Kreativv.comAvatar border
TS
Kreativv.com
8 Situs Rekomendasi Belajar Coding untuk Pemula Sampai Pro
“Duh, pengen deh bisa tahu caranya coding, tapi aku kan bukan anak komputer.” Siapa yang pernah berniat untuk belajar coding? Atau mungkin sekadar ingin tahu?  Kamu ingin belajar coding, tapi takut dan bingung mau mulai dari mana. Tidak perlu gundah GenK, nih kami kasih rekomendasi situs belajar coding buat kamu!
Setelah di artikel sebelumnya kami sudah membahas tentang apa itu coding, kali ini kami akan kasih kamu rekomendasi situs untuk kamu yang ingin belajar coding. Yuk langsung dicek!
Belajar ilmu baru di zaman teknologi yang serba canggih ini bisa kamu lakukan dengan sangat mudah. Tidak perlu repot pergi keluar rumah, cukup duduk dengan santai di depan layar komputermu dan kamu sudah bisa langsung belajar berbagai macam skill dan bidang ilmu, salah satunya adalah coding, GenK.
1. Treehouse 

Treehouse (sumber: moneysaverblog.com)


Situs rekomendasi pertama dari kami buat belajar coding adalah Treehouse. Platform online ini menyediakan lebih dari 1,000 video yang dibuat oleh para ahli web design dan coding. Belajar coding dasar pastinya akan jadi lebih mudah untuk kamu yang baru akan memulai perjalanan di dunia coding.

Setelah menyaksikan video yang tersedia, kamu bisa langsung menguji hasil belajarmu dengan mengambil kuis dan menyelesaikan tantangan coding interaktif. Tantangan yang dibuat sudah disusun sedemikian rupa agar para pelajar dapat menerapkan apa yang mereka pelajari untuk berbagai kebutuhan mereka nanti.

Kalau sudah menyelesaikan kursus dan lulus ujian tes, kamu akan mendapatkan badge yang menandakan skill yang telah dikuasai dan bisa dipublikasikan secara luas untuk keperluan profesional.
2. Khan Academy 

Khan Academy (sumber: dynomapper.com)


Lanjut ke situs berikutnya nih untuk belajar codingKhan Academy. Kamu bisa langsung belajar dengan video instruksi praktis, personalized learning dashboard, dan tentunya modul untuk latihan.

Para pelajar dapat menyesuaikan kecepatan pembelajaran yang tepat untuk mereka masing-masing tanpa terpaut pada waktu tertentu. Jadi tidak perlu khawatir akan tertinggal materi saat kamu memulai kursus online-mu di sini.
Jutaan pelajar datang dari seluruh dunia untuk mengembangkan kemampuan coding mereka dengan materi yang bisa diterjemahkan ke dalam 36 bahasa. Siapa saja pasti bisa menjajal platform ini. Termasuk kamu, GenK.

3. Code School 

Code School (sumber: dynomapper.com)


Next, kami punya Code School buat kamu yang punya cita-cita jadi seorang developer berpengalaman. Kursus yang ditawarkan oleh Code School dibagi menjadi berbagai jalur yang berbasis teknologi. Kamu bisa mencoba jalur yang sesuai dengan kebutuhanmu.


Beberapa pilihan bahasa programming yang ditawarkan di antaranya ada HTML/CSS, JavaScript, Ruby, Elixir, PHP, .NET, Python, iOS, Git, SQL, dan beberapa pilihan tambahan. Belajar bahasa programming tidak lagi jadi momok yang menakutkan karena instruktur berpengalaman akan membantu proses belajarmu.
Sistem pembelajaran yang diterapkan adalah berbasis course challenge, di mana kamu akan ditantang untuk menyelesaikan tugas-tugas berbasis web yang nantinya akan langsung diberikan feedback oleh para instruktur. Setiap satu challenge yang terselesaikan, kamu akan mendapat insentif berupa poin dan juga badge sebagai tanda selesainya kursus.

4. Coursera

Coursera (sumber: learntocodewithme.com)



Kalau platform berikut mungkin sudah cukup familiar bagi beberapa orang nih, yaitu Coursera. Sejak didirikan di tahun 2012, Coursera kini telah berkembang menjadi perusahaan pendidikan dan teknologi yang menawarkan lebih dari 1000 kursus dari 119 instansi. 

Kamu bisa memilih beberapa kursus pengenalan programming dari institusi terkemuka seperti Vanderbilt, University of Toronto, Stanford, dan University of Washington. Nanti kalau sudah lanjut ke tahapan yang lebih maju, kamu bisa memilih kursus advanced yang berbayar, GenK.

Kursus di Coursera tersedia dalam bahasa Inggris, Spanyol, dan Prancis, dengan subtitle bahasa Inggris, Spanyol, dan Mandarin. Kursus lain terkait dengan bidang data science, bisnis, dan komputer juga ada loh di sini. Lengkap banget buat kamu yang ingin belajar banyak hal dari satu platform yang sama.
5. Udacity 

Udacity (sumber: dynomapper.com)



Masih ada lagi nih situs rekomendasi belajar coding yang bisa kamu coba, GenK. Keunikan yang ditawarkan oleh situs ini adalah program khusus yang disebut dengan nanodegree yang bekerja sama dengan perusahan teknologi raksasa seperti IBM, Google, Facebook, AT&T, dan IBM. 

Udacity memiliki misi untuk menyediakan pendidikan berkualitas untuk semua orang dengan akses yang mudah dan terjangkau tapi tetap berkualitas. Kamu dapat belajar dasar-dasar coding dimulai dari bahasa programming, Java, yang bisa diakses dengan gratis, GenK. Mantap kan!
6. Code Avengers


Code Avengers (sumber: dynomapper.com)


Fans The Avengers mana nih suaranya? Sekarang kamu bisa jadi superhero dengan kekuatan coding lewat situs Code Avengers, GenK. Kuasai kemampuan teknologi terkini dengan belajar layaknya seorang coder profesional.

Code Avengers menyediakan lebih dari 1,000 coding challenge, kuis, dan video yang didukung oleh komunitas pembelajar dan tutor ahli. Kamu akan mulai dengan belajar membuat website dan aplikasi sederhana yang nantinya bisa berlanjut ke aplikasi siap pakai yang dapat kamu tunjukan ke sanak saudara, teman, dan bahkan ke perusahaan idamanmu.
7. Codecademy 

Codecademy (sumber: dynomapper.com)


Situs rekomendasi berikutnya yang populer buat belajar coding adalah Codecademy. Lebih dari 24 juta orang sudah belajar cara koding melalui platform ini, GenK. Ada lebih dari 300 jam konten coding gratis tersedia untukmu belajar mulai dari tingkat dasar ke level mahir.

Kursus yang tersedia juga cukup beragam mulai dari pengenalan tentang programming sampai ke jenis bahasa pemrograman yang lebih maju. Belajar coding bisa dengan mudah kamu lakukan berkat pendekatan interaktif yang dipakai oleh para instruktur Codecademy, GenK.
8. Udemy 

Udemy (sumber: dynomapper.com)


Platform belajar online yang didirikan pada tahun ini 2010 ini merupakan cara yang bisa kamu gunakan untuk belajar atau meningkatkan job skill. Kursus intensif bisa kamu dapatkan di dengan ragam pilihan paket, mulai dari yang gratis sampai yang berbayar.


Jadi buat yang baru ingin mencoba belajar coding, kamu bisa memilih kursus beragam opsi kursus gratis yang tersedia sebelum memutuskan untuk mengambil paket kursus yang berbayar. Kamu juga bisa melihat rating kursus dari 1-5 bintang dan testimoni dari pembelajar lain yang telah mencobanya.
Siapa bilang belajar coding itu sulit dan repot? Coba dulu beberapa situs rekomendasi kami di atas, GenK. Rasakan pengalaman yang berbeda untuk menjadi seorang coder handal! Selamat belajar!

Baca Artikel Menarik Lainnya
Zao, Aplikasi Swap Face dari China yang Menggemparkan Netizen
Junmai92
bauasemloe
makiinun
makiinun dan 45 lainnya memberi reputasi
46
12.7K
112
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan