Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

husnamutiaAvatar border
TS
husnamutia
Bentuk Dedikasi untuk Negeri, Paling Sederhana
Bentuk Dedikasi untuk Negeri, Paling Sederhana

"Sebesar apa dedikasimu, hanya engkau dan Tuhan yang tahu."

Sebelum membahas lebih lanjut tentang bentuk dedikasi untuk untuk negeri paling sederhana ada baiknya kita pahami dulu arti dedikasi.

Quote:


Dari pengertian ini dapat saya simpulkan bahwa dedikasi erat kaitannya dengan keikhlasan. Di mana telah kita ketahui bersama ikhlas tak mudah terlihat oleh mata telanjang, hanya Tuhan yang dapat menilai tindakan/perbuatan seseorang itu ikhlas atau tidak. Namun setidaknya kita bisa mewujudkannya dengan bentuk paling sederhana. Tanpa memedulikan bagaimana penilaian orang lain yang terpenting adalah dari diri kita terlebih dahulu.

Jika menuliskan kata 'bentuk dedikasi untuk negeri' dalam mesin penulusuran google maka kita akan menemukan banyak program sosial yang dilakukan lembaga-lembaga sebagai bentuk dedikasi untuk negeri. Di mana program itu tidak hanya membutuhkan tenaga, pikiran tetapi juga jumlah materi yang tidak sedikit. Hal itu selaras dengan hasil yang didapatkan tentunya.

Namun tidak perlu berkecil hati, sebab kita sebagai seseorang individu juga bisa mendedikasikan diri untuk negeri tercinta, Indonesia. Tidak harus menggelontorkan sekian rupiah untuk mewujudkannya. Cukup dengan hal yang paling dekat dengan diri dan kehidupan kita.

Jika engkau seorang guru, maka dedikadikanlah dirimu di bidang itu. Jika engkau seorang youtubeber maka tayangkan hal-hal yang baik dn positif, agar orang lain bisa mengambil hikmahnya.

Contoh konkrit yang telah dilakukan teman-teman penulis pecinta literasi khususnya literasi Facebook dapat kita lihat dari kesediaan para admin grup-grup literasi.

Mereka bersedia untuk meluangkan waktu, tenaga, pikiran serta materi. Kalau bukan karena kecintaan terhadap literasi serta kepedulian terhadap perkembangan literasi anak bangsa. Mana mungkin mereka rela mengorbankan waktu untuk mengurus grup yang terkadang anggotanya pun tak memandang kerja keras mereka?

Lantas apa yang telah kita lakukan untuk mendedikasikan diri terhadap negeri tercinta kita, Indonesia? Kita bisa mendedikasikan diri pada negeri dengan melakukan hal-hal baik yang paling dekat dengan kehidupan kita.

Jika kau seorang penulis tulislah hal-hal yang bernilai positif, memotivasi serta menginspirasi pembaca untuk melakukan hal-hal kebaikan. Baik dalam bentuk tulisan fiksi atau nonton fiksi.

Dengan menulis kita bisa melatih kepekaan sosial terhadap lingkungan hidup kita sendiri. Kita bisa berbagi hal-hal positif dalam bentuk tulisan.

Meski pun hal itu kecil dan tak terlihat banyak mata setidaknya usaha itu telah dimulai. Karena itulah saya mengajak teman-teman untuk terus berbagi sekecil apa pun. Baik melalui tulisan atau dalam bentuk lainnya. Kalau bukan kita yang peduli terhadap negeri kita sendiri, siapa lagi?

Bentuk Dedikasi untuk Negeri, Paling Sederhana

Bebaskan penamu berselancar. Namun ingat segala yang kita goreskan akan dipertanggung jawabkan. Pada akhirnya niat itulah awal dari segalanya.

Terima kasih sudah mampir di thread ane.

Opini Pribadi
sumber inspirasi
Diubah oleh husnamutia 12-11-2020 19:36
minhakim20
evywahyuni
tien212700
tien212700 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
2.2K
17
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan