Kaskus

Automotive

panjieskaAvatar border
TS
panjieska
KOMUNITAS TROOPER INDONESIA masuk sini gan !!
KOMUNITAS TROOPER INDONESIA masuk sini gan !!


Sejarah Trooper 1981 - 2003
Mungkin tidak semua penggemar atau pecinta Trooper mengetahui bahwa Isuzu Trooper, atau di Indonesia lebih dikenal dengan Chevrolet Trooper, adlah Mid size Sport Utility Vehicle (SUV) buatan Jepang pertama yang diekspor ke seluruh dunia sejak diproduksi antara tahun 1981 - 2003, dan dengan menyandang beberapa nama seperti: ISUZU Trooper, ISUZU Bighorn, HONDA Horizon, Acura SLX, sementara di Indonesia dan beberapa negara Amerika lainnya diberi label CHEVROLET Trooper, di Australia disebut HOLDEN Jackaroo, di Inggris disebut Vauxhall dan di Jerman disebut OPEL Monterey. Sambutan masyarakan untuk SUV ini sungguh luar biasa terutama untuk segmen Mid Size SUV.

Ada 2 generasi Trooper yang beredar di dunia, yaitu generasi pertama yang diproduksi antara tahun 1981 - 1991, serta generasi kedua yang diproduksi antara tahun 1992 - 2002. Setelah tahun 2002 Isuzu menghentikan produksinya untuk basis model ini. Pada awalnya SUV ini dimulai dengan produk yang masih sangat primitif yang hanya dengan mesin Diesel 4 silinder standar dan dengan mengandalkan transmisi manual 4 percepatan dan sistem berpenggerak 4 roda (4WD) Part Time. Karena reaksi pasar yang sangat bagus, generasi pertama ini kemudian dikembangkan menjadi lebih mewah dan menawarkan lebih banyak fitur menarik lainnya seperti mesin V6 dengan kapasitas yang lebih besar, serta dengan model yang lebih bagus dan halus dengan pilihan penggerak roda belakang (2WD) dengan as roda yang lebih panjang.

Spoiler for GENERASI PERTAMA TROOPER (1981 - 1991):


Spoiler for GENERASI KEDUA TROOPER (1992 - 2003):


Mesin Isuzu Trooper Generasi I & II
Berikut ini adalah beberapa mesin yang pernah digunakan di Trooper generasi Pertama maupun generasi Kedua yang dirilis di berbagai negara di dunia, termasuk di antaranya di Indonesia.


C223 Diesel (UBS-52)
C223 Diesel muncul bersamaan dengan kelahiran Isuzu Bighorn/Trooper di tahun 1981 dengan kode produksi UBS52. Mesin ini termasuk jenis yang sangat terkenal karena kehandalannya. Tenaga dan torsi yang dimiliki cukup kuat untuk Trooper jenis 3 pintu, namun pada Trooper 5 pintu yang karena bobotnya yang lebih berat, maka tenaga mesin ini dirasakan sangat kurang.
Spoiler for Specification:


C223-T Diesel Turbo (UBS-52)
Diperkenalkan pertama kali di Jepang dan menjadi optional dari mesin standard C223. Mesin ini memiliki kemampuan dan torsi yang lebih baik dari tipe non-turbonya dan memungkinkan Isuzu memasangkannya dengan gearbox MSG5E yang memiliki rasio gigi yang lebih tinggi. Turbo yand dipakai adalah Garret generasi awal (AirResearch). Mesin ini memiliki sensitifitas yang lebih tinggi terhadap sistem pendinginan, sehingga radiator yang digunakan adalah type triple core.
Spoiler for Specification:


G200Z Bensin (UBS-13)
Selain dari C223 diesel, tipe mesin ini juga muncul bersamaan dengan kelahiran Bighorn/Trooper di tahun 1981. Tipe ini merupakan penyederhanaan dari varian DOHC yang dipakai Isuzu 117 Coupe GT. Kelas terbesar dari mesin bensin Isuzu G-series yang terkenal di kelas sedan dan coupe Isuzu pada tahun 1970-an. Teknologi yang masih sederhana membuat mesin ini tidak dikembangkan lebih lanjut pada Trooper.
Spoiler for Specification:


4ZD1 Bensin (UBS-16)
Mesin bensin yang menjadi pengganti tipe G200Z memiliki potensi untuk menghasilkan tenaga hingga 200 BHP yang sangat ideal untuk Trooper 3 pintu. Namun pada Trooper 5 pintu yang memiliki bobot yang lebih besar dan berat, membuat performa dan efisiensi pemakaian bahan bakar pada mesin ini menurun. Di Indonesia pada beberapa kasus, mesin ini mudah cepat panas/overheat dan mengakibatkan cylinder head melengkung.
Spoiler for Specification:


4ZE1 Bensin (UBS-17)
Mesin ini menjadi pengganti dari tipe 4ZD1 dengan sistem pengapian elektronik dan kapasitas yang lebih besar, dan menjadikan mesin ini lebih efisien dan bertenaga. Namun dilain sisi, sistem elektronik juga menjadi kelemahan tersendiri di dalam perlindungannya terhadap air dan daya tahan di medan offroad. Mesin ini digunakan secara luas berbarengan dengan varian diesel 4JB1-T, termasuk untuk RS US-Spec dan Irmscher Special Edition.
Spoiler for Specification:


4JB1-T Turbo Diesel (UBS-55)
Mesin ini merupakan andalan Isuzu pada medio akhir tahun 1980-an yang terkenal dengan tenaga dan efisiensinya. Digunakan secara luas pada hampir semua tipe, kecuali pada pasar Amerika dan Indonesia. Penambahan intercooler ditemui mulai dari tahun 1988 pada tipe Irmscher Special Edition dengan tenaga yang sedikit lebih besar dibandingkan versi standarnya. Sudah dilengkapi dengan sistem EGR (Exhaust Gas Recirculation) yang memungkinkan mesin ini lulus pengujian emisi di Eropa.
Spoiler for Specification:


4JG2-T Turbocharged (UBS-69)
Merupakan mesin penerus dari 4JB1-T dan dipasangkan dengan Trooper/Bighorn generasi Kedua. Pengembangan dari seri 4JG1 yang merupakan Direct Injection, pada 4JG2 dikembalikan menjadi sistem Indirect Injection. Peningkatan tenaga yang luar biasa dibandingkan dengan seri sebelumnya. Namun sayangnya pengembangan ini tidak diikuti dengan daya tahan yang baik. Mesin ini populer juga untuk dijadikan alternatif engine swapping pada Trooper generasi Pertama karena memiliki konstruksi yang mirip dengan 4JB1-T.
Pada Trooper Generasi II versi 1997 dikeluarkan varian dengan mesin diesel 4Jx1 3.0L bertenaga 159 PS/117 kW untuk versi setir kanan (Inggris dan Holden Jackaroo Australia) menggantikan 4JG2 ini. Pada versi Filipina pemakaian mesin ini diteruskan mengikuti produksi Trooper sampai dengan medio 2005.

Spoiler for Specification:


4JX1 Diesel Turbo (UBS-73)
Mesin ini dipakai pada Trooper Generasi II untuk versi stir kanan (Isuzu Trooper di Inggris dan Holden Jackaroo Australia) menggantikan 4JG2T. Pada versi Filipina, pemakai mesin ini diteruskan mengikuti produksi Trooper sampai medio tahun 2005.

Mesin 4JX1 ini didesain bersama antara Isuzu, GM dan Caterpilar. Dengan menggunakan sistem Injektor Elektro Hidraulis dan ECM yang dikembangkan khusus oleh Hitachi, menjadikan mesin ini sangat spesial.
Spoiler for Specification:


6VD1 Bensin (UBS-25)
Mesin bensin V6 yang merupakan mesin yang didesain Isuzu. Memiliki daya tahan dan tenaga yang cukup baik. Dipadankan dengan transmisi otomatis 4L30E buatan GM atau manual 5 percepatan buatan Isuzu. Versi SOHC dan DOHC (opsional) pertama dirilis pada tahun 1991 dan pada 1996 hanya ada satu varian SOHC dengan tenaga 142kW(190HP)/5,600RPM.

Pada tahun 1998 Trooper di Amerika Utara (2001) dilengkapi dengan mesin 6VE1 3.5L, menggantikan 6VD1. Pemakaian mesin 6VE1 dilanjutkan sampai akhir tahun produksi Trooper pada 2002 dan diteruskan pada varian Isuzu Axiom.
Spoiler for Specification:


sumber:
http://trooperindonesia.blogspot.com...rasi-i-ii.html


Diubah oleh panjieska 19-06-2013 03:53
0
350.6K
1.4K
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan