CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bentjok Dituntut Bui Seumur Hidup & Ganti Rugi Rp 6 Triliun!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f89050365b24d292c1c8856/bentjok-dituntut-bui-seumur-hidup-amp-ganti-rugi-rp-6-triliun

Bentjok Dituntut Bui Seumur Hidup & Ganti Rugi Rp 6 Triliun!

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Direktur PT Hanson International Tbk (MYRX), Benny Tjokrosaputro, atau Bentjok yang ditetapkan sebagai terdakwa kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) akhirnya menjalani sidang tuntutan pada Kamis (15/10/2020).

Bentjok mengikuti proses peradilan kasus ini setelah sempat dinyatakan sakit karena terinfeksi virus corona (Covid-19).

Satu terdakwa lainnya yakni Komisaris Utama PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM) Heru Hidayat juga menjalani sidang tuntutan yang sama hingga Kamis malam ini (15/10/2020).

Dalam sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jaksa Penuntut Umum (JPU) membacakan tuntutan, terlebih dahulu untuk Bentjok.

JPU menyatakan, terdakwa Benny Tjokrosaputro terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi bersama-sama.

Menghukum terdakwa dengan pidana seumur hidup dengan perintah terdakwa tetap ditahan di rumah tahanan negara.

Membayar denda sebesar Rp 5 miliar, subsider selama 1 tahun kurungan.
Selain itu, Bentjok juga diminta membayar uang pengganti sebesar 6 triliun 78 miliar 500 juta (Rp 6.078,5 miliar).

"Jika terdakwa tidak membayar uang pengganti paling lama dalam 1 bulan sesudah putusan pengadilan hukum maka harta benda disita oleh jaksa dan rela menjadi uang pengganti tersebut," kata JPU dalam pembacaan tuntutan, Kamis malam (15/10).

"Jika terpidana dinyatakan bersalah dan dihukum selain seumur hidup atau mati, serta terpidana tidak mempunyai harta yang mencukupi untuk membayar maka akan diganti dengan kurungan penjara selama 10 tahun."

Adapun tuntutan untuk Heru Hidayat hingga pukul 22.18 WIB, malam ini belum dibacakan karena masih menunggu Bentjok.

Tapi, sebelumnya, dalam pembacaan tuntutan di awal, JPU meminta keduanya harus mengembalikan uang kerugian negara yang telah mencapai triliunan rupiah yakni mencapai Rp 12,157 triliun, masing-masing sebesar Rp 6,078 triliun.

"Benny Tjokrosaputro dan Heru Hidayat telah diperkaya sebesar 12 triliun 157 miliar. Untuk itu terdakwa Benny Tjokrosaputro dan Heru Hidayat harus mengganti kerugian negara tersebut masing-masing 6 triliun 78 miliar 500 juta," kata JPU dalam pembacaan awal tuntutan.

Namun pada pembacaan akhir tuntutan, jumlah ganti rugi khusus untuk Heru Hidayat berubah dari Rp 6,078 triliun menjadi 10 triliun 728 miliar 783 juta 375 ribu rupiah (Rp 10,728 triliun).

Dengan demikian, total ganti rugi yang harus disetorkan keduanya mencapai Rp 16,81 triliun, sama dengan jumlah potensi kerugian negara berdasarkan hitungan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).


Hal ini sesuai Pasal 2 Ayat 1 juncto Pasal 18 ayat (1) huruf b, ayat (2) dan ayat (3) Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUH Pidana dan Pasal 3 UU No 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Seperti diketahui, selain Bentjok dan Heru yang baru menjalani sidang tuntutan, empat terdakwa kasus Jiwasraya telah menjalani sidang putusan pada Senin, 12 Oktober 2020 di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jalan Bungur.


Pengadilan memutuskan keempat terdakwa dengan pidana maksimal, yakni penjara seumur hidup.

Pertama, mantan Direktur Utama Jiwasraya, Hendrisman Rahim, diputus bersalah telah melakukan korupsi dengan memperkaya diri dan Benny Tjokro dkk senilai Rp 16 triliun dan dihukum seumur hidup.

Kedua, mantan Direktur Keuangan Jiwasraya, Hary Prasetyo, juga divonis hukuman penjara seumur hidup.

Ketiga, mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan Jiwasraya, Syahmirwan, divonis penjara seumur hidup karena bersalah dalam skandal korupsi Jiwasraya.

Vonis terhadap Syahmirwan lebih berat dari tuntutan JPU sebelumnya, yakni pidana penjara selama 18 tahun dan denda senilai Rp 1 miliar.

Keempat, Joko Hartono Tirto, Direktur PT Maxima Integra, dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama sebagaimana tersebut dalam dakwaan primer dan dihukum dengan pidana penjara selama seumur hidup.

Tak hanya itu, dalam kasus Jiwasraya, Kejagung juga menetapkan satu pejabat Otoritas Jasa Keuangan dan 13 perusahaan manajer investasi (MI) sebagai tersangka.

Sidang Bentjok dan Heru sebetulnya digelar 24 September 2020 lalu. Namun, keduanya belum bisa dihadirkan di persidangan saat itu karena positif terinfeksi virus Corona.


Sumber : CNBC INDONESIA
https://www.cnbcindonesia.com/market...i-rp-6-triliun
seumur hidup ditambah 10 tahun penjara?emoticon-Ngakak

Selain itu, Bentjok juga diminta membayar uang pengganti sebesar 6 triliun 78 miliar 500 juta (Rp 6.078,5 miliar).


gak yakin bakal dibayar kembaliemoticon-Big Grin
Kasian koh benny sudah di dzolimi emoticon-Turut Berduka
nah gitu dong denda nya harus besar, kalo ga percuma dipenjara kalo duit negara ga balik
dari pada bayar 6 trilyun mending tambah 10 taon.

10 taon itu cuma 3650 hari, jadi 1 hari setara dengan 1,6 milyar....

bagi-bagi 1 milyar ke sipir dkk sehari juga loe bisa hidup kayak raja... napi-napi laen dijamin pada minggir, bahkan kalo disuruh gosokin kaki sama cariin uban juga pada ngantri.

money talks man
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kasus yg dulu si COKIN laknat ini yg di bahas antasari duit nya masuk kemana emang? Udah di sita emang duitnya??

Kok gak ada kelanjutan nya
Tuntut tinggi, nanti putusannya rendah, ngakak deh
Berkurang sudah serunya TRAM dkk
RIP Bentjok
emoticon-Turut Berduka
korup 16T bayar 6T

emoticon-Ngakak
hmmm... gantinya kira2 ada gk tuh
nanti juga dpt cashback lbh dr 50%.
sita aja

tar cari joki buat di penjara

mayan menikmati 6 trilyun
Disita lah semuanya, kalau msh kurang ganti ruginya, disita semua harta keluarganya, sempak kutang yg nempel di badan jg ikut disita
Group Bakrienya jangan lupa diusut pak emoticon-Shakehand2
dagumen kok gak kena
Gila 6T itu 6000 miliar loh => 6.000.000.000.000

Seandainya manusia dari bayi lahir hidup sampai 100 tahun berarti dia hidup selama 36.500 hari. Dengan 6T maka bisa menghabiskan uang sebesar 164.383.561 seharinya, atau 6.849.315 per jam, atau 114rb per menit atau 1900 rupiah per detiknya. Emejing.
Post ini telah dihapus oleh KS06


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di