CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Membuka RUU Cipta Kerja dari kacamata orang Awam
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f800782a2d195245566a3ac/membuka-ruu-cipta-kerja-dari-kacamata-orang-awam

Membuka RUU Cipta Kerja dari kacamata orang Awam

Membuka RUU Cipta Kerja dari kacamata orang Awam
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bangun pagi. Saking gabutnya baca 1028 halaman RUU Ciptaker. Baca pasal turunannya & apa yg dihapus juga (tapi gak semua, yg gue tertarik aja).

Gerah woiii baca timeline. Pro/kontra boleh, tapi jangan buta buta amat dong, plis 🙁
- Ada yg pro pake bilang "Itu yg demo emang udah baca semua RUU nya?" "Buruh maunya enak doang." "Mahasiswa tau apaan sih". 

Padahal sendirinya belum baca utuh, padahal sendirinya juga sama aja cuma baca ringkasan dari yg di share akun medsos nya DPR. Bukan cuma pemerintah doang yg punya ahli, masyarakat juga punya. 

Dan kalo Anda pernah jadi mahasiswa terus ikut Hima/BEM, pasti tau kalo ada sesuatu ya dikaji dulu.

Ada yg kontra, tapi nelen bulat-bulat semua yg ada di medsos, gak pilih2 mau hoax atau nggak yg penting kontra, yg penting ribut.
Jadi gini, ini sepemahaman gue aja ya. Gue bukan ahli politik/hukum/ekonomi. Tapi setidaknya udah baca RUU nya.

RUU Ciptaker ini isinya bukan cuma ngebahas Ketenagakerjaan. Bukan cuma bahas ttg "buruh". Dan kamu yg kerjanya enak duduk di ruangan ber-AC gedung bertingkat daerah SCBD jadi manager pun di UU ini disebutnya pekerja/buruh. Jadi buruh yg dibahas di UU bukan cuma orang yg kerjanya di pabrik bagian produksi aja yaaaaa...

RUU ini isinya banyak. Ada ttg perkebunan, pertambangan, petani, nelayan, arsitek, pers, UMKM juga ada..

Tujuan utama RUU ini baik, buat menarik investor. Caranya? Mempermudah izin usaha.

Terus kenapa didemo? Kalo cuma sekilas baca RUU nya tanpa cari tau apa yg dihapus dan diubah, sekilas semuanya keliatan baik-baik aja, sekilas gak ada jeleknya. 

Oke, cari tau dulu apa masalahnya. Menurut gue, di Tirto ini yg paling jelas, pas gue sesuaikan dgn RUU nya juga ya emang begitu. Pokoknya jadi keliatan masalahnya di mana kalo tau apa yg dihapus dan diubah di RUU ini.

Bisa baca di sini karena kalo gue tulis di sini jadi makin panjang curhatnya -> Tirto
Masalahnya bukan cuma di Ketenagakerjaan, bukan "buruh kerja dikit maunya gaji banyak", bukan "apa lo tega abis lahiran langsung disuruh kerja?", NGGAK, bukan itu masalahnya.

Kalo yg udah baca RUU nya pasti liat hampir semua pasal diatur oleh Pemerintah Pusat. Dan yg dimaksud di RUU ini Pemerintah Pusat itu adalah Presiden, Wakil Presiden, dan para menterinya

Dan hampir semua pasal di akhiri dengan kalimat "ketentuan lebih lanjut diatur dalam Peraturan Pemerintah". Peraturan Pemerintah yg mana? Yg udah ada atau belum ada atau yg udah ada tapi akan direvisi? Gatau, di UU nya gak disebutin secara lanjut. 

Gue orang awam, gak ngerti maksud Peraturan Pemerintah yg dimaksud di UU itu.
Btw gue setuju sama akun Twitter @ Pukat_UGM yg bilang "Sentralisasi yang berlebih rentan terhadap potensi korupsi salah satunya dikarenakan akan semakin minimnya pengawasan."

Sekarang mau curhat ttg hoax yg disebar oleh orang yg terlalu kontra tapi nelen bulat-bulat atau yg disebar sama akun IG DPR (DPR bilang hoax, iya hoax, tapi mereka gak kasih tau rincinya).

1. Uang pesangon hilang?
Nggak, masih ada (pasal 156). Tapi nilainya berkurang. Dan sebagian pesangon diambil dari BPJS (berarti kudu wajib ikut BPJS Kesehatan & Ketenagakerjaan).

2. Upah per jam? 
Gak per jam juga sihh... tapi hitungannya per waktu. Dari dulu juga udah begitu kan? Gue kerja dibayarnya per bulan, jam kerja sekian jam.

3. Gak ada cuti haid, abis melahirkan, keluarga meninggal? 
Dihapus dari peraturan yg sebelumnya. Tapi diganti sama yg baru. Tetep bisa cuti kok (pasal 79).

4. Perusahaan bisa nge-PHK sepihak? Gak, ada peraturannya (pasal 90).

5. Tenaga kerja asing bebas masuk? 
Gak, semua ada aturannya. Tapi balik lagi ke pemerintah pusat. Nah masalahnya, kita kan gak tau pemerintah pusat kek gimana yekaaan. Yg ditakutkan dari ini adalah penyalahgunaan kekuatan kekuasaan oleh pemerintah pusat demi kepentingan pribadi.

6. Pekerja/buruh bisa diperas tenaganya?
RUU ini mengatur jumlah maksimal kita kerja per hari berapa jam, ngatur maksimal jam lembur juga. TAPI GAK BERLAKU buat pekerja sektor tertentu (pasal 77a ayat 3). Sektor tertentu tuh sektor apa aja? Gatau dah gue, di RUU nya cuma bilang "diatur dengan Peraturan Pemerintah".

7. Buruh pengennya duit banyak tapi males. 
Masalahnya bukan di buruh minta UMK naik. Tapi di pasal 88, UMK diatur oleh Gubernur. Jadi disamain se-provinsi, terlepas dari biaya hidup per daerah yg berbeda-beda. Coba dipikir UMK yg sekarang, UMK Karawang & Cimahi berbeda, padahal sama-sama provinsi Jawa Barat. Kalo UMK Karawang disamain dgn yg di Cimahi kan ya kita tidak mau hehe.

8. RUU ini dapat mengancam hutan Indonesia.
Menurut gue iya. Karena di peraturan yg sebelumnya, pelaku karhutla bisa dihukum bayar kerugian yg terjadi "tanpa pembuktian unsur kesalahan". Nah di RUU yg sekarang, kalimat bagian itu dihapus.

9. Gak akan ada status karyawan tetap lagi?
Ada. Tapi... Di RUU ini gak nyebutin aturan batas maksimal pekerja kontrak buat diangkat ke karyawan tetap. Jadi balik ke perusahaan masing-masing. Kalo perusahaan nya jahat ya bisa aja dijadiin kontrak terus.

10. Nelayan kecil tersingkirkan!
Nah ini gue gak paham. Kalo baca di RUU nya sih nelayan kecil gak perlu izin usaha ke pemerintah pusat.


Jadi, gue pribadi sebagai rakyat awam yg bukan ahli apa-apa, yg cuma modal baca, ngeliat RUU Ciptaker ini sebenernya bagus tujuannya, tapi masih perlu revisi karena ada beberapa pasal yg menurut gue memberatkan rakyat. Rakyat yg mana? Yg pasti bukan konglomerat, bukan pengusaha besar, bukan yg kaya raya🤣

Dah, capek curhatnya. Pokoknya sekian. Kalo ada yg baca tulisan ini sampe selesai, salut sih gue wkwk. Makasih buat yg udah baca sampai selesai
--
"ini yg lo baca bukan UU Ciptaker yg final kali."
Iya, bukan finalnya. Monmaap, finalnya bisa download di mana ya? Baleg DPR nya sendiri aja bilang masih dirapikan 🙏 .


Spoiler for Screen Shoot Sumber:



Spoiler for Sumber 2:



Spoiler for Sumber 3:



Spoiler for sumber 0:


Spoiler for sumber lainnya:



Draft RUU yg beredar nya bisa kamu cek disini :  DRAFT RUU CIPTAKERJA

Disclaimer untuk Tulisan ini

Semua isi dari tulisan ini adalah menurut Opini Pribadi sebagai (Orang Awam) tidak ada faktor kepentingan apapun didalamnya.

Adapun jika ada materi di dalam blog ini yang mungkin ada unsur duplikasi baik berupa teks maupun gambar. Sungguh kami tidak ada niat untuk melanggar hak cipta. Semua gambar yang Anda temukan disini diyakini ada di dalam ‘domain publik‘ dan gambar bebas hak cipta.

Mengenai segala macam permasalahan yang timbul kedepannya karena ada perbedaan pendapat baik setuju atau tidak dengan tulisan ini dapat diselesaikan dengan baik secara bertanggung jawab.


Terima kasih.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anddlv dan 65 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
demo dulu, baca belakangan!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
konodioda dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh algoritmab
Lihat 23 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 23 balasan
Membuka RUU Cipta Kerja dari kacamata orang Awam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
batakolonjong dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
batakolonjong dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sekilas saya lihat pemahaman TS benar semua

salut buat TS, apakah TS pengusaha?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
whyalwaysnubi dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Apa agan TS jg sdh bc seluruh isi draft final nya ruu ciptaker .... ?? Versi yg mana itu ya.... Yg 900 hal ato 1000 hal, gan..... emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nomer 1 ituu sangat amat berhubungan dengan nomer 9 gan.

Coba deh ada gaa pegawai kontrak yg dapet pesangon?? status nya PKWT

Kan gaa dapet gan, dan waktu liburnya yg dari

5 hari kerja dan 2 hari libur
Jadi
6 hari kerja dan 1 hari libur



Yess sebenernya bagus untuk memancing investor ke negara kita tetapi RUU cipta kerja ini masih ada defect nya tapi pemerintah malah getol banget pengen nge SAH in nya.

Menurut ane pemerintah fokus sama masalah yg ada di depan contohnya corona deh emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nah kan.. banyak hoax nya kan. itu yg di demokan pendemo kebanyakan. Malahan pas diatanya bnyk yg gak tau pasal apa yg di demo. yg penting ikut demo. wkwk.. tapi disisi lain pemerintah terlalu kuat dan berkuasa. sedangkan pemerintah itu akan bergantia tiap kurun waktu jabatannya. siapa tahu kalau pemerintahnya gak bener malah penyalahgunaan kekuasaan.


menurut gw sih boleh aja demo. kalau bener bener terbukti di lapangan nanti disalah gunakan atau buruh benar benar dirugikan "BANGET". drama drama smpe nangis juga silahkan kalau udah ada dasar alasannya.

ini kan belum apa apa udah mati matian emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
gak urus pokoknya demo ke pemerintah, usir antek aseng, terus rusakin fasilitas umum
emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
konodioda dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh grenademan24
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Bentar nih, ada yg mau gw kasih tau untuk nomor 7. Kemaren-kemaren gw pernah denger dari salah satu kaskuser yg katanya lihat acara tivi apa gitu. Dia bilang kalau semisal di daerahnya udah ada UMK, maka UMK-nya ga akan dihilangin secara langsung. Jadi UMP itu nanti bakalan dipakai buat daerah-daerah yang ga punya UMK dan semisal di daeranya udah ada UMK, nanti bakalan dibiarin bukan diganti pakai UMP. CMIIW
profile-picture
profile-picture
profile-picture
irvan.. dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
pokoknya mahasiswa maju paling depan, membela kaum buruh
kalau ada kerusuhan, itu bukan mahasiswa, itu oknum


dah gitu terus aja sampai jadi wakil rakyat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Staff, spv, manager, general manager dan ceo semuanya buruh, yg bukan buruh cuma pemilik perusahaan aja tp pemilik perusahaan masih bisa disuruh sama customer tp customer kan buruh jg
emoticon-Leh Ugaemoticon-Hammer2
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Kebanyakan strawman kayanya orang sini, dari proses aja banyak yg udah curiga, mulai dari tendensius pemerintah yg mencurigakan, ditambah ketidakpercayaan masyarakat sama pemerintah jadi makin menjadi-jadi. Bener banyak yg dipelintir oleh kedua belah pihak, tapi secara overall emang merugikan kaum pekerja dan buruh. Dari keresahan narasi media mengenai pelemahan KPK, penanganan Covid-19, atau RUU PKS yg ga digubris. Secara objektif emang niat pemerintah agak bagus dengan mencoba menyejajarkan UMK sektoral yg timpang dibanding UMP, sistem PWKT/outsourcing yg carut marut coba di sistematisin. Tapi dengan mengkompensasi status quo yg bisa dibilang sudah 'enak' para pekerja (ga seluruhnya juga sih) emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fachrully dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Gw gk setuju yg ada kalimat pukat ugm yg bilang sentralisasi yg berlebih rawan korupsi.
Mau sentralisasi atau peraturan dibuat masing2 daerah tetap aja rawan korupsi.
Banyak kepala daerah demi keuntungan sendiri buat peraturan seenaknya.
Buktinya banyak kepala daerah terjerat korupsi.

Malah gua bilang lebih bagus sentralisasi lebih gampang di pantau daripada peraturan dibuat masing2 daerah.
Dengan sentralisasi juga investor lebih pasti karna hanya ikut pemerintah pusat.
Sekarang kalo gak ada sentralisasi,apa gk pusing tuh investor kalo peraturan daerah sama peraturan pusat beda? Mau ikut yg mana?


Biar peraturan gk tumpang tindih antara daerah dan pusat.

Gw termasuk yg dukung UU Cipta Kerja ini.
Kenapa ?
Karna Indonesia butuh Investasi yg menggerakkan ekonomi.
Ya nilai minusnya memang hak2 karyawan ada yg sebagian disunat.
Tapi biarpun pakai UU lama ,Apa hak2 karyawan terpenuhi ? Ya tergantung perusahaannya.


Gua dulu kerja di perusahaan Nasional, karyawan baru jarang ada yg jadi karyawan tetap dan di PKWT kan trus .
Perusahaan skr mah pandai nyari celah2nya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh itsandrie
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
kalau demo sebelum ada kegagalan kebijakan, jatohnya malah kayak ni rakyat susah banget di atur. kebijakan pemerintah kali ini memang tujuannya buat narik investor tapi enggak sampe menyengsarakan buruh atau rakyat. pemotongan nilai sekecil apa pun dimata investor itu besar. kita juga harus bersaing dg vietnam dan pilipina.. apalagi di tengah pandemi gini kebijakan benar benar dibutuhkan. selain mempengaruhi sentimen berpengaruh juga kpd ekonomi negara.

yg anti asing pikir pikir deh emang lu udah bisa apa, kalau punya duit udah nanam modal buat negara belum? modal yg dibutuhkan segede gaban loh -_-

belum kalau inget SDM kita -_-
profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
gw bingung, dari pemerintah ataupun pihak pro dan kontra uu ini..
knp ga dikumpulin aja semua hoax bredar di sosmed yg ada lalu adain diskusi terbuka di semua tv nasional ataupun live stream youtube dan sosmed lain dgn gt kan msh bisa hidup seperti biasa ga perlu pake emosi2an barbar ky kmrn..
tayangin film pki yg durasi 4jam aja bisa, ini yg lebih penting utk negara mlh ga ada atau cm bahas masing2 pihak uda gt ga slesai..
emoticon-Hammer2 emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Lebih baik wait dan see finalnya...terlalu banyak informasi yg kadang bisa benar atau salah.

Ane hanya mengajak para kaskusers melihat masalah yg jelas ada di hadapan kita tapi mungkin kagak sadar atau kagak tau karna terlalu sibuk dgn kehidupan sendiri.

Yaitu persaingan keras dan ketat sesama negara asean,ekonomi dan pariwisata.
Jangan terlena dengan kata2 kita adalah bangsa yg besar,wilayah sangat luas dan kaya akan isi buminya.
Negara sekecil vietnam perlahan namun pasti mulai sejajar dengan negara asean lainnya dalam tingkat ekonominya.
Sedangkan indonesia sibuk dengan hiruk pikuk politik,agama dan korupsi bertahun2.
Harus ada perubahan besar tuk maju bkn jalan di tempat menikmati yg ada yg skrg.
Kita ini negara konsumtif tapi tidak produktif skala besar.emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
konodioda dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh extreme78
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Mohon penjelasannya para suhu2 sekalian emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan extreme78 memberi reputasi
Gw punya pandangan soal untung rugi omnibus law buat kalangan pekerja di indonesia nih.
Prinsipnya adalah relaksasi peraturan usaha buat investor (salah satunya di bidang ketenagakerjaan) buat narik mereka bawa modal ke dalam negeri.

Kerugiannya: Hak & benefit pekerja dipangkas. Timbal balik dari relaksasi ini adalah investor jadi pada tertarik bawa modal ke dalam negeri yang diharapkan bisa nambah lapangan kerja. Sampai sini cukup masuk akal dan bisa diterima.

Benefit: Karena banyak lapangan kerja, ntar ente2 semua cari kerja relatif lebih mudah, lowongannya banyak, peluang keterima lebih gede yah tapi minusnya benefitnya ga se'wah' sebelum omnibus law.


Nah ane mikir gini. Kalo omnibus law diterapkan, pemangkasan hak dan benefit pekerja berlaku di seluruh indonesia. Dgn kata lain semuanya kecipratan efek merugikan dari kebijakan ini.

Sedangkan untuk lapangan kerja itu belum tentu semuanya kecipratan. Gmn kalo investor masuk sini, terus proyeknya sebagian besar di jawa?
Misalkan daerah2 yang ga merasakan dampak positif yg diharapkan dari UU cipta kerja malah modyar dong?? Lapangan kerja kagak nambah, tapi hak-hak pekerja dipangkas.
emoticon-Bingung


Mohon penjelasannya untuk yang ngerti.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nievmizzet dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Melodica.offici
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
sebagai kaum malas baca
saya ucapkan banyak terima kasih


emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan popecorleone memberi reputasi
Oke. Saya orang awam juga ya, ga ngerti tentang ilmu hukum, tapi saya beberapa kali ikut terlibat dalam penyusunan peraturan pemerintah. Jadi setau saya nih ya, UU itu adalah bentuk peraturan tertinggi di Indonesia, (kalo UUD ga usah diomongin lah ya, itu kan emang induknya semua aturan perundangan di sini).
Nah karena dia bentuk aturan tertinggi, tentu dia ga mungkin mengatur jelimet ampe ke detil2nya, itu nanti akan dijelaskan dalam peraturan di bawahnya, antara lain peraturan pemerintah dan peraturan menteri. Dan aturan hukum itu berlaku maju. Jadi memang peraturan pemerintah yang merujuk ke UU cipta kerja itu belum ada, lah UU nya aja baru disahkan, nanti akan dibikin peraturan pemerintah atau peraturan lain untuk menjelaskan hal2 yg sudah diamanatkan dalam UU.

Masalah sentralisasi, sebenarnya saya rada setuju sih, karna menurut saya sistem otonomi skrg kebablasan, hanya menciptakan raja2 kecil di daerah. Bagus kalo daerahnya dapat raja yg bagus, kalo ngga? Udh sering kita dengar kepala daerah korupsi dsbnya kan.

Itu dulu deh tanggapan saya secara umum utk TS. Saya ga nanggepin pasal per pasal karna saya belum baca juga RUU nyaemoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jicho22 dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh .hades
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di