GENKBOLAvatar border
TS
GENKBOL
Hati – hati, Kebiasaan ini Bisa Bikin Laptop Rusak

Biasanya laptop berusia 3 – 5 tahun sebelum akhirnya rusak atau tidak berfungsi optimal. Tapi diusia segini bukan berarti gak bisa digunakan lagi GanSis. Mungkin ada beberapa part yang rusak dan harus diganti, itu pun kalau pemakaiannya aktif. Tapi, terkadang ada aja orang yang belum lama pake laptop, eh taunya udah ada yang rusak. Nah, yang kayak gini umumnya karena habit penggunanya yang gak baik GanSis. Berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa bikin laptop rusak, jangan sampai dilakuin, kalau pengen laptop kalian berumur panjang:

Hindari makan sambil make laptop


Kenapa diminta untuk dihindari, karena sering kali ditemui keyboard laptop macet karena adanya remah – remah makanan yang nyangkut. Kondisi ini tentunya akan tidak baik untuk peforma keyboard. Kalau udah nyelip kayak gini, biasanya susah buat ngebersihinnya. Daripada repot – repot ngersihin mending habitnya aja dihilangin GanSis.

Meletakkan benda diatas laptop


Tanpa disadari banyak pengguna yang meletakkan sesuatu diatas laptop yang lagi ditutup. Seperti menaro buku atau benda lain yang sebenarnya cukup berat untuk ditaro diatas laptop. Jika kebiasaan kayak gini sering dilakuin, maka akan menyebabkan kerusakan pada layar LCD atau engsel laptop. Selain itu ini juga bisa bikin bagian belakang laptop jadi gores.

Menggunakan laptop di bawah sinar matahari langsung atau suhu panas


Menggunakan laptop di bawah sinar matahari langsung akan membuat suhu laptop meningkat. Panas yang terperangkap di dalam laptop bisa menyebabkan kerusakan CPU, hard drive, video card dan baterai. Suhu 0-40°C tergolong aman untuk digunakan. Jika suhu berada di atas 85°C, segera matikan laptop untuk mendinginkan suhu. Untuk mencegah laptop overheatbisa lakukan beberapa cara. Seperti memakai cooling pad atau laptop fan dan menghindari memakai laptop di luar ruangan. Kamu juga bisa mematikan laptop setiap beberapa jam sekali untuk menghindari overheat.

Sembarangan membersihkan laptop


Memang dianjurkan untuk membersihkan laptop secara berkala, tapi cara membersihkannya harus diperhatiin GanSis. Jangan gunakan cairan yang mengandung zat kimia keras. Ini bisa merusak layar laptop. Dan, untuk membersihkannya gunakan kain microfiber yang kering. Segeralah untuk membersihkan laptop jika udah terlihat berdebu.

Menggunakan mode sleep dalam waktu lama

Ane yakin pasti banyak yang ngelakuin kebiasaan ini nih, dulu Ane juga sering GanSis. Sebenarnya lebih baik hindari kebiasaan ini. Kalau pun kalian menggunakan mode ini, sebaiknya tidak untuk waktu yang lama (dibawah 2 jam). Membiarkan laptop dalam kondisi sleep dalam waktu yang lama akan merusak daya tahan dan umur baterai. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa merusak motherboard. Kalau udah kelamaan laptop dalam kondisi sleep, segeralah untuk benar – benar mematikannya.

Membawa laptop bukan dengan tas khusus


Penting kiranya untuk meletakkan laptop dalam tas dengan perlindungan khusus. Ini untuk mencegah adanya goncangan, benturan dan bantingan, baik disengaja atau tidak. Laptop akan menjadi lebih awet ketika dibawa dengan menggunakan tas khusus atau tas laptop. 

ekatse
ujellyjello
tien212700
tien212700 dan 33 lainnya memberi reputasi
32
7.4K
171
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan