sllzAvatar border
TS
sllz
Sederet Hewan Yang Memiliki Kemampuan Kamuflase Terbaik

Buaya Caiman Menyamar Di Lumpur | Foto via: mirror.co.uk


Untuk bisa bertahan hidup di alam liar, hewan mengandalkan kemampuan bawaan lahir mereka. Beberapa diantaranya mungkin kita tahu mereka mengandalkan kecepatan dan kekuatan, tapi ada juga yang menggunakan kecerdikan mereka dengan menyamar atau kamuflase lho.

Nah, di thread ini ane akan share info beberapa hewan dengan kemampuan kamuflase terbaik yang ane rangkum dari berbagai sumber.

Berikut diantaranya:


1. Gray Treefrog


Foto via: reddit.com


Gray Treefrog adalah kodok yang berasal dari Amerika Serikat timur dan Kanada tenggara. Kodok ini mendiami hutan basah yang dekat perairan atau rawa-rawa.



2. Tokek Setan Ekor Daun


Foto via: wired.com


Nama dalam bahasa Indonesianya sepanjang dan semenarik itu. Tapi tokek ini lebih dikenal dengan nama bahasa Inggrisnya, Satanic Leaf-Tailed Geckoemoticon-Ngakak (S)

Ini adalah tokek dengan kemampuan kamuflase terbaik yang berasal dari hutan tropis di Madagaskar. WWF memasukkan spesies ini sebagai "Top 10 spesies yang paling dicari" dan terancam oleh perdagangan satwa liar.



3. Burung Hantu


Foto via: boredpanda.com


Cocok ya kalau hewan yang satu ini dinamai Burung Hantu?

Burung yang satu ini memiliki corak warna yang sama persis dengan kayu, saking samanya sampai sulit dibedakan jika kita hanya melihatnya seklias.

Sebagian besar spesies burung hantu memang dikenal memiliki corak bulu seperti situasi dihabitatnya, misalnya seperti corak batu atau corak dedaunan.



4. Ular Anggur Meksiko


Foto via: flickr.com


Ular Anggur Meksiko atau Daudin's Vine Snake adalah spesies ular colubrid, yang berasal dari Arizona, Meksiko, Trinidad dan Tobago.

Ular ini sangat kurus dan panjangnya bisa mencapai 1,9 meter. Warnanya bisa bervariasi dari abu-abu hingga coklat dengan bagian badan bawah kekuningan. Beruntung, ular yang sering menyamar diranting-ranting pohon ini tidak memiliki bisa yang mematikan bagi manusia.


5. Vietnamese Mossy Frog




Vietnamese Mossy Frog adalah spesies katak dalam keluarga Rhacophoridae. Katak yang tampak seperti batu berlumut ini berasal dari Vietnam dan Cina. Habitat alamnya ialah hutan dataran rendah yang lembap, hidup dalam air tawar, dan daerah berbatu.


6. Ular Kerincing Kayu




Timber Rattlesnake atau Ular Kerincing Kayu adalah spesies ular berbisa endemik Amerika Utara bagian timur. Ini adalah satu-satunya spesies ular derik di Amerika Serikat bagian timur laut.


7. Stonefish




Stonefish atau Rockfish adalah ikan yang berburu dengan cara berkamuflase. Ikan ini berbisa, berbahaya, dan berakibat fatal bagi manusia. Bahkan Stonefish diakui sebagai ikan paling berbisa yang pernah ada.

Stonefish berasal dari wilayah pesisir Indo-Pasifik.


8. Tawny Frogmouth


Foto via: reddit.com


Tawny Frogmouth adalah burung yang ditemukan di seluruh daratan Australia dan Tasmania. Burung berkepala besar dan berbadan kekar ini sering disalahartikan sebagai burung hantu. Orang Australia menyebut burung ini dengan nama Mopoke atau Mopawk.

Ok juga ya kamuflasenya ni burung. emoticon-Ngakak (S)


9. Bark Spiders




Bark Spiders atau Laba-Laba Kayu adalah laba-laba yang menempati area hutan kering dan mudah ditemukan di Afrika, Asia, juga Australia.


10. Peppered Moth




Peppered Moth adalah sejenis ngengat, seperti kebanyakan ngengat, ia juga merupakan hewan nokturnal. Penelitian terbaru mengenai Peppered Moth menunjukkan bahwa ia dapat merasakan warna ranting dengan kulitnya dan menyesuaikan warna tubuhnya dengan latar belakang untuk melindungi diri dari predator.


11. American Crocodile




American Crocodile adalah spesies buaya yang berasal dari Neotropik. Buaya ini dapat ditemukan di pantai dan pulau-pulau kecil di seluruh Karibia.

American Crocodile juga salah satu spesies buaya besar yang mana pejantannya dapat mencapai panjang 6,1 meter dengan berat hingga 900 kg.

Btw, ane masih kurang paham ini buaya kamuflase pura-pura jadi batang kayu apa pura-pura mati. emoticon-Ngakak (S)


12. Gurita Penyamar / Indonesian Mimic Octopus


Foto via: dailymail.co.uk


Gurita Penyamar merupakan salah satu spesies hewan endemik Indonesia yang pertama kali ditemukan di Sulawesi pada tahun 1998. Seperti gurita pada umumnya, gurita penyamar mampu berkamuflase dengan mengubah warna tubuhnya agar sama dengan lingkungan sekitar.

Keunikan gurita penyamar yang membedakannya dari gurita lain terletak pada kemampuannya dalam meniru bentuk benda mati, seperti terumbu karang dan batu. Tak sampai disitu, gurita ini juga bisa meniru perilaku ular laut, ikan lepu, dan ikan sebelah untuk menghindari pemangsanya.


Itulah sederet hewan dengan kemampuan kamuflase yang mengagumkan.



emoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempol





Gegara ngomongin soal kamuflase, ane jadi keinget beberapa hal. emoticon-Ngakak (S)emoticon-Peace





Opini Pribadi
Referensi : Google & Wikipedia
yoshitake
yusuf2210
sekeleke
sekeleke dan 48 lainnya memberi reputasi
49
9.1K
159
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan