CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Orang Asing Bisa Punya Rumah Susun di RI Berkat Omnibus Law Cipta Kerja
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f7cf4099775135e64338083/orang-asing-bisa-punya-rumah-susun-di-ri-berkat-omnibus-law-cipta-kerja

Orang Asing Bisa Punya Rumah Susun di RI Berkat Omnibus Law Cipta Kerja

Orang Asing Bisa Punya Rumah Susun di RI Berkat Omnibus Law Cipta Kerja .


Anisa Indraini - detikFinance



Orang Asing Bisa Punya Rumah Susun di RI Berkat Omnibus Law Cipta Kerja

Selasa, 06 Okt 2020 
Pembangunan apartemen dan pusat perkantoran di pinggir jalan tol lingkar luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road kini semakin berkembang pesat. Jalan TB Simatupang pun semakin padat dan terlihat banyak bangunan beton pencakar langit untuk berbagai keperluan, seperti terlihat Senin (8/4/2013). Foto: Rachman Haryanto

Jakarta - Rancangan Undang-undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja telah disahkan menjadi Undang-undang (UU). Payung hukum ini banyak menuai kritik lantaran disebut pro asing.

detikcom coba membedah satu per satu pasal.

 Berdasarkan salinan draf final RUU Cipta Kerja yang diterima detikcom, Selasa (13/2/2020), di situ diatur khusus mengenai satuan rumah susun (sarusun) untuk orang asing.

Pasal 143 RUU tersebut menyebutkan hak milik atas satuan rumah susun merupakan hak kepemilikan atas satuan rumah susun yang bersifat perseorangan yang terpisah dengan hak bersama atas bagian bersama, benda bersama, dan tanah bersama.

Dijelaskan lebih lanjut dalam Pasal 144, hak milik atas satuan rumah susun dapat diberikan kepada warga negara Indonesia, badan hukum Indonesia, warga negara asing yang mempunyai izin sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, badan hukum asing yang mempunyai perwakilan di Indonesia, atau perwakilan negara asing dan lembaga Internasional yang berada atau mempunyai perwakilan di Indonesia.

"Hak milik atas satuan rumah susun dapat diberikan kepada warga negara asing yang mempunyai izin sesuai ketentuan perundang-undangan," bunyi beleid tersebut.

Ayat 2 pasal tersebut menerangkan hak milik atas satuan rumah dapat beralih atau dialihkan dan dijaminkan. Ayat 3 menjelaskan hak milik satuan rumah dapat dijaminkan dengan dibebani hak tanggungan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Masih tentang satuan rumah susun untuk orang asing, dijelaskan dalam pasal 147 bahwa tanda bukti tanah, hak milik atas satuan rumah susun, hak pengelolaan, dan hak tanggungan, termasuk akta peralihan hak atas tanah dan dokumen lainnya yang berkaitan dengan tanah dapat berbentuk elektronik.

Selama ini, rumah yang dibeli warga negara asing hanya berupa hak pakai. Merujuk PP Nomor 103 tahun 2015 tentang Pemilikan Rumah Tempat Tinggal atau Hunian oleh Orang Asing yang Berkedudukan di Indonesia, diatur hak pakai rumah tunggal bagi warga asing diberi jangka 30 tahun dan bisa diperpanjang 20 tahun, dan bisa diperpanjang kedua kalinya dengan jangka 30 tahun.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, Piter Abdullah menilai aturan itu sah saja diterapkan. Asalkan diatur secara rinci dan jelas bagaimana kepemilikan, hak-hak dan kewajibannya untuk memiliki properti di Indonesia.

"Sebetulnya warga negara asing tidak boleh punya properti di Indonesia. Ini perlu penjelasan dari pemerintah walaupun saya melihatnya ini tidak melanggar karena ini dikaitkan dengan investasi. 

Sekaligus saja ini dilonggarkan warga negara asing boleh memiliki properti di Indonesia karena itu akan meningkatkan industri sektor properti yang sekarang ini sedang lesu karena kita dari sedikit negara yang tidak mengizinkan warga negara asing memiliki properti. Saya kira tidak ada ruginya kita mengizinkan" tuturnya saat dihubungi.
(dna/dna)

https://finance.detik.com/properti/d...aw-cipta-kerja





Post ini telah dihapus oleh KS06
Ntar kalo harga rumah melonjak drastis nggk kebeli,
Tinggal salahin anies aja,


emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
.noiss. dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kalo cuma punya rumah susun/apartement mah apa salahnya? Kita asli indonesia beli apartemen juga cuma HGB strata tittle 40-50 thn doang. Mana bisa jadi Hak milik? Lha wong tanahnya aja kepunyaan bareng2.
profile-picture
hamtonz memberi reputasi
Udah tau track record nya DPR, masih percaya ama DPR, wkwkwkwk
Ternyata menjadi bego itu pilihan yah
profile-picture
adamyvon memberi reputasi
rakyat sendiri aja masi susah punya ruma, rusun murah di borong sama orkay. ini lagi nambah saingan org asing. makin ga punya rumah aja nih pada.
profile-picture
adamyvon memberi reputasi
Quote:


Orang arab aja pada punya tanah di puncak
Pada kicep anjir
profile-picture
adamyvon memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Rumah subsidi aja dibeli sama orkay.. yg cuma karyawan cuma bisa ngontrak
profile-picture
adamyvon memberi reputasi
Padahal bnyk org kaya sini bisa beli apartement di ausi ma singapur. Itu juga suka ada pameran properti 2negara itu dimari

Kesannya seolah2 jelek bener judul berita

Kalo ketimpangan semua juga sama, yg kerja kantoran sidney aja mesti ambil double job sambilan kerjaan kasar baru kebeli apartemen di sub urban

profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Konon orang Indonesia banyak yg punya rumah/apartemen di Singapura yah. Apakah aturannya sama?
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
emang ada jaminan properti akan melesat karena ini
kalau pasar lagi down sama aja kali

dari dulu juga banyak bule ngakalin punya properti
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Lah malah bagus kan? Cuma HGB, bkn SHM. Mana service charge naek mulu. Telat, denda bunga berbunga. Jadi sapi perah tu asing.
profile-picture
adamyvon memberi reputasi
y yg tolol orang sini suka rumah dipinggir kali udah bau sring kena banjir, disuruh ke rusun kaga mau
profile-picture
adamyvon memberi reputasi
Emng dulu dilarang ya?
Bkn nya kalo bangunan dr dulu jg boleh dimiliki ya?tanah nya yg gk boleh setau gw sih gt
orang asing dimari kan beli properti bukan atas nama dia, tapi atas nama koleganya dimari atau dia nikah dengan wni, properti berupa rumah tanah dan apartemen atas nama pasangannya, dan selama itu adem ayem aja, sekalian aja dibolehin beli rumah atas nama dia kalau perlu jadi hak miliknya seumur hidup
profile-picture
adamyvon memberi reputasi
Quote:


Apakah tidak ada perubahan apa apa di UU Cipta Kerjanya?
Drdl kan sdh boleh cuma di batasi nominal propertinya. Wah goblok provokator wartawannya goblok ini


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di