Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nyonya.bantengAvatar border
TS
nyonya.banteng
Petisi Online Minta Terawan Dicopot Tembus 6.500 Orang
Petisi Online Minta Terawan Dicopot Tembus 6.500 Orang


Petisi online di Change.org meminta supaya Presiden Jokowi mencopot Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto dan mengganti dengan yang lebih kompeten. Seperti apa perkembangan petisi tersebut?

Petisi bersangkutan muncul pada 30 September lalu yang awalnya menargetkan 5.000 tanda tangan. Pantauan detikINET di laman Change.org, pada Senin (5/10/2020) ini, petisi tersebut sudah mendapatkan lebih dari 6.500 tanda tangan dengan target baru 7.500.

Adapun pencetusnya adalah Koalisi untuk Indonesia Bebas COVI9-19 yang terdiri dari JALA PRT, buruh Supinah, Presiden UIN Jakarta Sultan Rivandi, dan Ketua BEM UI Manik Marganamahendra, dan Irma Hidayana dari LaporCovid19.

Di bagian deskripsi, koalisi menilai Terawan telah gagal sebagai Menteri Kesehatan dalam menangani pandemi. "Sudah bulan keenam pandemi Covid-19 di Indonesia. Bukannya membaik, situasinya justru makin parah. Salah satunya karena penanganan Covid-19 yang buruk," demikian deskripsi mereka.

Sejak awal, dia disebut terkesan menggampangkan wabah Corona. Saat ini pun Terawan dianggap tidak mampu menyelesaikan masalah seperti perlindungan tenaga kesehatan dan menekan angka penyebaran Covid-19.

Kasus baru dan aktif terus bertambah, di mana Indonesia peringkat ke-13 dunia. Bahkan, untuk peningkatan kasus baru dan korban meninggal harian, Indonesia posisi dua dunia. Angka kematian tenaga kesehatan lebih dari 200, menjadikan Indonesia salah satu negara dengan kematian nakes tertinggi.

"Publik sudah banyak yang meminta pertanggungjawaban kepada Menkes Terawan. Namun beliau sering menghilang. Dan membiarkan publik melawan virus Corona sendiri. Publik makin tak percaya kecakapan Menkes dalam mengatasi wabah. Apakah kita harus menggantungkan nyawa dan nasib ratusan juta masyarakat Indonesia kepada Menkes seperti itu?" kata Manik Marganamahendra sebagai perwakilan Koalisi untuk Indonesia Bebas COVID-19 di petisi.

Koalisi turut membandingkan Terawan dengan menteri kesehatan dari 8 negara lain yang mundur karena dinilai gagal menangani pandemi. "Alangkah terhormatnya, jika Bapak Terawan juga mengikuti koleganya di luar negeri dengan mundur sebagai Menteri Kesehatan karena telah gagal menjalankan tugasnya," tulis mereka.

"Sebenarnya telah beberapa kali publik meminta Saudara Terawan secara sadar untuk mundur, namun desakan publik ini tidak pernah dipandang serius oleh yang bersangkutan. Oleh karena itu kami juga meminta Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk mencopot Terawan sebagai Menteri Kesehatan dan menggantinya dengan figur lain yang lebih kompeten," pungkas petisi ini.




Sumber



Mantab betul bray emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh



ganti dengan DOKTER TIRTA emoticon-2 Jempol emoticon-Jempol
0
391
7
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan