Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

saokudaAvatar border
TS
saokuda
Mengapa Umat Kristen Indonesia Kecewa dengan Presiden Jokowi?
Seorang pendeta bernama Yeremia Zanambani dibunuh pada tanggal 19 September 2020 di Hitadipa, Papua. Menurut laporan dari Pantau, “Serangkaian kasus penembakan antara 17-19 September menewaskan aparat TNI – POLRI (aparat keamanan nasional) dan warga sipil, termasuk Pendeta Yeremia Zanambani (68) di Desa Bomba, Kecamatan Hitadipta, Kabupaten Intan Jaya, Papua.” Dalam beberapa bulan terakhir, Papua, provinsi paling timur Indonesia, telah mengalami peningkatan konflik bersenjata. Kematian Pendeta Yeremia adalah akibat dari konflik di sana.

Namun, ada yang aneh dengan tanggapan pemerintah Indonesia terhadap kejadian ini. Jakarta tampak lamban dalam menanggapi pembunuhan ini, dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) diam saja. Bahkan media arus utama pun tidak terlalu peduli untuk meliput berita tersebut. Berbeda dengan kejadian beberapa minggu sebelumnya, di mana seorang ulama Muslim, Syech Ali Jaber, diserang oleh seorang pemuda dan lengannya ditusuk, Indonesia dalam sekejap gempar — semuanya terkejut, dan banyak yang mengecam keras dan mengutuk kejahatan tersebut. Dalam hitungan menit, berita ini menjadi trending topic.

Presiden Jokowi vokal tentang serangan ini. Dia mendesak Badan Intelijen Negara (BIN) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengusut tuntas kasus pidana ini. Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menanggapi dengan cepat dengan mengunjungi Syech Ali Jaber. Tak lama kemudian, Syech Ali Jaber kembali berkunjung ke Kantor Menkopulhukam.

Kedua peristiwa tersebut terjadi hampir bersamaan, namun mendapat perlakuan berbeda dari pemerintah Indonesia, khususnya dari Presiden Jokowi. Alhasil, sejumlah himbauan dan kritik dilayangkan ke Presiden Jokowi.

Ketua Sinode Aliansi Gereja di Indonesia (GKII), tempat Pastor Yeremia Zanambani melayani, Pdt. Daniel Ronda memberi tahu CNN Indonesia, “Kami menyayangkan sampai saat ini pemerintah belum mengomentari kejadian tersebut. Baik dari Pak Jokowi, maupun [government itself]. ” Menggema Ronda, Pdt. Dora Balubun dari Sinode Gereja Kristen Injili di Papua (GKI) mengatakan kepada Pantau.com, “Presiden tidak pernah berkomentar. Sedih, sangat menyedihkan. “

Umat ​​Kristiani di Indonesia sangat berharap Jokowi dapat membawa perubahan atas penindasan yang selama ini dialami umat. Itu sebabnya dalam pemilihan presiden 2019, 92% pemilih Kristen memberikan suara untuk Jokowi. Namun umat Kristiani di Indonesia saat ini hanya bisa berdebar-debar karena mereka menyaksikan penembakan seorang pendeta Papua diabaikan. Presiden Jokowi tidak memperhatikan; sebaliknya, dia menunjukkan kepeduliannya terhadap situasi di Palestina beberapa hari setelah pembunuhan Pendeta Yeremia.

Sikap kepeduliannya terhadap Palestina juga tak luput dari kritik. Ketua Badan Kerja Sinode Am Gereja Kristen Injili Papua, Andrikus Mofu menyinggung pidato Jokowi di Sidang Umum PBB pada 23 September lalu. Dalam pidatonya, kata dia. CNN Indonesia, “Jokowi menunjukkan kepekaannya terhadap sejumlah masalah dunia, termasuk konflik di Palestina.” Hanya saja, imbuhnya, perhatian seperti itu perlu dicermati bagi masyarakat Papua di Indonesia.

Dora juga memberi tahu Pantau, “Bagaimana bisa Presiden [only] lihat siapa di luar sana di Palestina, padahal di depan matanya di Papua, rakyatnya dibunuh, tapi Presiden tidak berkomentar? ”

Umat ​​Kristiani meminta agar tim independen segera dibentuk untuk melakukan investigasi yang adil dan berimbang untuk mengungkap pelaku di balik peristiwa baru-baru ini di Papua. Banyak yang percaya bahwa Tentara Indonesia (TNI) membunuh Pendeta Yeremia.

Saat ini, Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) dari pemerintah Indonesia telah diberangkatkan untuk mengusut kasus penembakan terhadap Yeremia Zanambani. Harapan umat Kristen di Indonesia yang mayoritas Muslim, dan khususnya masyarakat Papua, adalah agar para pelaku pembunuhan dapat ditangkap dan diadili tepat waktu.

https://suarasumut.com/mengapa-umat-...esiden-jokowi/

Semoga cepat terungkap
d0dittt
nomorelies
kakekane.cell
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3
839
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan