Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

juraganind0Avatar border
TS
juraganind0
Tolak RUU Ciptaker, 2 Juta Buruh Fix Bakal Mogok Nasional!
 Tolak RUU Ciptaker, 2 Juta Buruh Fix Bakal Mogok Nasional!

Quote:


Sumber
https://www.cnbcindonesia.com/news/2...mogok-nasional

Saya tau outsourcing itu kadang gaji UMK tapi dipotong buat perusahaan outsourcing, uang bonus tidak dapat, kalau kontrak habis ya sudah, selesai. Tapi masih ada perlindungan dari BPJS-TK

Saya juga tau, kalau nanti RUU Ciptaker ini jadi, bisa jadi outsourcing semua, bahkan pekerja untuk main business pun bisa di outsourcing.

Saya juga tau, soal pesangon, kalau kontrak karyawan outsourcing mengikuti aturan RUU Ciptaker ini, ya para pengusaha ga perlu ribet urusin pesangon. Mau itu 9x, 25x, atau 32x. Ya ga perlu bayar. Karena semua bisa di outsourcing dan kontrak terus menerus dan diperbaharui tiap tahun. Jadi tinggal tunggu saja kontraknya habis, ga terhitung PHK, ga terhitung juga kewajiban bayar pesangon. Aturan sekarang kan ada batas maksimalnya 3x kontrak dan terbatas juga bidang yang mau di outsourcingnya.

Saya juga tau, kalau nanti RUU Ciptaker ini jadi, gaji anda bakal turun, karena UMK sudah tidak relevan, akan menggunakan UMP yang notabene jauh di bawah UMK terutama di beberapa daerah. Yang biasanya dapat 4 juta lebih, bisa jadi tinggal 1.8 juta.

Tapi masalahnya adalah di Indonesia ini SUDAH TERLALU BANYAK PENGANGGURAN dan PEKERJA INFORMAL. Kalau semua ga di outsourcing dan bisa dikontrak, lalu para pengangguran ini mau kerja apa? Mau jadi kriminal? atau mau jadi apa?

Bayangin, 6,88 juta orang pengangguran! Dari 137,91 juta orang angkatan kerja! Dan yang mengkhawatirkannya 74,04 juta orang (56,50 persen) bekerja pada kegiatan informal! Miris ga sih?

Menurut saya, udahlah, ngalah dulu saja. biarkan para pengangguran ini dapat kerja dulu, dan yang informal ini dapat kerja di sektor formal juga. Supaya apa? mereka dapat at least jaminan sosial, macem bpjs kesehatan, bpjs ketenagakerjaan, upah bulanan, dst.

Sekarang ini jujur saja, ngeri pak jalan jalan kemana sendiri, ada begal, copet, maling, hipnotis, copet, dst. Zaman lagi susah begini. Banyak yang menghalalkan berbagai cara.

Kalau kebanyakan sudah berkecimpung di pekerjaan formal dan sibuk dengan pekerjaannya, orang orang ga ada tuh kepikiran buat berbuat jahat. at least berkurang lah.

Demikian menurut pendapat saya.

https://www.bps.go.id/pressrelease/2...99-persen.html

https://economy.okezone.com/read/202...6-8-juta-orang

https://www.alinea.id/bisnis/nasib-p...nduk-b1ZJX9sPb
gabener.edan
lolopas
reid2
reid2 dan 4 lainnya memberi reputasi
3
957
17
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan