan

Siapa sih yang tidak ingin pensiun dengan kebutuhan yang sudah terpenuhi? Tentunya semua orang menginginkan hal tersebut. Namun, sebagian orang beranggapan untuk tidak mengumpulkan dana pensiun terburu-buru. Akan tetapi, pada dasarnya kita harus merencanakan dana pensiun dengan matang sehingga saat pensiun kita tak perlu repot dan bingung menanggapi hal tersebut. 

Merencanakan dana pensiun bukanlah perkara yang mudah namun juga tidak sulit. Kita hanya perlu merencanakan dengan benar dan penuh pertimbangan serta dilakukan sejak dini agar kita tidak keberatan saat pembayaran premi axa mandiri. Kita juga mengetahui bahwasanya kondisi fisik seseorang akan termakan oleh umur dan tenaga yang dihasilkan juga akan berkurang. Selain itu, kemampuan untuk menghasilkan uang juga tergantung dari sumber tenaga yang kita punya. Dengan demikian, sangat penting untuk fokus menabung pada usia dini serta merencanakan dana pensiun sehingga kita dapat hidup dengan mapan. Dalam menabung, kita harus mempunyai langkah-langkah yang tepat agar tabungan yang kita miliki terus bertambah.

 

Lalu bagaimana cara agar tabungan dan dana pensiun yang kita miliki dapat terkumpul dengan maksimal? Nah, berikut cara dan langkah-langkah agar dana pensiun terkumpul secara maksimal, antara lain :

·        Mencatat pengeluaran dan pemasukkan

Langkah yang pertama yang harus kita lakukan yaitu, kita diwajibkan mencatat pengeluaran dan pemasukkan. Mengapa demikian? Hal ini dilakukan agar kita mengetahui kebutuhan yang sangat kita perlukan. Selain itu, kita tidak perlu membelanjakan uang yang kita miliki hanya untuk nafsu sesaat. Dengan begitu, kita jadi mengetahui pengeluaran dan pemasukkan yang kita dapatkan selama sebulan bahkan setahun. Kita jadi bisa mengira-ngira dan dapat menyisihkan uang tersebut untuk tabungan dana pensiun.

·        Penghasilan tambahan

Apabila kita mempunyai penghasilan tambahan, kita harus benar-benar bijak dalam mengelola uang tersebut. Hal ini dilakukan agar uang yang kita hasilkan akan terus terkontrol dan membuat diri kita menjadi lebih disiplin dalam mengelola dana pensiun. Selain itu, uang dari pengahsilan tambahan ini juga dapat kita gunakan untuk berinvestasiagar uang tersebut bisa berputar dn menghasilkan keuntungan.

·        Program asuransi

Langkah yang ketiga yaitu mengikuti program asuransi. Hal ini merupakan langkah yang tepat untuk kita merencanakan pensiun yang mapan. Selain itu, kita juga dapat memilih asuransi apa yang ingin kita gunakan seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, ataupun dana pensiun. Dalam membayarkan asuransi ini kita hanya perlu melakukan pembayaran yang biasa disebut premi. Pembayaran premi axa mandiri ini juga beragam serta kita dapat memilih mau membayarkannya sesuai kemampuan kita. Uang tersebut dapat kita ambil jika sudah jatuh tempo. Langkah ini merupakan cara yang sangat ampuh agar uang kita terkontrol untuk masa depan.

·        Dana darurat

Langkah yang terakhir yaitu kita wajib menyiakan dana darurat. Dana darurat ini dapat kita gunakan pada saat terdapat kejadian yang benar-benar mendesak. Dana ini harus kita persiapkan perbulannya agar dana utama yag kita tabungkan tidak terpakai untuk hal ini. Apabila dana darurat yang kita siapkan ini tidak terpakai, maka uang untuk dana darurat dapat kita gunakan untuk tabungan dana pensiun masa depan.

 

Di atas merupakan beberapa langkah-langkah yang harus kita rencanakan dari usia dini. Hal ini dilakukan agar saat tua atau pensiun nanti kita hidup dengan nyaman, tenang, dan mapan. Perencanaan yang matang akan membuat hasil yang kita peroleh sesuai dengan apa yang kita inginkan. Selain itu, kita akan menjadi orang yang disiplin dan terencana.
minhakim20
evywahyuni
tien212700
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
4
1.7K
12
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan