CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Rizal Ramli Sebut Jokowi Ungkap SBY Habiskan Rp 100 Miliar untuk Aksi 212
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f97fc899a972e2e82795729/rizal-ramli-sebut-jokowi-ungkap-sby-habiskan-rp-100-miliar-untuk-aksi-212

Rizal Ramli Sebut Jokowi Ungkap SBY Habiskan Rp 100 Miliar untuk Aksi 212


Rizal Ramli bongkar pertemuannya dengan Jokowi.

Pebriansyah Ariefana | Hernawan

Selasa, 27 Oktober 2020 |

Rizal Ramli Sebut Jokowi Ungkap SBY Habiskan Rp 100 Miliar untuk Aksi 212

Presiden Joko Widodo (Dok. Kris-BPMI)

SuaraJakarta.id - Presiden Jokowi mengungkap SBY dalang demo Aksi 411 dan Aksi 212 di Jakarta. Bahkan Presiden Keenam RI itu menjadi sponsor dana demo besar-besaran itu sampai Rp 100 miliar.

Hal itu diungkapkan Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli. Rizal Ramli membongkar pertemuannya dengan Presiden Jokowi jelang Aksi 411 dan Aksi 212 tahun 2016 silam. Itu lah yang diceritakan Jokowi saat itu.

Rizal Ramli bongkar pernyataan itu dalam video bincang-bincang bersama Karni Ilyas yang diunggah lewat kanal YouTube Karni Ilyas Club, Jumat (23/10/2020) lalu.

Aksi 2 Desember atau yang disebut juga Aksi 212 dan Aksi Bela Islam III terjadi pada 2 Desember 2016 di Jakarta, Indonesia di mana sedikitnya ribuan massa kembali menuntut Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penistaan agama. Aksi ini juga dikenal dengan sebutan Aksi Damai 2 Desember.
Rizal Ramli Sebut Jokowi Ungkap SBY Habiskan Rp 100 Miliar untuk Aksi 212
Mantan Presiden ke enam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (Sekretariat Presiden)

Aksi tersebut merupakan peristiwa penuntutan kedua terhadap Ahok pada tahun 2016 setelah unjuk rasa sebelumnya terjadi pada 4 November. Pada awalnya, aksi tersebut rencana diadakan pada 25 November, namun kemudian disepakati diadakan pada tanggal 2 Desember 2016.

Aksi ini dilaksanakan di halaman Monumen Nasional, Jakarta dalam keadaan hujan. Jumlah peserta hadir berkisar antara 200 ribu (klaim polisi) hingga jutaan (klaim penyelenggara). Dari bukti - bukti video yang tersebar di berbagai sosial media dan situs berbagi video melalui tangkapan kamera drone, dapat terlihat bahwa jumlah massa meluas hingga mamadati area Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Pertemuan antara Jokowi dan Rizal Ramli terjadi 2 pekan sebelum demonstrasi besar itu. Saat itu Jokowi merasa pemerintahannya dirong-rong oleh pendemo tersebut.

"Pak Jokowi nanya ke saya, mas siapa yang di belakang aksi 411 dan 212?" kata Rizal Ramli menirukan Jokowi.

Jokowi cerita berdasarkan laporan intelijen demo itu akan dihadiri sampai 3 juta orang di Jakarta. Lalu Jokowi juga bilang, menurut intelijen, demo itu ada bandarnya.
Rizal Ramli Sebut Jokowi Ungkap SBY Habiskan Rp 100 Miliar untuk Aksi 212
Ratusan massa yang menggelar aksi unjuk rasa bertajuk 'Aksi 212 Berantas Mega Korupsi Selamatkan NKRI', sudah berada di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakart Pusat, Jumat (21/2/2020). (Suara.com/Yosea Arga)

"Jokowi bilang kayaknya berdasarkan laporan intelijen ini massa bakal turun 2-3 juta. Pasti itu ada bandarnya. Iya kan. Menurut intel ada bandarnya" imbuhnya.

Saat ditanya Rizal Ramli soal siapa yang mendalangi aksi unjuk rasa tersebut, Jokowi jelas mengatakan bahwa SBY lah dalangnya.

Menurut informasi yang dituturkan Rizal Ramli, Jokowi mengatakan bahwa SBY menghabiskan biaya Rp 100 miliar untuk mendukung jalannya aksi tersebut.

"SBY, ngabisin Rp 100 miliar," kata Rizal Ramli menirukan ucapan Jokowi***

https://jakarta.suara.com/read/2020/...i-212?page=all
profile-picture
profile-picture
Azura1308 dan nomorelies memberi reputasi
jir maen catut nama presiden apa ga bahaya itu? emoticon-Hammer (S)
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ad bbrp kmgkinan:
- bisa benar raja baper dalang ny

- bisa jg RR mau adu domba

Yg bener y mana, ntah deh, smg aman n damai negara kita tercinta
profile-picture
profile-picture
ariekurangmetal dan nomorelies memberi reputasi
100 m diembat siapa tuh ?

sementara yg ikut aksi bela islam 212 cuma makan roti maida 3 biji dan sebotol air
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Emmberremoticon-Leh Uga
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Bener g ya
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
RR knp sllu bnyk berkoar setelah ditendang?
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
gw kira cuma narasi buzzer2nya yg tau sendiri demen nyalahin dan fitnah, ternyata disuplai dari atas.

gw setuju kata RR, Joko dikibulin Luhut, pantesan aja dia pontang panting ngacir.

profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Jokowi nanya ke rizal, rizal nanya balik ke jokowi, dan hasil saling tanya tsbt si kebo bandarnyaemoticon-Ngakak
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Selama tak ada bukti rekaman suara,ane rasa rr cuma keluarkan statenent emoticon-Hoax

Ane lbh percaya yg byr in demo 212 itu jl&cendanaemoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan novriexx memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
anjay RR
laporan intelejen kok ada kata "kayaknya"
emoticon-Big Grin
Kalo bener, kasian juga si pepo emoticon-Leh Uga udh keluar duit banyak buat lengserin ahok, ehhh anaknya nyalon gagal
Jangan salinh menuduh kalo ga ada bukti!
100M bukan jumlah yang sedikit lhoo..masak mau direlain begitu saja???ane yakinn gak akan kata ikhlas merelakan uang 100M ini hanya demi membiayai orang demo yang tak ada ujung hasil yang pastii..
Kalo Jokowi merasa ucapan RR tidak benar, jokowi bisa menuntut ke pengadilan atas penyebaran fitnah, tapi kalau jokowi diam saja, berarti yang dikatakan RR benar, bahwa jokowi memang menuduh SBY adalah dalang dari demo2 yang terjadi
Ga etis si RR ngebocorin pembicaraan empat mata.

Demi meraih simpati, sampe segitunya si RR. Kan tai
Ini mau kasih tau dia deket dengan jokowi atau mau nyindir sby..

Bingung saya emoticon-Big Grin


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di