CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fabdaa610d2950ade6c7961/awas-tertukar-ragam-kuliner-khas-sunda-dibungkus-daun-pisang-ini-sulit-dibedakan

Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan

Cemilan sunda jadul, serupa tapi tak sama

Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan

Daerah Jawa Barat dikenal dengan kebudayaan dan keramahan penduduknya. Provinsi yang didominasi oleh suku Sunda ini masih memiliki ragam hal unik yang ternyata sudah ada sejak zaman dahulu kala.

Salah satunya memiliki ragam jenis kuliner yang khas. Diantara kearifan lokal masyarakat Parahiangan adalah kuliner turun temurun. Dari mulai rasa dan bentuk bahkan dari satu bahan bisa diolah menjadi aneka olahan yang mengenyangkan dan sehat. Sudah tak dipungkiri jika kuliner tradisional memang tak diragukan kealamian bahan dan pengolahannya.

Dalam keseharian ragam olahan ini dipakai dalam berbagai acara baik kenduri atau hajatan ataupun jajanan pasar. Jenis olahan ini semuanya memakai teknik rebus dan kukus. Kue basah ini masih bertahan hingga sekarang. Dari bentuknya bisa saja Agan dan Sista terkecoh, karena sama-sama dibungkus daun pisang. Namun, isinya ternyata berbeda loh!

Yuk kenali cemilan khas Sunda yang dibungkus daun pisang dan masih lestari hingga saat ini.


1. Leupeut

Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
Leupeut sampeu: Dokpri

Olahan singkong parut atau beras yang dibungkus pipih memanjang ini biasanya dibalut daun pisang yang dipasangkan tali pengikat dari rapia atau pun rami. Ciri khasnya leupeut sampeu ini dicampur dengan kacang tanah yang membuat rasanya begitu enak. Sedangkan leupeut beras, tidak dicampur apapun. Teksturnya kenyal mirip dengan ketupat.

Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
Leupeut dari beras

Leupeut semuanya dibuat dengan cara direbus. Sehingga tekstur yang dihasilkan dan aroma daun pisang menyatu menghasilkan ciri khas yang tak akan terlupakan.

2. Bugis

Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
Bugis ketan: Dokpri

Nama bugis seperti nama suatu suku ya, entah ini ada kaitan dengan kehadiran orang bugis di Sunda atau bukan. Kue ini terbuat dari tepung ketan yang diadoni dan diisi oleh unti atau dalam bahasa Sunda "anten". Unti ini terbuat dari parutan kelapa dan gula aren yang diaduk hingga kalis. Bugis dimasak dengan cara dikukus.

Soal rasa jangan ditanya lagi, bugis ini primadona dalam setiap acara orang Sunda. Apalagi sebuah hajatan tak lengkap jika tak dilengkapi kehadiran kue bugis.

3. Papais

Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
Papais sampeu
Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
Papais tipung amis
Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
Papais cau
Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
Papais tipung asin: Dokpri

Papais dalam kuliner sunda ada beberapa macam, yakni papais sampeu, papais tipung bodas, dan papais tipung amis, kemudian papais cau.

Bahan dasar papais hampir semua adalah tepung beras lalu variannya sesuai nama jenis papais, kecuali papais sampeu yang isinya singkong parut yang diaduk bersama gula merah. Sedangkan papais cau adalah tepung beras dengan adonan pisang yang dihaluskan, papais tipung bodas: tepung beras dengan parutan kelapa dan garam rasanya asin gurih. Papais tipung amis: tepung beras yang dimasak dengan gula putih dan santan hingga kental, lalu dibungkus dan dikukus.

3. Buras

Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
Buras: Dokpri

Buras adalah kudapan dari beras atau beras ketan yang dimasak setengah matang dengan cara direbus dan ditambah garam juga santan. Setelah dibungkus agak bulat kedua ujungnya dilipat segitiga pendek.

