CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ekonomi Minus Dihantam Pandemi, Buruh Tetap Minta Upah Minimum Naik di 2021
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f8aa41aaf7e937e1761e3d9/ekonomi-minus-dihantam-pandemi-buruh-tetap-minta-upah-minimum-naik-di-2021

Ekonomi Minus Dihantam Pandemi, Buruh Tetap Minta Upah Minimum Naik di 2021

Ekonomi Minus Dihantam Pandemi, Buruh Tetap Minta Upah Minimum Naik di 2021

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menegaskan agar upah minimum tahun 2021 tetap naik meski pertumbuhan ekonomi minus akibat pandemi. Dia menolak permintaan kalangan pengusaha yang meminta di tahun depan tidak ada kenaikan upah minimum.

Menurutnya, kenaikan upah yang ideal adalah sebesar 8 persen. Hal ini didasarkan pada kenaikan upah rata-rata selama 3 tahun terakhir.

Iqbal mewanti-wanti jika upah tidak naik akan membuat situasi semakin panas. Apalagi saat ini para buruh masih memperjuangkan penolakan terhadap UU Cipta Kerja. Seiring dengan penolakan terhadap Omnibus Law, buruh juga akan menyuarakan agar upah minimum 2021 tetap naik. Sehingga aksi-aksi akan semakin besar.

Menurut Iqbal, alasan upah tidak naik karena saat ini pertumbuhan ekonomi minus tidak tepat. Ia membandingkan dengan apa yang terjadi pada tahun 1998, 1999, dan 2000.

"Sebagai contoh, di DKI Jakarta, kenaikan upah minimum dari tahun 1998 ke 1999 tetap naik sekitar 16 persen, padahal pertumbuhan ekonomi tahun 1998 minus 17,49 persen. Begitu juga dengan upah minimum tahun 1999 ke 2000, upah minimum tetap naik sekitar 23,8 persen, padahal pertumbuhan ekonomi tahun 1999 minus 0,29 persen," kata Said Iqbal melalui keterangan tertulis, Sabtu (17/10).

Jadi, kata Iqbal, tidak ada alasan upah minimum tahun 2020 ke 2021 tidak ada kenaikan karena pertumbuhan ekonomi sedang minus. Sebab, Indonesia pernah mengalami krisis 1998, di mana pertumbuhan ekonomi minus di kisaran 17 persen tapi upah minimum di DKI Jakarta kala itu tetap naik bahkan mencapai 16 persen.

Menurut Said Iqbal, bila upah minimum tidak naik maka daya beli masyarakat akan semakin turun. Daya beli turun akan berakibat jatuhnya tingkat konsumsi juga akan jatuh. Ujung-ujungnya berdampak negatif buat perekonomian.

Pihaknya juga mengingatkan, tidak semua perusahaan kesulitan akibat pandemi COVID-19. Oleh karena itu, dia meminta kebijakan kenaikan upah dilakukan secara proporsional.

“Dengan kata lain, bagi perusahaan yang masih mampu harus menaikkan upah minimum. Lalu untuk perusahaan yang memang tidak mampu, undang-undang sudah menyediakan jalan keluar dengan melakukan penangguhan upah minimum,” paparnya.

sumber

Agak sulit simpati sama golongan ini emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Apapun masalahnya Naik Upah itu WAJIB
emoticon-Cool
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
dipimpin ma kader sapi,otomatis jadi goblogemoticon-Traveller
Naik...naik...naik...

Dan jatuhkan ke jurang

emoticon-army
Alasan gue gak minat dukung serikat buruh.
profile-picture
darck91 memberi reputasi
yah..gimana ya.. masalahnya ane butuh motor baru emoticon-Big Grin
Emang gak tau diri nih si saiq bebal

emoticon-Blue Guy Bata (L)
berenti aje beres
Udah ga usah dimaui. Pecat teros jgn kasi kendor kaum ini
Hahahaha malah ngancem akan tambah panas kl ump tidak naik
Ayo said iqbal tunjukin bacot ente
Demo nonstop sampai ump naik dikabulkan

Buat para pengusaha ayo rame2 phk yg ikutan demo, ini kesempatan utk bersih2 sampah di perusahaan
Selanjutnya terima yg baru pake sistem kontrak per 6 bln

Kl perusahaan sedang sepi ya tdk usah perpanjang kontrak drpd ribet


emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
Ekonomi Minus Dihantam Pandemi, Buruh Tetap Minta Upah Minimum Naik di 2021Ekonomi Minus Dihantam Pandemi, Buruh Tetap Minta Upah Minimum Naik di 2021
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
Tiap tahun tuntutannya sama..
profile-picture
dieq41. memberi reputasi
Ngelunjak mungkin gara2 mereka mimpi dan ada yg ngasih contoh kerja model magabut, hidup terjamin, fasilitas oke.. emoticon-Wakaka
Ekonomi Minus Dihantam Pandemi, Buruh Tetap Minta Upah Minimum Naik di 2021


Upah buruh gak perlu dinaikkan,,, harga2 kebutuhan pokok aja yg diturunkan emoticon-Leh Uga
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
Pesan moralnya cobalah mengerti kondisi pengusaha di tengah pandemi,jangan mau menang sendiri..emoticon-Traveller
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1. Naikkan upah sebesar 200%
2. Hapus UU Melly Goeslow
3. Turunkan Presiden Jokowi
4. Pecat semua anggota DPR
5. Pulangkan Babib Rizek
6. Ganti hukum syariah
7. Gratiskan umroh

Baru indonesia bisa sejahtera
Tutup perusahaan. Pindah ke malaysia, thailand. vietnam, cambodia, philipina, ganti buruh dengan robot. Gampang cari tenaga kerja buruh.
profile-picture
riezazura memberi reputasi
orang semua pada kencangkan ikat pinggang
ini malah nuntut naik
ga ada otak nya
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan antikhilafah memberi reputasi
Buruh koq ngatur pengusaha...

emoticon-Wakaka
Lol wtf
Naek 1% lumayun lahemoticon-Leh Uga
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di