CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Supranatural /
PIWULANG - edisi Ramadhan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ea18fb410d29531a26debef/piwulang---edisi-ramadhan

PIWULANG - edisi Ramadhan

DAY 1 :

+ mas bibot. kalo mau solat khusyu mulai nya darimana ?
- Mulainya dari kenal dulu siapa tuhan mu.
Kalo kamu gak kenal. nanti salah saat menghadap.
Orang itu macam-macam.  Ada yang ketika solat. tuhannya dikasih bentuk gambar.  Gambar seperti orang pake peci. gambar kabah.  Gambar itu lah.
Biar Nggak kaya gitu harus tahu Tuhan itu seperti apa.
Bukan melalui gambaran visualisasi tuhan seperrti apa.
Tapi melalui pemahaman siapa itu tuhan.
Pahami dulu.  Siapa itu gusti ingkang murbeng dumadi.
Tuhan yang jadi sumber segala penciptaan.
Yang menciptakan ruang dan waktu.
Jadi kamu gak akan mencari Tuhan dalam bentuk gambar.
Banyak mereka itu yang mati dulu sebelum sempat tahu siapa itu tuhan. Mereka akan bertemu dengan perantara-perantara.  Ketemu pohon. batu. patung. 
Gak salah. karena sampenya mereka disitu.dan kita gak usah ngerecokin mereka.
Kalo berdoa ke mereka.  Apa gak didengerin tuhan ?
Didengerin. dikabulkan.
Jangan salah. Tuhan itu adil. Tahu takarannya mereka.
Makanya gak usah ngerecokin mereka.
Belum tentu juga kamu lebih baik ketimbang mereka.
- besok sambung lagi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 22 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh hebiryu
Ati lan pikiran manungso ora bakal iso mangerteni kabeh rencananing Gusti Kang Murbeng Dumadi. Eling lan percoyo, sumarah lan sumeleh lan mituhu. Manungso urip ngunduh wohe pakertine dhewe dhewe. Manungso urip nggowo apese dhewe dhewe. Manungso urip tumimbal soko biyen, nek percoyo marang tumimbal. Hai Bot long time no see, masih di thailand? Apakabar? emoticon-Shakehand2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Day 2
+ Yang kedua apa mas bibot ?
- yg kedua. Setelah kamu kenal tuhan.
Kamu coba berterima kasih.
Yg pertama berterima kasih pada diri sendiri.
Karena sudah meluangkan waktu. Menyempatkan diri melakukan manembah dan dedungo marang gusti.

Semua org pasti dipanggil.
Tapi Gak semua orang mau menjawab panggilan ini.

Kalo di islam - diceritakan bahwa tiap manusia sudah bersyahadat dan mengenal tuhan sebelum dilahirkan ke bumi.

Pelajaran di carakanya: Karsa hyang wit tumuwuh - ada kehendak tuhan yg tumbuh dalam diri tiap manusia.

Cobalah duduk diam. Ucapkan pada diri sendiri:
Aku berterima kasih pada diriku sendiri. Aku sudah meluangkan waktu secara khusus. Sudah menata raga rasa pikir ku secara khusus. Untuk manembah kepada tuhan.

Berterimakasih ini, yg pertama, kamu melakukan dengan inner self mu. Dengan sejatinya dirimu. Yg kedua. Kamu menimbulkan kesadaran kamu sebagai hamba. Yang ketiga. Kamu menimbulkan energi positif.
profile-picture
profile-picture
derik16 dan krx48 memberi reputasi
thread yang bagus mas, ijin membaca dan menyimak di thread ini, salam kenal
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Day 3

Yang ketiga itu kaitannya dengan noto rogo roso pikir.
Ini nyari teteg.
Ada yg dgn baca buku " shalat cara rasulullah ", kalo solatnya gak sesuai rasulullah nanti gak diterima.
Ada yg pake baju dan aksesoris arab. Mgkn Inget waktu di mekkah.
Ada yg harus pake wangi wangian. Non alkohol. Kalo mengandung alkohol haram katanya. Jin nya gak mau ngedeket. Hahaha
Ada yg harus pake doa n tata cara tertentu yang diyakini benar.

Ada yg harus shalat malam malam.
Ada yg harus di masjid.

Tiap orang pasti beda. Sesuai dengan kapasitas raga. Kapasitas pikir. Kapasitas rasa.

Kalo liat org lagi seperti ini. Jangan ditegur atau di komen. Mereka itu lg cari Yang terbaik biar sreg ketika menghadap.

--
Itu tadi persiapan.
Sekarang...
Ketika mau menghadap. Di tata niat nya dalam pikir dan rasa.
Kalo mau diucapkan boleh.
Mau gak diucapkan karena dianggap bidah boleh.

Tapi nata niat sebelum shalat adalah sesuatu yg penting. Memfokuskan energi dan perhatian.
coba. Berdiri. Atur nafas. Pelan. Niatkan. Jangan buru buru.
profile-picture
profile-picture
derik16 dan krx48 memberi reputasi
day4
kayak perguruanku pernah ditegur " si XX itu kalo berdoa teriak-teriak."kenapa ? aku tanya detailnya.  " itu karena dia ketika berdoa gak berterima kasih dulu.""ibaratnya minta sama orang tua, tapi minta nya sambil bentak-bentak."

oo gitu perumpamannnya. kalo kita berdoa tanpa didahului bersyukur. 
hari kemarin membahas dengan bersyukur dan noto rogo roso pikir sebelum shalat.hari ini, kita akan bahas menata raga-rasa-pikir pada saat shalat. 
pahami dulu. dedungo / manembah - komunikasi sama tuhan itu ada di rosojadi kita harus menggali dari raga & pikir. masuk ke rasa.
1) membaca sampe ke tahap rasamemahami bacaan quran dan hapal di luar kepala. jadi bacaannya benar-bener masuk ke rasa.jadi ketika bilang " samiallahuliman hamidah." bukan hanya sebatas raga - mulut yang mengucapkan.  tapi paham bener sampe di rasa. 
2) bergerak sampe ke tahap rasaketika sujud. bener-bener sujud. ketika ruku bener-bener ruku. kuncinya ada di tumaninah. diam sejenak diantara gerakan.taruh satu helaan nafas diantara tiap gerakan. helaan nafas ini dipakai untuk menata raga-rasa piki. raga diam. pikir diam. baru rasa bisa sampai. bisa konek. 
latih aja. pelan-pelan.jangan takut untuk berlama-lama. nanti kan akan ketemu nikmatnya.
profile-picture
profile-picture
derik16 dan krx48 memberi reputasi
nunggu day 5 dan selanjutnya mas hehehe
profile-picture
krx48 memberi reputasi
day 5.
jadi tadi udah ya.
1) kenal sama tuhan
2) noto rogo roso pikir dalam hal sarana / prasarana
3) noto rogo roso pikir dalam hal bacaan dan gerak.

ada lagi neh.
ketika bersuci. niatkan bersuci nya lahir dan batin.
baik itu mandi wajib atau pun wudlu.

kaya si Anna, ngomong ke gw " aku mau mandi. mau menyucikan jiwaku."
gw ketawa doang. sambil bilang : isa aee iki orang.

tapi dia bener. ketika berwudlu. jangan hanya bersihkan raga. niatkan untuk membersihkan rasa dan pikir.
nanti kamu jadi bercahaya aura nya.
nanti kotoran2 aura nya bisa ilang.

profile-picture
krx48 memberi reputasi
day 6.
ketika berdoa. kamu awali dengan bersyukur.
terus. ketika berdoa. kamu akhiri dengan apa ?

akhiri dengan ucapan ini :
gusti aku pasrahkan urusan iki marang paduko.
doa diatas ini adalah salah satu doa yang paling powerful.

bacalah setiap hari. sebelum bekerja.
bacalah setiap setelah selesai berdoa.

setelah berdoa. setelah berusaha. sadari. bahwa hasil bukan urusan kamu.
hasil itu urusan tuhan.

ini namanya laku pandito. laku pandito ada beberapa. besok aku bahas lagi.
profile-picture
profile-picture
pisaukaratan dan krx48 memberi reputasi
Quote:


Salam mas. Kan disini d tutup dengan memasrahkan kepada Tuhan. Lantas apa gunanya permohonan-permohonan kita kalau ujung-ujungnya kita pasrahkan semuanya pada Tuhan?

Sepemahaman saya yang namanya pasrah itu ya nerima apa yang diberi mau baik atau buruk, simplenya nerima jadi.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan


من عرف نفسه فقد عرف ربه

“Barang siapa mengenal dirinya, maka dia mengenal Rabb nya”
Numpang mejeng di pejwan..
Ikutan nyimak kang.
Lumrahnya niat manusia ingin yang terbaik untuk diri sendiri .. terlepas dari mampu tidak nya menerima semua yang dimohonkan kepada gusti .. baiknya memang setelah memohon serahkan - pasrah semua yang terbaik untuk diri ini.. belum tentu memohon super baik dan serba sempurna untuk diri ,baik juga dimata gusti .. misal mau mulyo urip belum tentu pas utk diri ini.. pas nya memang sedang2 saja /bahkan miskin ya nerimo aja walau sudah susah payah berusaha .. mungkin lebih baik begitu ketimbang kaya lalu takabur ..positif thinking marang gusti .. yang terpenting diri ini tidak lepas dari status kehambaan ..dan pasti selamat .. ampun gremeng 🤭
Ninggalin jejak dulu puh, biar bisa baca di ulang2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di