CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PT Dirgantara Diduga Berikan Upeti untuk Pejabat Kemenhan sampai TNI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f963067f4d695307f3ea2e7/pt-dirgantara-diduga-berikan-upeti-untuk-pejabat-kemenhan-sampai-tni

PT Dirgantara Diduga Berikan Upeti untuk Pejabat Kemenhan sampai TNI

PT Dirgantara Diduga Berikan Upeti untuk Pejabat Kemenhan sampai TNI

PT Dirgantara Indonesia diduga memberikan upeti atau uang ke sejumlah pejabat di Kementerian Pertahanan, TNI, dan lembaga negara lainnya sepanjang 2008-2016.

Seperti dikutip dari investigasi Majalah Tempo edisi Sabtu, 24 Oktober 2020, Total upeti mencapai Rp 178,98 miliar. Duit itu merupakan imbalan atas 79 kontrak dari pemberi kerja, lembaga pemilik anggaran yang disebut sebagai "end user", yang sebagian di antaranya untuk pengadaan pesawat dan helikopter.

Dalam salah satu berkas yang berjudul “Proyek helikopter Bell 412EP Kemenhan-TNI AD APBNP 2011" tertulis nama mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan , Marsekal Madya Eris Herryanto. Di kolom uang tercatat Rp 250 juta.

Dalam dokumen berbeda, ada juga nama Jenderal Moeldoko, yang menjabat KSAD selama tiga bulan pada 2013– kini Kepala Staf Kepresidenan. Pada kolom uang, tertera angka Rp 1 miliar. Di bawah Moeldoko, berderet nama perwira lain beserta jumlah duit, dari puluhan hingga ratusan juta rupiah. Angka total untuk “Markas Besar Angkatan Darat" Rp 2,35 miliar.

Pelaksana tugas juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri, mengatakan lembaran berkas tersebut sudah dikantongi lembaganya. KPK mendapatkannya dari perusahaan rekanan PT Dirgantara ketika mengusut korupsi di perusahaan pelat merah bidang penerbangan ini.

"Uang dari PTDI yang dikeluarkan untuk mitra dan digunakan lagi untuk berbagai kebutuhan tersebut akan ditelusuri lebih lanjut oleh penyidik," kata Ali seperti dikutip dari Majalah Tempo edisi 26 Oktober-1 November 2020.

Ali enggan menyebutkan nama-nama penerima aliran dana tersebut. Menurut dia, penyidik masih berfokus merampungkan pengusutan korupsi pengadaan pesawat dan helikopter oleh PT Dirgantara. Sudah ada enam tersangka yang dijerat dengan kerugian negara mencapai Rp 202,19 miliar dan US$ 8,6 juta, atau totalnya mencapai Rp 303 miliar. "Untuk siapa-siapanya, nanti akan dibuka di persidangan oleh penuntut umum," ujar Ali.

Adapun Eris Herryanto membantah menerima duit sebagaimana tertulis dalam catatan. “Jangan memancing saya mengomentari berita yang saya sendiri tidak akui. Sekjen bukan pejabat yang menentukan, kenapa harus terima uang? Lebih baik ke Kemhan saja untuk dapat data akurat," katanya.

Budiman juga mengatakan tidak pernah menerima setoran dari PT Dirgantara Indonesia ataupun rekanannya. "Tidak pernah sama sekali karena memang kami tidak mau," ujar Budiman, yang belakangan menjadi KSAD sebelum digantikan Moeldoko.

Sanggahan juga disampaikan Moeldoko. “Saya jadi KSAD hanya tiga bulan, tidak sempat mengurusi pengadaan," ucapnya, "dan pastinya saya juga sudah tidak ingat."

Bagaimana duit dari PT Dirgantara Indonesia diduga mengalir ke Kementerian Pertahanan dan TNI? Baca selengkapnya di Majalah Tempo: Upeti Dirgantara Buat Tentara.

PT Dirgantara Diduga Berikan Upeti untuk Pejabat Kemenhan sampai TNI
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rakusentai dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
mulkodok kakak pembinanya bujer cebong nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
HadesManes dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
wih ngeri
klo skrg bisa kena g ya




momen yg paling epic itu pas banting jam tangan rolex kw

edit: ternyata jam tipe Richard Mille RM 011 Felipe Massa Flyback Chronograph "Black Kite"
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
egag.logika dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh hantupuskom
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
kalo di pilem" .. . namanya pejabat militer selalu ad konspirasi dg produsen senjata . .
profile-picture
winterofsahara memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan

Eww 1 miliar, seru nih ring 1 ada yg kesandung..

Blowjob kpk emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
winterofsahara dan korengkering memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
gwa ragu sama KPK sekarang, apalagi menyangkut ring 1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Beuhhh seru nih, ada nama gatot gak kira2? emoticon-Big Grin
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Percuma tempo kerja sendirian investigasi... Walaupun ada bukti kalau sama KPk yg sekarang ane ragu bakalan ditindak lanjuti
profile-picture
8komander memberi reputasi
jadi ingat nurtanio .. ahai wala wala
Ingat.... KPK sekarang dilarang buat Gaduh... Demi stabilitas ekonomi biar meroket emoticon-Ngakak
profile-picture
8komander memberi reputasi
Biasa itu, sebatas terimakasih.
profile-picture
balineseryuu memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Itu bagian dari investasi, dan KPK yg sekarang pro investasi... emoticon-Wakaka
apa berani KPK audit TNI?
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Salah satu penyebab BUMN busuk
Institusi tabu emoticon-Big Grin
Audit = mengumbar rahasia negara loh emoticon-Big Grin

Tp mang bener sih.. misal beli pespur dgn list rudal, peluru n suku cadang sekian2 emoticon-Big Grin

Dan skrng dokumen ini mau diaudit secara nasional? emoticon-Big Grin

profile-picture
balineseryuu memberi reputasi
Diubah oleh ruuuruuu
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Yang ijo2 selama ini sulit tersentuh


emoticon-Angkat Beer
profile-picture
balineseryuu memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
arahnya ke jendral sp lagi nih.. wkwk
Jadi inget jam richard mille
ayo di periksa aja..kan itu uang rakyat
hadeh TEMPO kok berani2 nya? Gunawan Mohamad udah insyap kah jadi bujerRp...?
Nikmat sekali jd pejabat di rezim ini.. apalagi kpk udah impoten
profile-picture
8komander memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di