Buras ada yang polos dan ada yang diisi oncom tumis, atau isi abon ayam atau sapi yang disebut bacang. Rasanya lembut kenyal dan gurih. Biasanya dipakai untuk sarapan atau penganan sore hari ditemani bakwan goreng.

4. Bagejrot

Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
Bagejrot: Dokpri

Kuliner yang satu ini namanya memang unik. Bagejrot bermakna kalau dimakan lumer di mulut. Berbahan dasar singkong parut dan kelapa parut yang diaduk jadi satu adonan diisi irisan gula merah. Lalu dibentuk segitiga daun pisang. Setelah itu dikukus hingga matang.

Sensasi lumeran gula merah hangat berpadu lezatnya singkong dan kelapa parut menjadikan bagejrot banyak diminati. Bagejrot biasanya disajikan bersama teh hangat di saat istirahat siang atau sore. Pada acara kenduri pun sering dijadikan suguhan untuk para tamu.

Itulah jenis-jenis penganan khas Sunda yang terlihat mirip dari segi tampilan tapi isinya beragam dan bercitarasa unik. Hingga saat ini kami masih bisa menikmati kuliner tradisional yang telah diturunkan resepnya sejak nenek moyang. Semoga kekayaan kuliner daerah ini tetap bisa lestari hingga kelak.

Sekian dulu thread ane kali ini. Semoga bermanfaat, sampai jumpa di thread berikutnya🥰.

Jangan lupa mampir dan komen di kolom bawah👇. Cendolin juga ya, Gansis🤗.

Opini pribadi
Gambar: Dokumentasi pribadi
Gambar: FB Lestari Sahidin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 43 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh zatilmutie
Halaman 1 dari 6
Pejwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 2 lainnya memberi reputasi
Kuliner Sunda, jajanan pasar
profile-picture
profile-picture
thebavarian.90 dan trifatoyah memberi reputasi
Pecinta kuliner pasti mampir🥰
profile-picture
profile-picture
profile-picture
turkusuma dan 2 lainnya memberi reputasi
Smuanya pernah ane makan... tauk sekarang gak ada lagi iang jualanemoticon-Bingung
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Namanya susah banget bagejrot mba, sip bikin ngiler
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
no 3 gambar pertama itu bukan papais,tapi katimus,bahan nya dari singkong parut+kelapa parut + gula merah yg masak nya di kukus
profile-picture
aan1984 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kalau aku lihat dari cara bungkusnya
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Di daerah ane juga banyak yg dibungkus daun pisang cuma beda nama aja sih
profile-picture
profile-picture
thebavarian.90 dan zatilmutie memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Urang sunda ngecesss emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
thebavarian.90 dan zatilmutie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kira2 sunda empire suka jajanan gitu gak ya??emoticon-Om Telolet Om! emoticon-Om Telolet Om!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
deriandroid18 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
TS jahaaatttt ... jam 9:22 malam jadi lapar, mau cari kemana itu yg di foto di atas jam segini emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
thebavarian.90 dan zatilmutie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Aduh kangen bugis euy, dah lama banget gak nemu bugis emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wanpantau dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Katimus mana??
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ane orng sunda tp ga bisa bedain yg disebut diatas emoticon-Cape d...
profile-picture
thebavarian.90 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ENAK.
taunya leupeut doang emoticon-Big Grin ane kira buras dari makasar? di sunda juga ada ya ternyata
Diubah oleh japarina
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kalo ogut yg papais sampeu biasa nyebutnya katimus..
profile-picture
thebavarian.90 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Oalah kirain kue bugis tuh kue khas sulawesi... ternyata aku salah selama ini emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
wanpantau dan thebavarian.90 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Leupeut lebih sering pake daun kelapa dibandingkan dengan daun pisang, rasa dan teksturnya juga jauh lebih gurih kalo pake daun kelapa emoticon-Belo

Tapi kalo yg dari sampeu/singkong itu namanya ketimus, rasanya muanis bener emoticon-Genit

Biasanya dijual di tukang bandrek emoticon-Embarrassment

profile-picture
erina79purba memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di