CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
'Hantu Baru' Bakal Lahir Setelah Omnibus Law Disahkan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f8ccd454601cf344b512514/hantu-baru-bakal-lahir-setelah-omnibus-law-disahkan

'Hantu Baru' Bakal Lahir Setelah Omnibus Law Disahkan

'Hantu Baru' Bakal Lahir Setelah Omnibus Law Disahkan, Faisal Basri: Lembaga Ini Biayai Proyek-proyek yang Pemerintah Suka dan Tidak Bisa Dipailitkan


Gridhot.ID - Draf final UU Cipta Kerja yang disetujui DPR RI telah disampaikan kepada Presiden Jokowi.

Publik pun kini menunggu apakah Presiden Jokowi menandatangani draf UU kontroversial tersebut.

Ekonom dari Universitas Indonesia, Faisal Basri mengungkap akan ada lembaga baru yang akan dibentuk pemerintah setelah disahkannya Omnibus Law UU Cipta Kerja.

Instansi baru tersebut, kata Faisal, bernama sovereign wealth fund (SWF) atau disebut sebagai Lembaga Pengelola Investasi (LPI).

Lembaga baru ini diketahui telah diatur dalam Omnibus Law UU Cipta Kerja yang disahkan DPR, Senin (5/10/2020).

Faisal menyebutkan publik belum banyak membahas soal akan lahirnya Lembaga Pengelola Investasi tersebut.

Selama ini publik fokus pada bidang ketenagakeaan dan beberapa isu lingkungan.

"Di Omnibus Law belum banyak yang membahas, akan ada hantu baru yang datang," kata Faisal dalam sebuah diskusi di Jakarta, Kamis (15/10/220).

"Namanya sovereign wealth fund, disebut Lembaga Pengelola Investasi."

Faisal menjelaskan, lembaga baru tersebut akan dibangun menggunakan dana APBN yang modal awalnya mencapai 5 miliar dollar atau setara Rp 75 triliun.

Setelah dibentuknya LPI, kata Faisal, nantinya sejumlah aset milik perusahaan BUMN rencananya akan dialihkan ke lembaga baru tersebut.

"Jadi, lembaga baru ini akan disuntik dana, modal awalnya dari APBN," ucap Faisal.

Namun, Faisal mempertanyakan terkait informasi yang menyebut Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tidak berhak atau diperbolehkan mengaudit keuangan lembaga baru tersebut.

"Padahal, modal awalnya dari negara. BUMN saja diaudit oleh BPK," katanya.

Faisal juga mempersoalkan ihwal pengangkatan dewan pengawas dan dewan direksi lembaga pengelola investasi tersebut karena dipilih oleh presiden dengan hanya berkonsultasi pada DPR.

Bila dalam kurun waktu selama 14 hari konsultasi itu tidak membuahkan hasil, maka Presiden harus tetap mengangkat dewan pengawas tanpa harus konsultasi.

"Lembaga ini luar biasa karena akan membiayai proyek-proyek yang pemerintah suka, dan tidak bisa dipailitkan," ucap Faisal.

Artikel ini telah tayang di Kompas TV dengan judul: "Faisal Basri Sebut akan Ada Hantu Baru yang Datang Setelah Disahkannya Omnibus Law Cipta Kerja."

(*)

https://hot.grid.id/amp/182385264/ha...ilitkan?page=1






Mau diajak bahagia kok susah amat!

- Moeldoko






'Hantu Baru' Bakal Lahir Setelah Omnibus Law Disahkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hen93 dan 33 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
wow ajang panen rayaemoticon-Genit
banyak yang dapet cuanemoticon-Genit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 4 lainnya memberi reputasi
Kontroversi bergulir semakin membesar dan liar.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dreammild dan 2 lainnya memberi reputasi
Seperti Temasek atau Khazanah? Kok hantu?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Jazed dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Senafas dgn
segala kebijakan slama pandemi bebas hukum.

Niat garongnya kental.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 6 lainnya memberi reputasi
Hantu itu sosok mengerikan yg mengeluarkan darah padahal manusia dijaga peredaran darahnya supaya tetap hidup juga bisa muncul dan menghilang sesukanya sambil memberikan efek kejut
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan nomorelies memberi reputasi
dunia ini...panggung sandiwara..ceritanya mudah berubah ~ nike ardilla
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ribao dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
itu kan duit hasil keringat kita juga... kenapa gak boleh di audit emoticon-Amazed
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan 2 lainnya memberi reputasi
Si ical dongo...

Mui yg puluhan taon dapet dana dari negara juga ga bisa di audit. Ngapa lu ga ributin juga.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalamuka dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Udah keliatan dari pola nya

1. UU MD3 (dpr gak bisa dikritik, memeriksa anggota DPR melalui MKD),
2. UU KPK (KPK jadi ASN, dibawah kemendagri, kalau mau menyidik harus ada surat izin dari dewan pengawas)
3. UU MINERBA (pengelola tambang otomatis memperpanjang kontrak tambang selama yang dia mau)
4. UU MK (biar semakin licin RUU nya + bisa jual beli jabatan)
5. UU CIPTAKER (dah lah)

Keliatan big picture nya? Pertama DPR di buff...di tingkatken immune nya, biar lebih sempurna...KPK di nerf, dibawah kemendagri....sudah gitu, bebas..DPR + pemerintah buat RUU ngaco (menguntungken golongan mereka) juga juga gak ada yang protes...masyarakat mau protes?? Lafor aja ke MK, hakimnya orang kita kita (hasil jual beli)....


sekarang begini pertanyaannya?? Contoh aja UU MINERBA, pasti perushaan tambang foya foya setelah UU ini sah...terus berapa persen hasilnya yang balik ke masyarakat? Berapa persen yang masuk ke pusat? Berapa persen yang dikorupsi, kalau KPK aja di nerf? Tambah lagi UU CIPTAKER yang konon katanya akan meningkatken investasi? Penguasa bisa semakin kaya raya...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dreammild dan 28 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh moretz
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 16 balasan
makanya gak usah kerajinan bayar pajak
duit ente diem diem lagi di rampok dgn berbagai celah memanfaatkan kelemahan hukum (atau sengaja dilemahkan hukum nya)
lumayan buat uang pensiun jaga2 kalo kalah pilpres 2024 nanti
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Bumn super ya
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
apapun yang diomongin pemerintahan sekarang kagak percaya gw

Revisi UU KPK



Dulu kangen demo sekarang kabur



kabur ke kalimantan



Cuap-Cuap Covid



Suntik Jiwasraya

profile-picture
profile-picture
profile-picture
lukamodric19 dan 8 lainnya memberi reputasi
BUMN Auto Win dengan Buff 200% true damage
Keroco keroco hanya bisa menangis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan 2 lainnya memberi reputasi
itu nantinya mau diarahkan ke BLU kah? di sawit kalo ga salah juga udah ada lembaga gituan, bpdpks..
silahkan aja bikin, yg penting implementasinya bener, jangan dikorup, jangan sampe dijadiin sarang pensiunan.. wkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kodokuper
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
tidak ada yang salah dengan SWF

asal dikelola dengan baik

spore, russia, emirat arab semua punya SWF

kenapa ribut amat ketika indo mau punya juga ? emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Lalalalala000 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
emang si faisal tahu dari mana?
profile-picture
profile-picture
Lalalalala000 dan nomorelies memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
perusahaan untung gede banget, pailitin aja, tinggal bayar. ga ush pesangonin buruh2 juga.
profile-picture
profile-picture
antikhilafah dan nomorelies memberi reputasi
SWF tuh bagus2 aja kok
Banyak negara maju yg pny SWF
asal yg mengelola ny bener aja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 3 lainnya memberi reputasi
"Lembaga ini luar biasa karena akan membiayai proyek-proyek yang pemerintah suka, dan tidak bisa dipailitkan," ucap Faisal


Hebat kali

Coba kl kpk digituin. Strong
profile-picture
profile-picture
Lalalalala000 dan nomorelies memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Emang BPK masih bisa dipercaya? Kalo saya sih ragu mending di audit oleh BIG 4 (KPMG,EY,PWC,Deloitte)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di