bukaninfobiasaAvatar border
TS
bukaninfobiasa
Pertemuan Presiden Jokowi dengan PM Jepang Sepakati Kemungkinan Kerja Sama Trilateral


Kunjungan Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga beberapa hari lalu ke Indonesia selain merupakan kunjungan kerja, juga merupakan hasil baik dari kemudahan berbisnis di Tanah Air berkat adanya Omnibus Law.

Direktur Asia Timur dan Pasifik, Santo Darmosumarto mengatakan dalam kunjungannya PM Jepang menyampaikan arti penting Indonesia bagi Jepang terutama terkait posisi Indonesia sebagai leader di Asia Tenggara

Sejumlah kesepakatan pun disepakati kepala negara kedua negara, salah satunya terkait kerja sama antara Indonesia, Jepang dan negara ketiga yang tidak disebutkan.

"Kemungkinan dikembangkannya kerja sama Trilateral antara Indonesia, Jepang dan negara ketiga," ujar Santo.

Kerja sama ini dilakukan dalam konteks penguatan kerja sama untuk menangani isu multilateral, selain mensinergikan AOIP dan FOIP dan stabilitas kawasan.

Santo mengatakan kunjungan PM Jepang ke Indonesia secara simbolis menyatakan bahwa kedua pemimpin menekankan pentingnya kerja sama di masa pandemi Covid-19.

Termasuk dengan didiskusikannya persetujuan untuk melakukan fasilitasi bagi perjalanan esensial antar kedua negara tanpa karantina yang masih dalam pembentukan dan kordinasi antara kedua negara.

"Indonesia dan Jepang melihat bahwa kita harus melakukan kerja sama dan bermitra. Jadi mengembangkan kemitraan, itulah yang diupayakan kedua pimpinan," katanya

Meskipun demikian, kerja sama tersebut tanpa mengesampingkan protokol kesehatan secara ketat yang ditetapkan kedua negara untuk melindungi masyarakatnya.

Dengan dipilihnya Indonesia sebagai salah satu negara yang dikunjungi PM Jepang dalam lawatan pertamanya keluar negeri, menunjukkan pentingnya Indonesia bagi Jepang.

tribunnews.com
Diubah oleh bukaninfobiasa 28-10-2020 04:49
d0dittt
nomorelies
nomorelies dan d0dittt memberi reputasi
2
311
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan