SkorIndonesiaAvatar border
TS
SkorIndonesia
Mengenal Tim Baru Valentino Rossi pada Musim 2021, Petronas Yamaha SRT
[url=https://motogp.skor.id/tag/%3Ca%20href='https://motogp.skor.id/tag/petronas'%3Epetronas%3C/a%3E][color=#1998ed]Petronas[/color][/url] Yamaha SRT jadi sorotan, seiring keberhasilan Fabio Quartararo memuncaki klasemen MotoGP 2020. Pamornya kian naik seiring keputusan Valentino Rossi untuk bergabung dengan tim tersebut musim depan.

Menariknya, kiprah Pertonas Yamaha SRT dalam kelas tertinggi Kejuaraan Dunia Balap Motor atau dikenal dengan MotoGP, tergolong “masih hijau”.


Franco Morbidelli (foto kiri) dan Valentino Rossi akan memperkuat Petronas Yamaha SRT pada MotoGP 2021. Kedua pembalap ini berstatus mantan guru dan murid. /Twitter/@sepangracing, @ValeYellow46


MotoGP 2019 menjadi musim pertama bagi tim asal Malaysia tersebut. Kala itu, mereka berstatus tim satelit Monster Energy Yamaha MotoGP.

Namun, bicara soal keikutsertaan dalam Kejuaraan Dunia Balap Motor, Petronas sudah memulainya pada 2014. Tepatnya di kelas Moto2.  

Tampil dalam Moto2 2014, Petronas mengusung tiga nama: AirAsia Caterham Moto Racing, AirAsia Caterham, dan Caterham Moto Racing.

Johann Zarco (Prancis), Josh Herrin (AS), serta Ratthapark Wilariot (Thailand) yang dipercaya mengisi kursi pembalap, menunggangi Suter MMX2.

Walau berhasil menempati posisi ketiga klasemen akhir konstruktor dengan torehan 146 poin, Petronas tak melanjutkan kiprah di Moto2.

Petronas justru “turun kasta” ke Moto3: Drive M7SIC (Moto3 2015), Drive M7 SIC Racing Team (2016), dan SIC Racing Team Petronas Sprinta Racing (2017).        

Sedangkan pada 2018, Petronas menurunkan dua tim sekaligus dalam Kejuaraan Dunia Balap Motor, masing-masing satu di Moto2 dan Moto3.

Juli 2018, Petronas mengumumkan bakal debut di MotoGP 2019 bersama Yamaha. Keduanya sepakat menandatangani kontrak untuk 2019-2021.

Selain ekspansi ke MotoGPPetronas tetap menurunkan wakilnya pada Moto2 dan Moto3 2019. Bahkan, mereka juga berpartisipasi dalam MotoE.

Menurunkan pembalap muda, Fabio Quartararo dan Franco MorbidelliPetronas Yamaha SRT finis keempat di klasemen akhir konstruktor MotoGP 2019.


Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) berpose di podium usai memenangi MotoGP Catalunya 2020 di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Minggu (27/9/2020). (twitter.com/sepangracing)


Khusus untuk Fabio Quartararo, berhasil mencuri perhatian dengan tujuh kali finis di zona podium. Bahkan, beberapa kali menempel Marc Marquez.



Berkat penampilan apiknya pada musim debut, Fabio Quartararo mendapat motor spesifikasi pabrikan dari Yamaha pada MotoGP 2020.

Kepercayaan itu berhasil dijawab Fabio Quartararo dengan tiga kemenangan pada MotoGP 2020, sekaligus melambungkan Petronas Yamaha SRT.

Dan, 26 September 2020, Petronas Yamaha SRT mengumumkan secara resmi bergabungnya Valentino Rossi untuk MotoGP 2021.

The Doctor, julukan Valentino Rossi, akan menggantikan posisi Fabio  Quartararo yang dipinang Monster Energy Yamaha MotoGP

Untuk sementara, Petronas Yamaha SRT yang notabene tim satelit memimpin klasemen konstruktor MotoGP 2020 dengan torehan 185 poin.  

Total, Petronas sudah mengoleksi empat kemenangan pada MotoGP 2020. Tiga dari Fabio Quartararo dan sisanya Franco Morbidelli.

Petronas mengungguli Suzuki EcstarMonster Energy Yamaha MotoGP, dan Mission Winnow Ducati yang menempati posisi kedua-keempat.

Ikuti juga InstagramFacebookYouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia.

SUMBER:





Berita MotoGP Lainnya:   
MotoGP GP Prancis 2020: Fabio Quartararo Bicara soal Perasaan Spesial dan Kehangatan Fan
MotoGP Prancis 2020: Pembalap Khawatirkan Hujan dan Suhu Rendah Sirkuit Le Mans



doobey
tien212700
tien212700 dan doobey memberi reputasi
2
1.2K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan