Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dijelas.inAvatar border
TS
dijelas.in
9 Cara Menanam Bunga Bromelia Supaya Berkembang Cantik

Pada dasarnya, nama bunga bromelia tidak merujuk ke satu tipe tumbuhan saja. Tetapi merujuk ke satu tipe keluarga bunga ialah keluarga Bromeliaceae. Terdapat 2. 877 spesies bunga yang tergabung dalam famili ini. Dengan kata lain, terdapat banyak tipe bunga bromelia yang dapat Kamu temukan.

Cantiknya bunga bromelia menjadikan tumbuhan ini jadi salah satu tipe tumbuhan hias yang mempunyai banyak peminat. Bila Kamu tercantum salah satu orang yang berminat buat mempunyai tumbuhan bromelia, Kamu dapat menjajaki cara menanam bunga bromelia berikut ini:

9 Cara Menanam Bunga Bromelia Supaya Berkembang Cantik

1. Memilah bunga bromelia di tempat berlokasi outdoor

Bunga bromelia tercantum tipe tumbuhan yang habitat aslinya terletak di wilayah dengan hawa tropis. Umumnya, mereka berkembang di tempat yang lembab. Semacam kawasan hutan rindang ataupun menempel pada tumbuhan lain. Sebab itu, tempat terbaik buat menanam bunga bromelia merupakan tempat yang teduh serta tidak langsung terkena sinar matahari.

Perihal ini penting, sebab sebagian besar bunga bromelia mempunyai toleransi yang rendah terhadap paparan matahari. Bila diletakkan di tempat yang sering terkena sinar matahari, daun bromelia dapat jadi gosong ataupun dapat terbakar.

Sebab itu, saat sebelum membeli bunga bromelia, yakinkan Kamu mengenali lebih dahulu keadaan halaman ataupun taman lokasi penempatan bunga ini nantinya. Baru sehabis itu, kalian dapat mencari bunga bromelia yang sangat cocok dengan keadaan tersebut.

2. Menanam bunga bromelia bagaikan tumbuhan indoor

Sebagian besar bunga bromelia ditanam bagaikan tumbuhan hias outdoor. Tetapi, bukan berarti kalian tidak dapat menjadikan tumbuhan ini bagaikan tumbuhan hias indoor. Kecantikan bunga bromelia bisa menambah atmosfer ruangan kalian jadi nampak lebih indah serta asri.

Terlebih, bunga bromelia tercantum tipe tumbuhan hias yang tidak rewel dalam merawatnya. Kalian pun dapat meletakkan bunga bromelia di tempat yang cocok serta teduh cocok dengan kebutuhan tumbuhan.

3. Penyiraman bunga bromelia

Sama semacam tumbuhan yang lain, bunga bromelia pula memerlukan penyiraman supaya dapat berkembang dengan sehat serta produktif. Walaupun begitu, penyiraman bunga bromelia tidak sangat rewel. Bunga bromelia mempunyai ketahanan yang lumayan baik walaupun hidup dalam media tanam yang relatif kering.

Di sisi lain, bunga bromelia malah mempunyai toleransi yang relatif rendah terhadap air yang terlalu berlebihan. Bila penyiramannya berlebihan, pangkal tumbuhan bromelia ini bisa jadi busuk, serta menimbulkan tumbuhan bromelia kesayangan kalian mati.

Sebab itu, buat menyiram tumbuhan bromelia, Kamu dapat mencermati keadaan tanah pada pot ataupun sekitarnya. Jangan menyiram pada tumbuhan bromelia tersebut  bila media dalam pot belum kering. Penyiraman bisa dilakukan minimal 2 inci media pot telah kering.

Butuh dicermati pula buat tidak memakai wadah yang dibuat dari logam dikala menyiram bunga bromelia. Bunga bromelia mempunyai sensitifitas yang lumayan besar terhadap logam. Menyiram tumbuhan bromelia dengan wadah logam malah hendak mengganggu bunga bromelia kesayangan Kamu.

4. Atur kelembaban yang diperlukan bunga bromelia

Bunga bromelia menggemari tempat dengan kelembaban disekitar 60 persen. Walaupun relatif susah dipertahankan, kelembaban ini dapat kalian miliki dengan melaksanakan hal seperti misalnya dengan meletakkan humidifier tidak jauh dari tumbuhan tersebut.

Tidak hanya itu, kelembaban ini pula dapat dilindungi dengan mempersiapkan suatu piring datar berisi air, setelah itu letakkan batu– batu dekoratif di atasnya. Sehabis itu, kalian dapat meletakkan pot tumbuhan bromelia di atas batu– batu tersebut. Pastikan juga pot tanaman bromelia tidak masuk ke dalam air guna menjauhi terbentuknya akar yang busuk.

Metode lain yang dapat dijalani dengan memakai sprayer serta menyemprotkannya ke tumbuhan secara tertib. Walaupun metode ini relatif merepotkan serta butuh kesabaran, sprayer merupakan metode yang sangat gampang dibanding dengan metode yang lain.

5. Wadah pot terbaik buat bunga bromelia

Pemilihan pot serta media tanam pula wajib dipertimbangkan dikala Kamu mau menanam bunga bromelia. Pot serta media tanam yang pas bisa menolong melindungi kelembaban bunga bromelia Kamu. Pot terbaik buat bunga bromelia merupakan tipe pot berbahan plastik. Pot ini bisa menahan kelembaban lebih lama supaya bisa mengoptimalkan metode menjaga perawatan tumbuhan bromelia.

Sebaliknya pot tanah liat yang tidak berpori membuat air merembes keluar dengan lebih baik. Namun, pastikan kalian meletakkan cangkir ataupun alas di bagian dasar pot. Cangkir ataupun alas ini berguna untuk menampung rembesan air yang keluar supaya tidak mengganggu lantai ataupun perabot di dekat pot. Hal ini metode menjaga tanaman bromelia merah ataupun tipe yang lain.

6. Mempersiapkan media tanam bunga bromelia

Buat menanam tumbuhan bromelia, media tanah murni sangat tidak dianjurkan bagaikan media tanam bromelia. Tanah murni mempunyai tekstur yang sangat padat serta hendak membatasi drainase. Sebaliknya bunga bromelia memerlukan drainase yang kilat.

Untuk menanam bunga bromelia, kalian dapat memakai media tanam kombinasi antara tanah, arang sekam, serta pupuk kompos. Ketiga bahan ini dapat digabungkan dengan perbandingan yang sama ataupun perbandingan 1: 1: 1, metode ini buat mendukung metode menanam bromelia.

7. Pencahayaan bunga bromelia

Tiap tumbuhan bromelia mempunyai kebutuhan serta toleransi sinar yang berbeda. Sebagian varietas bunga bromelia memerlukan sinar yang cerah serta tidak langsung. Sebaliknya varietas yang lain lebih baik dengan keadaan sinar yang teduh, langsung, serta konstan.

8. Pemupukan bunga bromelia

Bunga bromelia cuma memerlukan sedikit pupuk buat berkembang. Kalian dapat membagikan pupuk cair ataupun pupuk yang dilarutkan dalam air buat membagikan nutrisi padanya. Tapi, pastikan untuk tidak menyiramnya langsung ke tangki pusat daun bromelia. Tetapi, bagikan pupuk di zona dekat pangkal tumbuhan sebagai perawatan pupuk buat bromelia.

9. Pembungaan bunga bromelia

Umumnya, bunga bromelia cuma hendak berbunga sekali selama hidupnya. Tapi, banyak orang yang salah menduga kalau daun bromelia seperti bunga. Hal ini disebabkan karena corak daunnya yang terang dan juga terlihat cantik. Tidak hanya itu, posisi berkembang daun serta bunga pada bunga bromelia pula berasal dari titik yang sama.

Disaat bunga bromelia berkembang, bunga tersebut dapat bertahan sampai sebagian bulan. Kamu dapat membiarkannya serta menunggu hingga bunga tidak lagi indah dilihatnya. Setelah itu, pakai gunting ataupun pisau tajam yang steril buat memotong bagian pangkal tumbuhan tanpa melukai bagian tumbuhan yang tersisa.


Seperti itu metode menjaga tumbuhan bromelia yang dapat kalian gunakan. Menjaga tumbuhan hias memanglah memerlukan kesebaran dan juga konsistensi. Tetapi hasil yang kalian miliki pasti saja cukup worth it ! 
nabila978
evywahyuni
tien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.9K
8
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan