KarjoKareAvatar border
TS
KarjoKare
GeNose, Alat Bikinan UGM yang Bisa Deteksi Covid – 19 Dalam Waktu 80 Detik

Para peneliti di Indonesia terus berupaya untuk menghadirkan sesuatu yang bisa membantu pemerintah dalam menekan angka kasus Covid – 19 di Indonesia. Dan temuan terbaru, UGM berhasil menciptakan alat pendeteksi Covid – 19 yang berbasis teknologi kecerdasan buatan (AI). Alat ini mampu mendeteksi Covid – 19 lewat hembusan nafas orang yang terinfeksi. Alat ini diberi nama GeNose. 

Alat ini bisa mendeteksi virus corona dengan waktu yang sangat cepat. Kurang dari 2 menit, hasil tes udah bisa diketahui, apakah seseorang itu positif atau negatif. Lebih tepatnya sih pihak UGM menyebutkan hanya butuh waktu 80 detik untuk mengetahui hasilnya.


Alat yang telah mendapat dukungan langsung dari Kemenristek ini bekerja dengan cara mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC) yang terbentuk karena adanya infeksi Covid – 19 yang keluar bersama nafas melalui hembusan nafas ke dalam kantong khusus. Selanjutnya diidentifikasi melalui sensor yang kemudian datanya akan diolah dengan bantuan kecerdasan artifisial.

Menurut Menristek Bambang Brodjonegoro, GeNose merupakan inovasi pertama di Indonesia yang mampu medeteksi Covid – 19 melalui gembusan nafas dimana aplikasinya terhubung dengan sistem cloud computing untuk mendapatkan hasi diagnosis secara real time.

GeNose juga mampu bekerja secara paralel melalui proses diagnosis yang tersentral di dalam sistem, sehingga validitas data dapat terjaga untuk semua alat yang terkoneksi. Data yang terkumpul dalam sistem selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk keperluan pemetaan, pelacakan, dan pemantauan penyebaran pandemi secara aktual.

Alat ini telah melalui uji profiling dengan menggunakan 615 sampel data valid di Rumah Sakit Bhayangkara Polda DIY dan Rumah Sakit Lapangan Khusus COVID Bambanglipuro di Yogyakarta. Hasil pengujian tersebut menunjukkan kalau tingkat akurasi alat ini mencapai 97%. Selanjutnya GeNose akan memasuki tahap uji klinis kedua yang akan dilakukan secara bertahap dan tersebar di sejumlah rumah sakit di Indonesia.

Untuk harga, satu unit GeNose dibutuhkan biaya sebesar Rp 40 juta, dengan kapasitas 100 ribu tes. Mudah – mudahan aja alat ini bisa digunakan dan hasi deteksinya efektif. Jadi gak pake lama lagi buat nungguin hasi deteksi Covid – 19.


 


alifrian.
jlamp
ujellyjello
ujellyjello dan 2 lainnya memberi reputasi
3
3.2K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan