CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Pentingnya Memilih Pasangan Yang Sepadan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f92a4da337f9378cf4bc491/pentingnya-memilih-pasangan-yang-sepadan

Pentingnya Memilih Pasangan Yang Sepadan

Pentingnya Memilih Pasangan Yang Sepadan

Mencari pasangan hidup sebaiknya dilakukan secara selektif, artinya tidak sembarangan dalam memilih dan menentukan perempuan ataupun pria yang akan dijadikan teman hidup untuk selamanya, hal ini merupakan sesuatu yang wajar melakukan seleksi (memilih yang cocok) dan harus diperhatikan karena pernikahan menjadi awal kehidupan bersama untuk selamanya, sebagai awal dari menjalani hidup baru yang sebelumnya sendirian menjadi berdua, melahirkan anak dan terbentuklah suatu keluarga. 

Maka pernikahan bukanlah sesuatu yang dapat dilaksanakan secara main-main, artinya membutuhkan kemantapan hati dan ketepatan dalam menentukan calon pendamping hidupnya. Maka diperlukan kriteria yang tepat dan sepadan yaitu agama yang sama (jika kita menganut agama islam, maka carilah perempuan atau pria yang seagama), memiliki rupa wajah yang pantas untuk mendampingi kita, sifat yang sesuai dengan kita, memiliki latar belakang ekonomi yang sama dan mempunyai tingkat pendidikan yang sama pula.

Pentingnya Memilih Pasangan Yang Sepadan


Sepadan atau dalam bahasa Arab disebut dengan kufu' atau Kafa'ah memiliki tujuan agar calon suami istri dapat menjalankan kehidupan rumah tangga secara harmonis, karena menikah adalah penyempurna agama, maka dalam menjalankan ibadah nikah ini tentunya tidak boleh main-main ada banyak sekali sesuatu yang sebelum kehidupan menikah tidak akan lagi dikerjakan oleh pasangan yang sudah menikah, begitupun sebaliknya banyaknya sesuatu yang tidak dikerjakan saat sendirian, ternyata setelah menikah wajib untuk dikerjakan. Dalam ajaran Islam pernikahan dibahas secara khusus, karena sangat penting dan merupakan ritual yang memang menjadi bagian dari jalan hidup manusia yang sangat menentukan terhadap kebahagiaan hidupnya samapai meninggal dunia.

Setelah menikah akan banyak sekali sesuatu yang baru ditempuh setelah resmi menjadi suami istri, seperti menjalankan hidup dalam satu rumah, bersama-sama ketika bepergian, mengatur ekonomi bersama-sama, menjalani keberagamaan secara bersama-sama dan lain sebagainya. Maka kesepadanan ini sangat penting dan menjadi alternatif utama dalam menentukan pasangan jika ingin kehidupan rumah tangga yang harmonis dan dipenuhi kebahagiaan.

Karena jika dalam kehidupan ekonomi, latar belakang pasangan atau agama yang berbeda, apalagi sangat jauh sekali perbedaannya maka di khawatirkan keharmonisan rumah tangga akan berkurang karena memiliki latar belakang yang berbeda tersebut.

Misalnya jika suami berasal dari keluarga yang kaya raya sedangkan pihak istri berasal dari keluarga yang miskin maka ditakutkan terjadinya permasalahan keluarga yaitu pihak istri dapat mudah direndahkan oleh pihak suaminya, ataupun jika suami berasal dari keluarga yang agamanya kurang sedangkan istri memiliki keagamaan yang kuat maka jika suatu saat suami berbuat dosa di khawatirkan sang suami mendapat cercaan dan pandangan yang buruk dari istrinya, oleh karena itu dianjurkanlah agar prinsip kesepadanan digunakan dalam mencari pasangan untuk berumah tangga sesuai dengan derajat kita sebagai calon suami/istri agar kemungkinan-kemungkinan diatas dapat di hindari.

Prinsip kesepadanan penting tetapi bukanlah syarat mutlaq atau rukun pernikahan, akan tetapi dapat dijadikan pertimbangan untuk membuat sebuah keluarga yang harmonis. Maka dari itu kufu'atau kafa'ah yang berarti sepadan bukanlah hal yang wajib oleh setiap orang untuk dilakukan, tentunya kita dapat bebas saja mencari pasangan yang kita suka dan tidak akan menjadikan dosa ketika tidak dikerjakan tetapi justru bernilai pahala dan dapat mendatangkan keberkahan hidup jika dikerjakan, tetapi tetap yang wajib ditekankan adalah se-agama, kecuali bagi seorang lelaki muslim yang dapat juga menikahi seorang perempuan dari kalangan non muslim dengan syarat wanita tersebut masuk islam sebelum dilangsungkannya pernikahan.

Pada zaman sekarang kufu', kafa'ahatau sepadan ini jarang diperhatikan oleh para calon suami atau calon istri apalagi yang memang awam terhadap pemahaman agamanya, karena pada umumnya menikah dilaksanakan hanya karena suka sama suka tanpa memperdalam latar belakang pasangannya sehingga banyak orang yang bercerai setelah menikah.

Pada umumnya para pasangan calon suami istri menjadi hidup bersama diawali dengan berpacaran yaitu cinta kasih yang awalnya dilakukan secara main-main, dilakukan secara bebas dan tanpa didasari keseriusan kasih sayang dari dalam hati, maka kesepadanan ini jarang sekali diperhatikan. Oleh karena itu banyak sekali pernikahan yang tidak berumur panjang, yang berakhir dengan perceraian karena tidak harmonisnya hubungan rumah tangga bahkan berakhir dengan permusuhan antara dua keluarga besar.

Padahal dalam ajaran islam menikah itu harus dilaksanakan sebaik-baiknya, segala sesuatu wajib dipersiapkan dengan matang sebelum dilaksanakannya pernikahan, syari'at islam mengatur sedemikian rupa agar calon suami istri yang akan menikah dapat menjalankan kehidupan yang bahagia, berkah dan sempurna. 

Kufu, kafa'ahyang berarti kesepadanan ini merupakan sesuatu yang sangat berharga bagi para calon suami atau calon istri yang menganut agama islam untuk diperhatikan dan menjadi pertimbangan penting ketika akan melangsungkan pernikahan, kita sebagai umat muslim harus bersyukur karena islam telah mengatur segalanya agar kehidupan setelah pernikahan menjadi lebih berkah dan mendapatkan Ridhlo Allah SWT.
Penulis : Ahmad Fikri (Mahasiswa PAI-FPIK Universitas Garut)
Editor   : Anton Kaskuser

profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh anton2019827
Pasangan sepadan itu susah carinya
profile-picture
anton2019827 memberi reputasi
Dari jaman bahelua para nabi masih ada, namanya nikah ya cuma:

1. Laki-laki sudah mulai mapan dan mandiri
2. Laki-laki punya perempuan idaman
3. Proses mahar
4. Mahar diterima, selesai

Lalu timbullah dunia modern yg mau nikah aj serba ribet serba banyak ekspektasi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
waluyojati121 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Hmmm nyari pasangan cocok susah, tapi sebenernya kita cuma perlu toleransi, biar gada cekcok kalo banyak perbedaan
profile-picture
anton2019827 memberi reputasi
sepertinya untuk zaman sekarang mencari pasangan sepadan agak susah ya gan sis, krna sekarang aja banyak yang menutupi keadaan sebenarnya dari pada jujur sama calon pasanganny. tp itu menurut ane seh, yach smoga aja setiap pasangan didunia walaupun ada masalah tp tetep pada harmonis dan samawa. aamiin
profile-picture
anton2019827 memberi reputasi
Susah Di Zaman Sekarang mh
profile-picture
anton2019827 memberi reputasi
Sepadan?

Makanya jgn pernah lo menganggap pasangan lo itu sbg pelengkap dan bs menggenapi hidup lo. Ingat dia jg manusia biasa, sama kayak lo, dia jg punya keterbatasan dan dia jg tdk sempurna. Ketika lo nuntut dia pengen ini itu tapi dia tdk bisa memenuhi yg ada lo pasti mencari2 celah kesalahan. Ingat, dia jg manusia biasa, dia jg punya hak kebebasan utk mendapatkan & menentukan kebahagiaan diri dia sendiri, bukan lo doang yg pengennya happy. Bukan lo doang yg maunya di mengerti.

Dewasalah ketika mengambil keputusan ingin menjalani hidup dgn orang lain. Belajarlah menerima kekurangan dan ketidak sempurnaan org lain.

Modelan macam gini nih yg paling eneg liatnya nuntut ini itu, maunya sepadan segala macam yg hanya mementingkan diri dia sendiri tp gak mikirin perasaan orang lain.
profile-picture
profile-picture
anton2019827 dan waluyojati121 memberi reputasi
Diubah oleh terjengkang
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalo kelamaan nyari, ya keburu faktor U juga emoticon-Leh Uga
profile-picture
anton2019827 memberi reputasi
semangat nyari pasangan yang sepadan terutama mengenai masalah tujuan hidup
profile-picture
anton2019827 memberi reputasi
Sebenarnya ada hal yang tidak dibahas di tulisan ts. Sehingga tools (sekufu) ini kelihatan jelek seperti tools pencari jodoh lainnya.

Kita mulai dengan pertanyaanini

Bagaimana cara menggunakan tools ini dalam proses pencarian tanpa pacaran?

Pencarian kriteria ini hanya mungkin bisa dilakukan kepada teman dekat kita yang sudah kita kenal kepribadiannya. Untuk orang baru, tools seperti ini mustahil dilakukan kecuali harus dilalui dengan pacaran terlebih dahulu kan. Jadi ga mungkin kita memaksakan orang lain untuk cocok dengan kepribadian kita. Ane bilang itu orang gila.

Apakah tools ini bisa digunakan untuk pasangan kita? Sangat bisa sekali.

Pertama, sekufu bukanlah tools untuk pencari kriteria. Sekufu adalah proses intropeksi diri dan pasangan kita untuk mencapai proses selanjutnya yang lebih serius.

Dalam proses ini kita mencari kesamaan antara kita dengan pasangan kita. Entah itu dalam hal hobby, sifatnya, karakternya, kebiasaanya atau egonya dan lain-lain. Semakin banyak kesamaan antara kita dengan pasangan kita, kita akan lebih mudah untuk menerima kondisi pasangan kita. Dengan begitu, kita tidak merasa berat, minder ataupun ragu ketika melangkah ke jenjang yang lebih serius.

Intinya, sekufu lebih mudah untuk membuat kita percaya diri saat pasangan kita meminta untuk melamarnya.

Balik lagi mengenai kriteria, kita punya kebebasan untuk memilih pasangan kita. Kriteria hanyalah tools bisa digunakan bisa tidak. Sama saja dengan Kafaah (sekufu), kita punya kebebasan untuk menggunakannya ataupun tidak sama sekali.
profile-picture
anton2019827 memberi reputasi
memilih pasangan yg sefrekuensi
profile-picture
anton2019827 memberi reputasi
Alhamdulillah ane sama suami sepadan.. Kantor sama2 bergerak di bidang yg sama,walaupun beda perusahaan,malah skrg bidang krjanya dia juga hampir sama dg bidang kerja ane jd klo ngobrol soal kerjaan nyambung..Dulunya kita bahkan waktu kuliah pernah kos di daerah yg sama padahal kita beda kampus n kenal dia juga baru pas sama2 krja,hahahha bisa jd dlu qt prnah ketemu di daerah sana kali yah tp qt ga saling kenalemoticon-Ngakak

Secara materi atau latar blkg kluarga jg hampir sama kali yah,sama2 anak PNS..

Secara agama juga hmpir sama,biasa aja n bkn yg alim2 bangetemoticon-Malu

Tp namanya kluarga udah sepadan gni,tetep aja awal2 jg banyak pertengkaran n msalah,krn kita juga seumuran,egonya msh sama2 tinggi,n sekitar 1 th kenal trs nikah jd msh sama2 mmpelajari sifat masing2..
profile-picture
anton2019827 memberi reputasi
aduhhh ngeri banget bahasannya sepadan. pasti gak gampang sis
profile-picture
profile-picture
Reader321 dan anton2019827 memberi reputasi
susah nih huhu.
kalo gue pokoknya yang klik aja dah.
profile-picture
profile-picture
Reader321 dan anton2019827 memberi reputasi
Alhamdulillah
profile-picture
profile-picture
Reader321 dan anton2019827 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
MasyaAlloh bermanfaat sekali
profile-picture
profile-picture
Reader321 dan anton2019827 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Balik lagi jadi kaskuser setelah lama hilang, dan sekarang mau nikah walopun lagi cari pasangan, dan ga sengaja baca ni artikel, serasa dibimbing ga sengaja biar cari pasangan yg bener2 seimbang
profile-picture
anton2019827 memberi reputasi


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di