dalledalmintoAvatar border
TS
dalledalminto
Mengenal Ochiba Art, Seni Guguran Daun dari Jepang, Kreatif Banget Ya?




Sampah kadang menjadi masalah. Maka dari itu, banyak ide-ide kreatif untuk mengolah kembali sampah menjadi sesuai yang berlebih berguna dan dapat bermanfaat lagi.

Sampah plastik misalnya, bisa diubah menjadi hiasan rumah, seperti bunga-bungaan. Bisa pula dijadikan tas belajaan, dsb. Tentunya butuh ketelatenan dalam mendaur ulang sampah plastik ini.

Sampah plastik memang sulit diurai oleh diurai oleh tanah, untuk itu penanganan sampah plastik butuh penangaban yang lebih serius.

Berbeda halnya dengan sampah plastik, sampah dari daun atau sampah organik lebih mudah untuk didaur ulang. Pun, sampah organik lebih cepat diurai oleh tanah. Misalnya dibuat pupuk kompos.

Nah, ngomongin sampah daun ini, di Jepang ada sebuah aktifitas yang sangat kreatif dalam pemanfaatan sampah dari daun.

Memang orang-orang Jepang dikenal dengan ide kreatifnya. Sebuah ide yang mampu menyulap sampah daun yang berserakan menjadi karya seni nan indah untuk dinikmati.

Karya seni yang memanfaatkan sampah dari daun ini dinamakan ochiba art, seni guguran daun.

Ochiba art ini sering dilakukan masyarakat/ seniman Jepang di saat musim gugur dimana banyak daun-daun berjatuhan.

Dari pada gansis penasaran, berikut ini karya luar biasa yang memanfaatkan daun berjatuhan.

1. Bentuk Hello Kitty



Pertama melihat gambar di atas, pasti gansis, nggak menyangka kalau gambar tersebut dihasilkan dari daun-daun yang berserakan. Keren kan hasilnya, kreatif banget. Gansis ada yang berani bikin.


2. Bentuk Love



Bagi jombloers yang ingin menembak gebetan, bisa dipraktikan nih, cara di atas. Nggak butuh modal terlalu banyak, hanya bermodalkan sampah dari dedaunan yang jatuh.

3. Bentuk Bunga



Dengan ide yang cemerlang, ternyata, daun-daun kering bisa dijadikan bunga. Tentu, lebih awet dari bunga asli yang mudah layu, cepat rontok.

4. Bermacam bentuk hiasan



Nah, dari pada daun-daun berserakan di jalanan, yang menjadikan kesan kumuh, dengan sentuhan kreatif, dedaunan tersebut bisa disulap menjadi hiasan yang indah dan layak untuk dinikmati.

5. Bentuk winnie the pooh.



Lha, begitulah cara membentuk winnie the pooh dari daun-daun yang berguguran menjadi karya seni, hanya bermodalkan sapu.
Keren, banget kan, gansis!

6. Ukiran daun



Bukan hanya bisa dibentuk menjadi berbagai karakter kartun, memanfaatkan sampah daun bisa dengan mengukir daun. Seperti contoh mengukir bentuk ulat. Menurut ane, malah mengukir daun ini sekilas mirip dengan wayang kulit.

Nah, begitulah tentang ochiba art, seni guguran daun yang dilakukan masyarakat Jepang. Jika gansis tertarik dengan thread yang ane sampaikan, ane cuma bisa mengatakan selamat mencoba.

Sekian thread dari ane, semoga bermanfaat dan menginspirasi. Sampai berjumpa di thread ane selanjutnya. Bye!

Penulis: @dalledalminto
Tulisan: opini pribadi
Referensi:. dari sini
Gambar: google images


dhinyzfrn
Surobledhek746
tien212700
tien212700 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
2.5K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan