CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
belajar mandiri pada saat dirumah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f961029337f937bdc2fcff3/belajar-mandiri-pada-saat-dirumah

belajar mandiri pada saat dirumah


Spoiler for belajar mandiri pada saat dirumah:




Pada saat ini semua merasakan adanya sebuah bencana epidemi yang sifatnya global. Hampir seluruh negara kena dampak dari tersebarnya virus COVID-19, Penyebaran virus ini berjalan secara masif. Kasus mengenai virus corona ini semakin hari kian bertambah banyak yang kena wabah ini. Untuk itu, salah satu usaha yang bisa kita lakukan untuk memutus penyebaran wabah ini adalah dengan cara beraktifitas dari rumah saja. Keadaan itu pun membuat kebanyakan sekolah memindahkan kegiatan belajar ke rumah masing-masing siswa. Saat-saat seperti ini lah yang perlu dimanfaatkan dengan baik untuk belajar. Memaksimalkan waktu yang ada dengan tetap mengisi dengan kegiatan belajar agar tetap bisa mengisi kegiatan yang bermanfaat.

Spoiler for kegiatan belajar:



kali ini kita akan membahas mengenai belajar mandiri pada saat dirumah karena keadaan sekarang memaksa kita untuk beraktifitas di rumah saja, jadi kita harus lebih mandiri untuk belajar sendiri, nah kita sudah merangkum beberapa cara untuk bisa belajar mandiri, ini dia caranya;


Spoiler for ini dia caranya:



Lebih berinisiatif dengan melibatkan orang lain, merupakan bagian dari kemandirian. Dalam konteks belajar di rumah, kamu bisa melakukan inisiatif dengan melibatkan orang lain dalam proses belajar kamu. Orang lain dapat berguna sebagai orang yang bisa mengevaluasi pemahaman kamu terhadap sebuah materi pelajaran. Suasana rumah yang mungkin terlalu nyaman bisa membuat kamu ingin bermalas-malasan lebih ekstra. ya walaupun tidak semua orang sama jika bukan kamu orangnya selamat Anda bukanlah orang yang pemalas, Kamu juga bisa lanjut fokus kepada proses belajar. Tapi buat kamu yang merasa permasalahan ini, tentu kamu butuh bantuan orang lain untuk bisa lebih fokus belajar di rumah. Dengan adanya orang lain di sekitar kamu, kamu merasa diawasi sehingga kamu terhindar dari rasa malas dan keinginan untuk menunda pekerjaan.

Spoiler for menunda pekerjaan:



Konsentrasi, adalah hal yang penting dalam belajar yang hendak kamu lakukan adalah silahkan buat to-do list, menu belajar, dan jika sudah melibatkan orang lain, konsentrasi adalah tips terakhir yang bisa kamu terapkan. Jauhkan perhatian kamu dari benda-benda yang sekiranya menciptakan distraksi. Seperti game di ponsel atau konsol kesayangan kamu, media sosial atau film yang tak sabar ingin kamu tonton, karena kondisi jika kita berada dirumah hal - hal semacam itu sangat mengganggu kita dalam belajar dan membuat konsentrasi kita dalam belajar menjadi buyar. Tanamkan dalam diri bahwa semua itu bisa kamu sentuh setelah kegiatan belajar ini selesai dan anggap saja kamu jadikan hadiah kecil kalau kamu berhasil belajar dengan baik dalam satu hari. Untuk itu, konsentrasi lah dalam belajar mandiri di rumah maka kamu akan dapat hadiah yang sudah kamu siapkan.



Spoiler for belajar mandiri:



Buat Menu Belajar, menu belajar memang penting, tapi jangan lupa kalau kamu butuh istirahat. Ini adalah salah satu menu yang perlu kamu siapkan kalau ingin belajar secara mandiri, yaitu waktu belajar. Dari situ kamu bisa atur berapa lama kamu akan belajar dan berapa lama kamu boleh beristirahat diantara waktu-waktu belajarmu. Tapi jangan sampai keasyikan istirahat, bisa-bisa kegiatan belajar kamu jadi terlupakan dan terbengkalai. Maka dari itu perlu untuk kamu untuk membuat jadwal belajar. Dalam seminggu kamu akan belajar apa saja dan dimana kamu akan menempatkan waktu beristirahat. Nah bersiaplah untuk membuat menu belajar sendiri ya agar mandiri dan menu belajar yang dipersiapkan adalah waktu belajar. Menu lainnya adalah menentukan tujuan belajar dan memberi nilai pada diri sendiri.


Spoiler for Menu lainnya:



Atur waktu belajar dengan baik, memang dengan mengatur waktu supaya bisa digunakan dengan baik, maka kita harus bisa menentukan mana yang jadi prioritas utama. Kalau dalam satu hari kamu punya banyak hal yang harus dikerjakan, kamu bisa buat to-do list yang sebelumnya sudah kita bahas dengan menuliskan apa saja yang harus kamu kerjakan dalam satu hari kamu bisa menentukan apa yang harus kamu buat hari ini, prioritas pekerjaan apa yang harus dikerjakan dan diselesaikan terlebih dahulu. Kemudian, kamu bisa urutkan mulai dari kegiatan berskala prioritas tinggi, hingga yang paling tidak penting atau prioritasnya rendah. Ingat, yang gak kalah penting dari mengatur waktu belajar adalah disiplin sama “to-do list” yang telah kamu buat.

Spoiler for tonton video nya agar lebih jelas:



Segini dulu pembahasan kita belajar mandiri pada saat dirumah semoga bermanfaat, materi diatas juga bisa di download dan berbentuk file pdf, silahkan di klik belajar mandiri pada saat dirumah untuk mendapatkan filenya.



Thanks udah nyimak,, salam dari kami belajar ilmu 
emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
secondstriker06 dan MalindraNovan memberi reputasi
emoticon-Toast nih gan cendolnya
Sayangnya malah lebih susah ya belajar mandiri di rumah, anak-anak malah lebih suka main-mainan aja


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di