cintadineAvatar border
TS
cintadine
Mengenang 8 Game Online Era Warnet Yang Sempat Populer di Indonesia
Saat ini perkembangan game online semakin cepat aja ya gan. Sekarang yang menjadi tren selain PC dan konsol adalah perangkat mobile alias smartphone yang sangat populer di seluruh dunia dengan berbagai pilihan genre game. Di Indonesia sendiri saat ini mobile gaming sedang dalam masa jayanya jika dilihat dalam tiga tahun terakhir seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat dan memungkinkan sebuah perangkat hape bisa memainkan game-game berat setara dengan konsol.

Akan tetapi jika kita menilik sekitar sepuluh tahun yang lalu, game online Indonesia saat itu populer di platform PC. Karena dulu masih banyak gamer di Indonesia yang belum mempunyai PC, maka warnet adalah solusinya. Nah, pada masa jaya warnet ada cukup banyak judul game online yang sempat menemani gamer tanah air dan berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Ragnarok Online
Mungkin inilah game online tertua di Indonesia dan begitu populer di era awal 2000an. Ragnarok Online (RO) begitu digemari oleh remaja Indonesia pada saat itu dan ketika warnet mulai merambah, game ini seolah wajib diinstal. Hampir semua gamer PC di era tersebut pasti pernah memainkan RO. Game MMORPG ini memang punya gameplay yang menyenangkan pada masanya dan bikin lupa waktu siapapun yang memainkannya. Saat ini Ragnarok Online bereinkarnasi di perangkat mobile.

2. Dota
Jauh sebelum demam mobalog menyerang dan bahkan sebelum ada Dota 2 dan LoL, Dota pertama adalah game online pelopor genre MOBA dan populer di kalangan gamer warnet di masanya. Grafiknya saat itu masih sangat pas-pasan karena merupakan hasil mod dari game Warcraft 3. Ayo, siapa kaskuser di sini yang sempat merasakan memainkan Dota satu? emoticon-Ngakak

3. Audition AyoDance
Selain genre FPS dan MMORPG, ada satu lagi game yang unik di era game warnet yaitu Audition AyoDance yang bergenre rhythem. Bukan cuma disukai oleh para cewek, game ini juga digandrungi cowok. Game AyoDance juga membutuhkan keyboard yang bagus agar enak untuk ditekan dan tak jarang keyboard juga jadi rusak karena game seperti ini membutuhkan kecepatan jari-jari emoticon-Ngakak

4. GetAmped

GetAmped adalah game bergenre fighting yang sistemnya mirip-mirip battle royale di mana semuanya saling bertarung hingga memunculkan satu pemenang. Game ini dulu juga sempat populer walau tak berlangsung begitu lama karena muncul game-game dengan gameplay yang lebih variatif.

5. Lost Saga
Sebelum era mobalog, di era warnet sempat popuper Lost Saga yang bergenre casual fighting. Yaitu berbagai hero dengan class dan kemampuan yang berbeda-beda saling bertarung dan tawuran di satu arena baik itu secara tim maupun jadi musuh semua. Hero-hero dalam Lost Saga juga unik-unik serta punya grafik yang bagus. Oh iya, di game ini juga dulu ada hero Gatot Kaca. Ya, sebelum ke ML, Gatot Kaca pernah magang di Lost Saga emoticon-Ngakak

6.Seal Online
Game yang mengusung genre MMORPG ini punya grafik yang halus pada masanya dan bentuk para karakternya yang lucu dan imut. Maka tak heran Seal Online juga digemari oleh oleh para cewek dan anak-anak. Berbagai quest dalam Seal Online juga terbilang seru dan menyenangkan untuk meningkatkan level dan upgrade item.

7. Counter Strike
Inilah nenek moyangnya game FPS di PC dan bisa dimainikan secara offline. Jauh sebelum CS:GO, Counter Strike generasi pertama atau 1.6 adalah game fenomenal di masanya. Konsep game FPS seperti Counter Strike pada akhirnya banyak ditiru oleh game-game FPS lainnya.

8. Dragon Nest
Game online yang versi PC nya baru saja ditutup di Indonesia ini sempat booming di era awal 2010an dan dipublish oleh Gemscool. Gameplay yang menyenangkan dan pengalaman bermain yang seru menjadi faktor utama mengama game MMORPG ini pernah digandrungi. Selain itu cerita yang ditampilkan dalam game ini juga lumayan bagus gan.

Nah, game warnet apa aja nih yang belum ada di daftar di atas gan emoticon-Ngakak

Quote:
ceuhetty
zafinsyurga
4iinch
4iinch dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.6K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan