CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Story / ... / Stories from the Heart /
Fresh Graduate.. Harus kemana ??
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f97d668349d0f3e590981e0/fresh-graduate-harus-kemana

Fresh Graduate.. Harus kemana ??

Fresh Graduate.. Harus kemana ??
Sumber: Google

Perputaran waktu yang tak pernah henti memang akan selalu membuat setiap individu bertanya-tanya. Jadi apakah saya nanti, apa yang harus saya lakukan setelah ini dan apa saya bisa membuat orang tua saya bangga. Begitulah pertanyaan-pertanyaan template selalu yang menghantui.

   Terlebih lagi adalah ketika kita terus menyadari bahwa susah payahnya kedua orang tua kita sudah bersusah payah untuk menyekolahkan kita dari TK, SD, SMP, SMA, bahkan Kuliah. Jelas sekali itu sangat menjadi beban pikiran ketika kita sudah menyandang gelar Sarjana tapi tetap masih dirumah aja tanpa menghasilkan uang.

     
Mencari pekerjaan kesana kemari memang tidak mudah. Sekalinya dapat, bahkan pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan yang kita inginkan sehingga timbul dilema apakah terus bertahan atau resign. Jika bertahan akan tertekan dan jika resign akan bingung kemana setelahnya.

Kembali lagi bahwa mencari pekerjaan memang tidak sebercanda itu gan. Terlebih lagi adalah ketika kita tidak punya pengalaman kerja atau pengalaman kerja kita sama sekali dianggap tidak mempengaruhi perusahaan tujuan tentu semakin sulit.


Bicara tentang dunia pekerjaan membuat saya terus berpikir, bahwa siapa yang salah terhadap semua ini. Apakah pemerintah yang tidak menyediakan lapangan pekerjaan sebanding dengan jumlah para pencarinya, atau apakah perusahaan yang terlalu sadis untuk menyeleksi calon karyawannya.

Jawabnya akan terlihat ketika kalian terus dihadapkan dengan uji psikotes dan interview di suatu perusahaan. Selalu saja yang dijadikan bahan pertimbangan adalah sebuah pengalaman. Selain itu juga biasanya perusahaan melihat dari lulusan kampus manakah kita dan barulah setelah itu mempertimbangkan secara nilai. Jangan harap ingin menampilkan kebolehan atau keterampilan gan karena hal itu tidak akan diuji langsung ketika itu, lain halnya kalau kalian sudah masuk ke tahap interview user.


          Padahal menurut ane seperti ini gan, apabila ada kandidat / calon pekerja baru yang berasal dari Universitas terkemuka dengan Universitas biasa saja tetapi dengan jurusan atau fakultas yang sama, kemudian ditempatkan pada satu tempat dan jobdesk yang sama pula, kemudian mereka dilatih dan ditempa dengan kekuatan yang sama. Apakah bisa menjamin bahwa mereka yang berasal dari Universitas terkemuka akan memiliki kinerja yang lebih baik nantinya ? padahal belum tentu.

     

Tetapi yang sangat disayangkan sekali bahwa sangat sedikit perusahaan yang mau meluang kan waktu, tenaga bahkan biaya untuk melatih sehingga mereka ambil nilai unggul saja ya itu asal Universitas tertentu yang terkemukalah yang akan lebih dijadikan bahan pertimbangan.

Lain lagi halnya ketika mereka para kandidat fresh graduated dihadapkan dengan kandidat yang berpengalaman. Apakah nantinya yang berpengalaman akan memiliki kinerja yang lebih baik ? Iya mungkin saja demikian. Lalu jika seperti itu bagaimanakah nasib ribuan bahkan mungkin jutaan fresh graduated setiap tahunnya?

Jawabannya yaitu sabar dan terus berusaha gan jangan lupa diiringi dengan do’a. Rajin-rajinlah mengikuti semua jobfair yang ada dari media ataupun event-event jobseeker. Yakinlah bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasilnya. Semangat !!!




Salam hangat dariku : nutracker
Diubah oleh nutracker
Knp perusahaan ga mau effort buat training org apalagi di generasi skrg?

Ya krn tau, bnyk (ga semua) yg mentalnya kutu loncat, opportunis

Bagus sih, tp ga secepat itu

Baru pinter 6 bln dah cabut cari yg ksh gaji gede..

Baru freshgrad udh ekspektasi tinggi sekali...

Ane bkn HRD sih, tp pas dulu2 ane sering wawancara HRDnya suka "ngeluh" gtu

Generasi skrg opportunis, ambisius, tdk loyal, instant... Dlm arti negatif

#


Untuk univ terkemuka atau akre bagus jd pertimbangan krn univ yg proper pasti ada fasilitas buat menunjang orang untuk siap bekerja

Apalagi klo institut atau pendidikan khusus
profile-picture
nutracker memberi reputasi
Diubah oleh 3770372
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
kebanyakan yang mempersulit fresh graduate dalam melamar kerja persyaratan memiliki pengalaman minimal 1 tahun dan harus linear dengan jobdesk yang dilamar juga magang tidak dianggap pengalaman kerja
profile-picture
nutracker memberi reputasi


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di