gabener.edanAvatar border
TS
gabener.edan
Sulaiman Khilaf Unggah Kolase Ma'ruf-'Kakek Sugiono': Entah Kenapa Saya Ini
Jakarta - Eks Ketua MUI tingkat kecamatan di Tanjungbalai, Sulaiman Marpaung, mengaku khilaf atas ulahnya mengunggah kolase foto Wapres Ma'ruf Amin dan bintang porno Jepang Shigeo Tokuda alias Kakek Sugiono. Sulaiman mengatakan foto Wapres Ma'ruf dan 'Kakek Sugiono' tersebut dia unggah sebelum menunaikan salat Jumat pekan lalu.

"Iya pada saat itu memang saya pun pukul 11.30 WIB mau salat Jumat. Itu jadi saya apakan, entah kenapalah tangan saya ini. Memang saya apakanlah foto Ma'ruf Amin. Itu dua fotonya sebenarnya itu, 1 foto Ma'ruf Amin, 1 lagi foto 'Kakek Sugiono', itu bukan bersatu, itu saya apakan," jelas Sulaiman dalam wawancara eksklusif dengan detikcom di Bareskrim Polri, Jumat (2/10/2020) malam.

Setelah mengunggah kolase foto tersebut, Sulaiman menerangkan dirinya menunaikan salat Jumat dan tak membuka lagi ponselnya. Sorenya, Sulaiman dihubungi temannya. Temannya mengabarkan posting-an Sulaiman tersebut viral dan menasihati agar segera dihapus.

"Lalu saya pun pulang ke rumah, lalu pergi ke masjid salat Jumat. Setelah pulang salat Jumat, saya tidak ada buka-buka HP, karena kan saya masih ngurus masjid kan, karena habis salat Jumat di masjid kan masih ada buka tabung, apa segala macam. Sampailah pukul 14.30 WIB saya makan siang, tidur siang. Pukul 16.30 WIB saya ditelepon kawan, 'Tolong statusmu dihapus, ini sudah banyak yang tahu', 'Status yang mana?', 'Masalah Ma'ruf Amin'. Loh baru ingat saya," terang Sulaiman.


Setelah menyadari posting-annya viral, Sulaiman pun buru-buru menghapusnya.

"Saya buka HP, 'Oh, iya'. Langsung saya hapus. Nengok (kolom) comment pun tidak saya. Itulah, khilaflah saya habis itu, khilaflah saya di situ. Makanya saya begitu saya buka (ponsel) pukul 16.30 itu baru saya sadar, 'Oh iya saya tadi ada posting ini'. Begitulah, apa ya, makanya langsung saya hapus. Komentar pun nggak saya lihat," sambung dia.

Sulaiman mengaku menyesali perbuatannya. Dia merasa kurang bersimpati terhadap Ma'ruf sejak Ma'ruf maju dalam Pilpres 2019. Kemudian ketidaksukaannya bertambah saat adanya pernyataan Ma'ruf soal K-Pop yang menyebut K-Pop bisa menjadi salah satu inspirasi anak muda dalam berkreasi.

Sebelumnya, Sulaiman dilaporkan karena mengunggah foto kolase Ma'ruf dan 'Kakek Sugiono'. Sulaiman dilaporkan ke Polres Tanjungbalai. Unggahan tersebut telah dihapus dan Sulaiman meminta maaf. Meski demikian, tangkapan layar posting-annya telah beredar dan viral. Polisi juga melakukan penyelidikan atas laporan tersebut.

Sulaiman ditangkap di rumahnya di Tanjungbalai Asahan, Sumatera Utara, Jumat (2/10). Pelaku diketahui menggunakan akun Facebook Oliver Leaman S saat mem-posting kolase foto Ma'ruf dan 'Kakek Sugiono'.

"Iya benar tim melakukan penangkapan," kata Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo saat dimintai konfirmasi.

Penangkapan ini dipimpin oleh Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Slamet Uliandi.

Atas perbuatannya, Sulaiman disangkakan Pasal 45A ayat (2) juncto Pasal 28 ayat (2) dan Pasal 27 ayat (3) UU No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No 11 Tahun 2008 tentang ITE. Sejumlah barang bukti disita polisi dalam penangkapan ini, yakni satu unit ponsel, akun Facebook, dan SIM card.

Kasus ini bermula ketika tangkapan layar berisi foto Ma'ruf disandingkan dengan gambar animasi wajah 'Kakek Sugiono' yang diunggah salah satu akun FB viral. Ada narasi 'Jangan kau jadikan dirimu seperti Ulama tetapi kenyataannya kau penjahat agama. Di usia Senja Banyaklah Berbenah untuk ketenangan di Alam Barzah. Selamat melaksanakan Ibadah Shalat Jumat' yang ditulis pemilik akun'.

https://news.detik.com/berita/d-5198...apa-saya-ini/2

Khilaf....emoticon-Ngakak

Terlalu panjang narasi ente nulis di akun mank dasarnya benci karna maaruf gabung jokowi...sudahlah ente mau ngeles karna kpop itu alasan klise doangemoticon-Ngakak
Diubah oleh gabener.edan 03-10-2020 04:25
scorpiolama
dieq41
jims.bon007
jims.bon007 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
4.5K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan