Sejarah Trooper 1981 - 2003
Mungkin tidak semua penggemar atau pecinta Trooper mengetahui bahwa Isuzu Trooper, atau di Indonesia lebih dikenal dengan Chevrolet Trooper, adlah Mid size Sport Utility Vehicle (SUV) buatan Jepang pertama yang diekspor ke seluruh dunia sejak diproduksi antara tahun 1981 - 2003, dan dengan menyandang beberapa nama seperti: ISUZU Trooper, ISUZU Bighorn, HONDA Horizon, Acura SLX, sementara di Indonesia dan beberapa negara Amerika lainnya diberi label CHEVROLET Trooper, di Australia disebut HOLDEN Jackaroo, di Inggris disebut Vauxhall dan di Jerman disebut OPEL Monterey. Sambutan masyarakan untuk SUV ini sungguh luar biasa terutama untuk segmen Mid Size SUV.
Ada 2 generasi Trooper yang beredar di dunia, yaitu generasi pertama yang diproduksi antara tahun 1981 - 1991, serta generasi kedua yang diproduksi antara tahun 1992 - 2002. Setelah tahun 2002 Isuzu menghentikan produksinya untuk basis model ini. Pada awalnya SUV ini dimulai dengan produk yang masih sangat primitif yang hanya dengan mesin Diesel 4 silinder standar dan dengan mengandalkan transmisi manual 4 percepatan dan sistem berpenggerak 4 roda (4WD) Part Time. Karena reaksi pasar yang sangat bagus, generasi pertama ini kemudian dikembangkan menjadi lebih mewah dan menawarkan lebih banyak fitur menarik lainnya seperti mesin V6 dengan kapasitas yang lebih besar, serta dengan model yang lebih bagus dan halus dengan pilihan penggerak roda belakang (2WD) dengan as roda yang lebih panjang.
Spoiler for GENERASI PERTAMA TROOPER (1981 - 1991):
Generasi pertama diluncurkan dengan pilihan 3 atau 5 pintu dengan suspensi belakang solid axle serta sistem suspensi depan yang independent. Mesin pada awal produksi menggunakan mesin diesel 2.0L dan 2.2L yang belakangan diketahui sangat kurang bertenaga untuk bobot kendaraan kosong yang cukup berat, sekitar 3,700 lbs atau 1.7 ton. Penggerak empat roda (4WD) dapat diaktifkan dengan menggeser posisi tuas penggerak roda depan ke posisi aktif atau non-aktif bersamaan dengan pengaktifan tuas transmisi percepatan reguler-nya
.
1986. Isuzu memperkenalkan varian dengan mesin 2.3L yang mampu menghasilkan 112 dk atau sama dengan 102 kW.
1987. isuzu memperkenalkan mesin 4ZE1 Fuel Injection dengan kapasitas 2.6L bensin 4 silinder segaris dengan pilihan transmisi manual serta transfer case dengan low range gear ratio 2.28 : 1, atau transmisi otomatis dengan ratio transfer case 2.66 : 1. lampu utama berbentuk bulat diganti dengan lampu berbentuk persegi empat.
Sebagai SUV pendatang di Amerika pada saat itu dan untuk mencapai market share yang lebih baik, selama masa promosi ISUZU Amerika menghadirkan Trooper II. Dan dalam usahanya meraih pangsa pasar yang lebih baik lagi dan untuk menyesuaikan harga jual, ISUZ menambahkan jok belakang pada Trooper.
Selanjutnya generai pertama Trooper ini memiliki pilihan transmisi 4 percepatan otomatis, sedangkan untuk mesin V6 diadopsi dari produksi General Motors (mesin 2.8L pushrod V6) dan dikombinasikan dengan differential gear 4.77 : 1.
1989. Versi short wheelbase dirilis di Amerika Serikat dengan mengusung mesin 2.6L Fuel Injection 4 silinder dengan differential gear 4.77 : 1 yang ditawarkan dengan pilihan transmisi otomatis dan manual.
Pada tahun 1989 ini generasi pertama ISUZU Trooper dimulai di Amerika Tengah dengan versi yang lebih kecil dan diproduksi dengan atap yang dapat dibuka tutup (rag top), dan dengan ground clearance yang lebih tinggi. ISUZU yang paling populer adalah versi 2.8L Turbo Diesel.
Model tahun 1988 - 1991 memiliki rasio standar untuk differential gear 4.555 : 1 yang dilengkapi dengan 10-bolt 17-spline front IFS differential, serta ISUZU 12-bolt live rear axle dengan 4-wheel disc brakes. Dan untuk versi ini, tersedia juga 2 pilihan locker, Manual Free Locker buatan AISIN serta Auto Hub Locking buatan ISUZU sendiri, serta opsi Limited Slip Differential (LSD) clutch dengan kode 'G80'.
Versi luar negeri yang tidak dirilis di Amerika Serikat pada waktu itu termasuk ISUZU dengan mesin 4JB1 dan 4JB1-T Diesel 2.8L 4 silinder inline (kode 'T' menunjukkan bahwa mesin telah dilengkapi dengan Turbo Charger).
Pada tahuin 1988 - 1991, Trooper dengan mesin 2.6L (4ZE-1) dengan Transmisi Otomatis telah dipasangi Manual Locking Hubs.
Spoiler for GENERASI KEDUA TROOPER (1992 - 2003):
1991. ISUZU mendesain ulang bentuk body Trooper dan mulai diperkenalkan di Jepang dengan ukuran yang lebih besar dari generasi pertama dengan berat 4,510 lbs. Generasi kedua ini menggunakan mesin berkapasitas 3.2L Single Overhad Cam (SOHC) berkekuatan 172 dk, serta tipe Dual Overhead Cam (DOHC) berkekuatan 190 dk.
1992. Australia merilis versi Trooper yang dikenal dengan nama HOLDEN Jackaroo. Dilengkapi dengan 'pushrod overhead valve' (OHV) 3.1L Intercooled Turbo Diesel (4JG2-T) berkekuatan 203 dk pada 3,600 RPM dan torsi 260 Nm (212 lbs.ft) pada 2000 RPM. Selain versi diesel, juga terdapat opsi lainnya dengan mesin bensin berkapasitas 3.2L. Mesin diesel yang dipakai di Jackaroo hanya menyediakan percepatan 5 speed manual dengan Manual Free Lock Hub AISIN. Mesin yang sama juga tersedia di Inggris dan negara lainnya dengan menggunakan belt-driven OHC, yang dikembangkan untuk mendapatkan tenaga mesin yang lebih baik lagi.
1994 - 1999. Di rentang waktu ini, ISUZU dan HONDA mempunyai perjanjian joint venture dan bekerja sama untuk saling mengisi area produksi. HONDA juga menjual Trooper di Jepang dengan nama HONDA Horizon dan di Amerika Serikat dari 1996 - 1999 yang dijual dengan nama Accura SLX.
1996. Pada tahun ini dirilis model SE Limited dengan mesin 3.2L SOHC berkekuatan 190 HP, menggantikan mesin versi sebelumnya yang dirilis pada tahun 1991. Dan untuk model yang dikeluarkan pada tahun ini dan setelahnya, seluruhnya telah menggunakan On The Fly Shift Engagement. Hampir seluruh model kecuali model tahun 1996 dan sesudahnya masih menggunakan Part Time 4WD drive system yang mengharuskan pengendara untuk berhenti terlebih dahulu sebelum atau setelah mengaktifkan axle pada roda depan.
1998. Trooper di Amerika Serikat telah dilengkapi dengan mesin DOHC 3.5L berkekuatan 215 dk. Sedangkan untuk versi Eropa dan Asia terdapat pilihan dengan mesin diesel berkapasaitas 4.0L serta 3.1L (4JG2). (Berikutnya mesin 4JG2 ini digantikan dengan mesin yang lebih problematik yaitu 4JX1 3.0L).
2000. Borg-Warner Torque on Demand system yang diperkenalkan pada tahun ini mampu menyediakan setting 'All Wheel Drive'.
2002. Pada tahun ini, ISUZU mendesain mesin 3.5L yang tersedia untuk truk karena adanya komplain mengenai oli yang terbakar dan berkuran sehingga menyebabkan kekhawatiran akan rusaknya mesin. Oli bocor melalui ring piston pada saat mesin bekerja normal serta berkurangnya oli hingga 2 kaleng ketika mencapai interval pengoperasian 5000 mil atau 8000 km, menyebabkan adanya perbaikan untuk model tahun 2002.
Transmisi untuk model ini telah dipersenjatai dengan transmisi 5 percepatan manual serta Electronically Controlled Four Speed Automatic. Versi otomatis baru akan bertenaga ketika shift points bekerja pada RPM yang elbih untuk mendapatkan tenaga yang lebih besar apda kemampuan mesin. Jenis transmisi pintar ini juga mempunyai 'winter' mode yang membuat transmisi melakukan 'start off' pada gear yang ke-tiga untuk menambah stabilitas pada kondisi jalan yang licin untuk menghindari slip dan tergelincirnya roda. Transmisi 4 percepatan otomatis ini disebut sebagai 4L30E dan dibuat oleh General Motor Powertrain di Strasbourg, Perancis. Trooper 2000 dan 2002 termasuk Trooper yang diberi nama 'Grade Logic' yang membuat transmisi secara otomatis akan menurunkan gearnya pada daerah yang curam untuk menurunkan kecepatan kendaraan.
Suspensi sudah mengandalkan 'Fully Independent Front Suspension' dan juga telah menggunakan 'Multi Link Rear Suspension' untuk melayani axle pada roda belakang.
Di Eropa dan Inggris ditawarkan versi 7 tempat duduk dengan 3 pintu, namun di Amerika Serikat sendiri Trooper hanya menawarkan model versi 5 pintu dengan 5 tempat duduk. Tempat duduk untuk 7 penumpang juga ditawarkan oleh versi Vauxhall dan Monterey.
Opsi yang terdapat pada model ini adalah penambahan 'Limited Slip Differential' (LSD) serta 'skid plates' pelindung tangki bahan bakar, transfer case dan juga Automatic Locking Front Hub sebagai perlengkapan standar (hingga Shift On the Fly diperkenalkan). Point Hub Flanges baru dipergunakan pada tipe ini.
Pada tahun 2003 Trooper tidak lagi diproduksi.
Mesin Isuzu Trooper Generasi I & II
Berikut ini adalah beberapa mesin yang pernah digunakan di Trooper generasi Pertama maupun generasi Kedua yang dirilis di berbagai negara di dunia, termasuk di antaranya di Indonesia.
C223 Diesel (UBS-52)
C223 Diesel muncul bersamaan dengan kelahiran Isuzu Bighorn/Trooper di tahun 1981 dengan kode produksi UBS52. Mesin ini termasuk jenis yang sangat terkenal karena kehandalannya. Tenaga dan torsi yang dimiliki cukup kuat untuk Trooper jenis 3 pintu, namun pada Trooper 5 pintu yang karena bobotnya yang lebih berat, maka tenaga mesin ini dirasakan sangat kurang.
Spoiler for Specification:
Kode Mesin: C223 Diesel - Indirect Injection
Tahun Produksi: International (1981-1986), Indonesia (1984-1990), USA (1984-1986)
Jumlah silinder: 4 segaris
Diameter x Langkah (mm): 88 x 92
Volume mesin (cm3): 2,238
Rasio Kompresi: 21.0
Daya (kW, (HP)/(r/min): 45(61)/4,000RPM
Torsi (N-m, (kg-m)/(r/min): 130(13.3)/2,200RPM
C223-T Diesel Turbo (UBS-52)
Diperkenalkan pertama kali di Jepang dan menjadi optional dari mesin standard C223. Mesin ini memiliki kemampuan dan torsi yang lebih baik dari tipe non-turbonya dan memungkinkan Isuzu memasangkannya dengan gearbox MSG5E yang memiliki rasio gigi yang lebih tinggi. Turbo yand dipakai adalah Garret generasi awal (AirResearch). Mesin ini memiliki sensitifitas yang lebih tinggi terhadap sistem pendinginan, sehingga radiator yang digunakan adalah type triple core.
Spoiler for Specification:
Kode Mesin: C223-T (Turbocharged) - Indirect Injection
Tahun Produksi: International (1984-1987), USA (1984-1986)
Jumlah silinder: 4 segaris
Diameter x Langkah (mm): 88 x 92
Volume mesin (cm3): 2,238
Rasio Kompresi: 21.0
Daya (kW, (HP)/(r/min): 53(71)/4,000RPM
Torsi (N-m, (kg-m)/(r/min): 170(17.3)/2,200RPM
G200Z Bensin (UBS-13)
Selain dari C223 diesel, tipe mesin ini juga muncul bersamaan dengan kelahiran Bighorn/Trooper di tahun 1981. Tipe ini merupakan penyederhanaan dari varian DOHC yang dipakai Isuzu 117 Coupe GT. Kelas terbesar dari mesin bensin Isuzu G-series yang terkenal di kelas sedan dan coupe Isuzu pada tahun 1970-an. Teknologi yang masih sederhana membuat mesin ini tidak dikembangkan lebih lanjut pada Trooper.
Spoiler for Specification:
Kode Mesin: G200Z
Tahun Produksi: International (1981-1983), USA (1984-1985)
Jumlah silinder: 4 segaris SOHC
Diameter x Langkah (mm): 87 x 82
Volume mesin (cm3): 1,949
Rasio Kompresi: 8.4
Daya (kW, (HP)/(r/min): 61(81)/4,000RPM
Torsi (N-m, (kg-m)/(r/min): 140(14.3)/3,000RPM
4ZD1 Bensin (UBS-16)
Mesin bensin yang menjadi pengganti tipe G200Z memiliki potensi untuk menghasilkan tenaga hingga 200 BHP yang sangat ideal untuk Trooper 3 pintu. Namun pada Trooper 5 pintu yang memiliki bobot yang lebih besar dan berat, membuat performa dan efisiensi pemakaian bahan bakar pada mesin ini menurun. Di Indonesia pada beberapa kasus, mesin ini mudah cepat panas/overheat dan mengakibatkan cylinder head melengkung.
Spoiler for Specification:
Kode Mesin: 4ZD1
Tahun Produksi: International (1984-1986), Indonesia (1991-1995), USA (1986-1987)
Jumlah silinder: 4 segaris SOHC
Diameter x Langkah (mm): 89 x 90
Volume mesin (cm3): 2,250
Rasio Kompresi: 8.3:1
Daya (kW, (HP)/(r/min): 82(110)/4,600RPM
Torsi (N-m, (kg-m)/(r/min): 170(17.3)/2,600RPM
4ZE1 Bensin (UBS-17)
Mesin ini menjadi pengganti dari tipe 4ZD1 dengan sistem pengapian elektronik dan kapasitas yang lebih besar, dan menjadikan mesin ini lebih efisien dan bertenaga. Namun dilain sisi, sistem elektronik juga menjadi kelemahan tersendiri di dalam perlindungannya terhadap air dan daya tahan di medan offroad. Mesin ini digunakan secara luas berbarengan dengan varian diesel 4JB1-T, termasuk untuk RS US-Spec dan Irmscher Special Edition.
Spoiler for Specification:
Kode Mesin: 4ZE1
Tahun Produksi: International (1987-1991), USA (1987-1991)
Jumlah silinder: 4 segaris SOHC EFI
Diameter x Langkah (mm): 93 x 95
Volume mesin (cm3): 2,559
Rasio Kompresi: 8.3:1
Daya (kW, (HP)/(r/min): 89.5(120)/4,600RPM
Torsi (N-m, (kg-m)/(r/min): 190(19.9)/2,600RPM
4JB1-T Turbo Diesel (UBS-55)
Mesin ini merupakan andalan Isuzu pada medio akhir tahun 1980-an yang terkenal dengan tenaga dan efisiensinya. Digunakan secara luas pada hampir semua tipe, kecuali pada pasar Amerika dan Indonesia. Penambahan intercooler ditemui mulai dari tahun 1988 pada tipe Irmscher Special Edition dengan tenaga yang sedikit lebih besar dibandingkan versi standarnya. Sudah dilengkapi dengan sistem EGR (Exhaust Gas Recirculation) yang memungkinkan mesin ini lulus pengujian emisi di Eropa.
Spoiler for Specification:
Kode Mesin: 4JB1-T Turbocharged
Tahun Produksi: International (1987-1991)
Jumlah silinder: 4 segaris Direct Injection
Diameter x Langkah (mm): 93 x 102
Volume mesin (cm3): 2,771
Rasio Kompresi: -
Daya (kW, (HP)/(r/min):Non Intercooler 82(110)/3,600RPM, Intercooler: 86(115)/3,600RPM
Torsi (N-m, (kg-m)/(r/min): Non Intercooler 230(23.5)/2,000RPM, Intercooler: 240(24.5)/2,000RPM
GM 2.8L Bensin
Mesin yang diproduksi oleh General Motor dan secara khusus dipakai di Isuzu Trooper US-Spec. Memiliki daya tahan dan tenaga yang sedikit lebih baik dibandingkan versi 4 silinder tetapi dengan konsumsi bahan bakar yang lebih boros. Biasa dipasangkan dengan transmisi otomatis 4L30E yang (menurut pemakaiannya di US) tidak memiliki daya tahan yang baik.
[SPOILER=Specification]
Kode Mesin: GM 2.8L LL2
Tahun Produksi: USA (1987-1991)
Jumlah silinder: 6 konfigurasi V
Diameter x Langkah (mm): 89 x 76
Volume mesin (cm3): 2,827
Rasio Kompresi: -
Daya (kW, (HP)/(r/min): 101(135)/5,000RPM
Torsi (N-m, (kg-m)/(r/min): 224(22.9)/3,600RPM
4JG2-T Turbocharged (UBS-69)
Merupakan mesin penerus dari 4JB1-T dan dipasangkan dengan Trooper/Bighorn generasi Kedua. Pengembangan dari seri 4JG1 yang merupakan Direct Injection, pada 4JG2 dikembalikan menjadi sistem Indirect Injection. Peningkatan tenaga yang luar biasa dibandingkan dengan seri sebelumnya. Namun sayangnya pengembangan ini tidak diikuti dengan daya tahan yang baik. Mesin ini populer juga untuk dijadikan alternatif engine swapping pada Trooper generasi Pertama karena memiliki konstruksi yang mirip dengan 4JB1-T.
Pada Trooper Generasi II versi 1997 dikeluarkan varian dengan mesin diesel 4Jx1 3.0L bertenaga 159 PS/117 kW untuk versi setir kanan (Inggris dan Holden Jackaroo Australia) menggantikan 4JG2 ini. Pada versi Filipina pemakaian mesin ini diteruskan mengikuti produksi Trooper sampai dengan medio 2005.
Spoiler for Specification:
Kode Mesin: 4JG2
Tahun Produksi: Internasional (1991-1996)
Jumlah silinder: 4 segaris Indirect Injection Turbocharged
Diameter x Langkah (mm): 95.4 x 107
Volume mesin (cm3): 3,059
Rasio Kompresi: 20
Daya (kW, (HP)/(r/min): 92(124)/3,600RPM
Torsi (N-m, (kg-m)/(r/min): 275(28)/2,000RPM
4JX1 Diesel Turbo (UBS-73)
Mesin ini dipakai pada Trooper Generasi II untuk versi stir kanan (Isuzu Trooper di Inggris dan Holden Jackaroo Australia) menggantikan 4JG2T. Pada versi Filipina, pemakai mesin ini diteruskan mengikuti produksi Trooper sampai medio tahun 2005.
Mesin 4JX1 ini didesain bersama antara Isuzu, GM dan Caterpilar. Dengan menggunakan sistem Injektor Elektro Hidraulis dan ECM yang dikembangkan khusus oleh Hitachi, menjadikan mesin ini sangat spesial.
Spoiler for Specification:
Kode mesin: 4JX1
Tahun produksi: Internasional : 1997 - 2005
Jumlah silinder: 4 segaris Direct Injection TurboCharged Intercooled
Diameter x Langkah (mm): 95.4 x 104.9
Volume mesin (cm3): 2.999
Rasio kompresi: 17.1
Daya (kW, (HP)/(r/min) : 117 (159)/3500 rpm
Torsi (N-m, (kg-m)/(r/min) : 333 (35)/2200 rpm
6VD1 Bensin (UBS-25)
Mesin bensin V6 yang merupakan mesin yang didesain Isuzu. Memiliki daya tahan dan tenaga yang cukup baik. Dipadankan dengan transmisi otomatis 4L30E buatan GM atau manual 5 percepatan buatan Isuzu. Versi SOHC dan DOHC (opsional) pertama dirilis pada tahun 1991 dan pada 1996 hanya ada satu varian SOHC dengan tenaga 142kW(190HP)/5,600RPM.
Pada tahun 1998 Trooper di Amerika Utara (2001) dilengkapi dengan mesin 6VE1 3.5L, menggantikan 6VD1. Pemakaian mesin 6VE1 dilanjutkan sampai akhir tahun produksi Trooper pada 2002 dan diteruskan pada varian Isuzu Axiom.
Spoiler for Specification:
Kode Mesin: 6VD1
Tahun Produksi: Internasional (1991-1996)
Jumlah silinder: 6 konfigurasi V DOHC 24 valve
Diameter x Langkah (mm): 93.4 x 77
Volume mesin (cm3): 3,165
Rasio Kompresi: -
Daya (kW, (HP)/(r/min): SOHC: 130(175)/5,600RPM, DOHC: 142(190)/5,600