GENKBOLAvatar border
TS
GENKBOL
Ini Dia Mobil Pertama yang Dibikin dari Es dan Bisa Jalan

Saat ini bahan metal dan turunannya adalah salah satu material kuat yang dipake untuk membangun sebuah mobil. Selain kuat, perawatannya juga relatif lebih mudah. Tapi bukan berarti mobil gak bisa dibikin dengan material selain itu loh GanSis. Bisa aja sebuah mobil dibikin dari material lain, seperti es. 

Emang bisa gitu bikin mobil dari es?


Jawabannya ternyata bisa GanSis, dan ini ini mobilnya bisa jalan dan bukan hanya sekedar pajangan atau hiasan belaka. Mobil yang terbuat dari es ini bisa dikendarai, berfungsi normal, dan legal digunakan di jalan raya. Mobil dari es ini dibikin oleh Canadian Tire pada tahun 2013 lalu. Mobil ini dibikin untuk membuktikan komponen mobil buatan mereka seperti ban fan baterai bisa bertahan di cuaca ekstrim Kanada.

Guna merealisasikan ide mobil es ini, dibutuhkan sebuah sasis mobil dan saat itu yang dipilih adalah truk pikap Chevrolet Colorado. Sebelum menjadi mobil es, truk ini diperiksa dulu kemudian ditelanjangi untuk di modifikasi. Perubahan awal mulai dari rangka baru, menurunkan dudukan mesin, dan menambahkan beberapa kipas untuk menjaga es tetap beku.

Selanjutnya, mobil dikirim ke Iceculture untuk membangun body dari es. Nah, salah satu tantangan dari membangun mobil ini adalah memastikan body es tidak pecah pada saat mobil bermanuver dan body bisa beku lebih lama. Body es juga diminta untuk transparan yang mana dapat dilakukan dengan menyedot udara dari kandungan es.

Setelah selesai dibangun, mobil ini bisa dioperasikan dan mampu melaju sejauh 1,6 km dengan kecepatan rata – rata 20 km/jam. Chevy es mempunyai bobot total sebesar 6,8 ton, dimana 4,6 ton nya merupakan es. Selain body, bagian lain dari mobil masih menggunakan kelengkapan mobil standar seperti sabuk pengaman, roda kemudi, dan tuas persneling. Untuk tempat duduk dasbor, kaca spion, dan plat nomor terbuat dari es.

Sayangnya umur mobil ini gak lama GanSis. Setelah didokumentasikan dan melakukan perjalanan, mobil ini kemudia mencair dalam waktu 40 jam. Mobil ini juga gak sempat tercapat di buku rekor dunia. Meskipun demikian, mobil es ini sukses menarik perhatian dunia. Kira – kira ntar bakalan ada lagi yang bikin gak ya?



doobey
dhinyzfrn
tien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.5K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan