Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

valkyr1Avatar border
TS
valkyr1
Pemohon Cabut Gugatan UU Cipta Kerja di MK
Pemohon Cabut Gugatan UU Cipta Kerja di MK Sidang UU Cipta Kerja di MK. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Pemohon Cabut Gugatan UU Cipta Kerja di MK
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemohon uji materi Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja mencabut gugatan dalam sidang di Mahkamah Konstitusi (MK), Kamis (12/11).

Gugatan itu sebelumnya diajukan pemohon bernama Zakarias Horota, Agustinus R. Kambuaya, dan Elias Patege yang teregistrasi dalam perkara nomor 95/PUU-XVIII/2020.

Hakim MK Arief Hidayat awalnya mengonfirmasi kepada pihak kuasa hukum pemohon, Dimas, tentang surat pencabutan yang telah disampaikan 9 November lalu.

"Dalam surat ini Saudara menyatakan prinsipal memberi kuasa untuk mencabut permohonan 95 ini, betul?" tanya hakim.

Dimas melalui konferensi video dalam persidangan membenarkan hal tersebut. Namun ia tak menjelaskan alasan pencabutan.

"Jadi belum sidang pendahuluan sudah dicabut ya. Secara sah baik melalui surat atau depan sidang telah dinyatakan untuk dicabut. Kalau gitu Saudara pemohon bisa meninggalkan sidang ini," ucap hakim.

Dalam gugatan uji formil, pemohon mempersoalkan proses pembentukan UU yang dinilai tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Sementara dalam uji materinya, pemohon mempersoalkan salah satunya soal proses penyusunan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) yang diatur dalam UU Cipta Kerja.

Hakim kemudian melanjutkan gugatan uji materi UU Cipta Kerja lain yang diajukan lima orang pemohon yakni Hakiimi Irawan, Novita Widyana, Elin Dian, Alin Septiana, dan Ali Sujito.

Pemohon Hakiimi yang sedang mencari kerja dengan pengalamannya sebagai teknisi dan Novita pelajar SMK merasa dirugikan dengan Pasal 81 UU Cipta Kerja yang mengatur terkait Perjanjian Waktu Tertentu (PKWP) atau pekerja kontrak.

"Hal ini menghapus kesempatan warga negara untuk mendapatkan perjanjian kerja dengan waktu tidak tertentu atau pekerja tetap," kata kuasa hukum pemohon, Firda Reza Athariq melalui konferensi video.

Pemohon Cabut Gugatan UU Cipta Kerja di MKMassa Mahasiswa yang tergabung BEM SI melakukan aksi unjuk rasa menolak omnibus law dan peringati hari sumpah pemuda bersama sebagian buruh di kawasan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu, 28Oktober 2020. (CNN Indonesia/Andry Novelino).


Sedangkan Elin, Alin dan Ali merupakan peserta didik. Mereka merasa dirugikan dengan ketentuan mengenai institusi pendidikan di Kawasan Ekonomi Khusus dalam Pasal 150 UU Cipta Kerja.

Pasal itu dikhawatirkan dapat mengkapitalisasi pendidikan karena dilibatkan dalam kegiatan industri dan ekonomi. Langkah ini juga dinilai dapat mengabaikan hak pemohon yang dilindungi Pasal 28D Ayat 1, Pasal 28C Ayat 1 dan Pasal 31 Ayat 1 UUD 1945.

"Tiga pemohon telah dilanggar hak konstitusionalnya untuk mendapat kepastian hukum yang adil untuk mengembangkan diri serta berhak mendapatkan pendidikan dari ilmu pengetahuan dan teknologi," jelasnya.

Tim kuasa hukum juga menyinggung perubahan halaman naskah UU Cipta Kerja yang dinilai melanggar Pasal 20 Ayat 4 dan Pasal 72 Ayat 2 UU Nomor 15 Tahun 2019.

Dalam aturan tersebut seharusnya draf hanya boleh diubah untuk perkara teknis, seperti salah tulis atau aturan halaman, setelah disahkan di sidang paripurna.

Namun menurutnya, draf terbaru yang berjumlah lebih dari 1.000 halaman memiliki sejumlah perubahan kata atau frasa dalam pasal atau ayat yang mengubah makna aturan tersebut.

Atas pertimbangan tersebut, pemohon meminta MK membatalkan UU Cipta Kerja.


SUMBER

Para pemohon tsb jangan2 sudah d kasih bintang jasa juga ma jokowi.. emoticon-Shutup

emoticon-Ngacir


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr1 13-11-2020 03:19
37sanchi
54m5u4d183
pradanto17
pradanto17 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
604
9
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan