si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Unik dan Kreatif, Inilah Bus AKAP yang Memakai Corak Livery Gambar Binatang
Livery bisa diartikan sebagai seragam atau baju, didunia perbusan sendiri Livery juga bisa disebut sebagai corak atau motif yang dipakai sebuah PO bus untuk membedakannya dengan PO bus yang lain. Kali ini ane mau membahas livery bus yang ada di Indonesia dengan corak unik yaitu dengan gambar binatang. Mungkin gan sist pernah menjumpai salah satu diantaranya ? Kita mulai dari yang pertama.


1. Restu



Sumber Ilustrasi Foto


Kali ini ada PO bus yang punya markas di Kota Malang, punya ciri khas gambar panda pada bodynya. Bus ini mengisi trayek Surabaya-Ponorogo-Malang, Surabaya-Ponorogo, serta Surabaya-Malang. Jika gan sist bepergian ke Jawa Timur via tol atau non tol pasti akan mudah menemui Si Panda ini.

Restu juga memiliki armada Patas jurusan Surabaya-Semarang via Pantura Tuban, bus ini bernama Sinar Mandiri Mulia. Liverynya juga sama-sama menggunakan panda.
Karena identik dengan gambar panda, maka banyak orang yang menjuluki bus Restu dengan sebutan 'Restu Panda'.




Sinar Mandiri Mulia, saudaranya Restu Panda emoticon-Big Grin

Sumber Ilustrasi Foto


TS suka dengan livery pertama mereka, dimana gambarnya sangat rinci dengan suasana khas hutan dan pohonnya. Dulu Restu identik dengan bus ugal-ugalan, untuk itu mereka coba merubah citranya dengan menggunakan livery gambar panda. Sementara livery terbaru mereka sedikit menghilangkan nuansa hutan tersebut dengan mengganti background dengan tanaman hijau. Dibawah ini livery baru mereka.






Sumber Ilustrasi Foto



2. Cendana



Sumber Ilustrasi Foto

Kali ini ada bus Cendana, bus ini bukan milik keluarga Pak Harto meski namanya 'Cendana'. Bus asli Kota Reog ini melayani trayek Surabaya-Ponorogo serta Jakarta-Ponorogo untuk bus besarnya. Sementara unit bus mediumnya melayani trayek Madiun-Ponorogo serta Ngawi-Bojonegoro.

Bus besarnya menggunakan gambar beruang kutub dengan background hutan hijau mirip livery Restu Panda yang pertama. Bagi orang awam akan mengira bus ini sama dengan Restu, namun aslinya berbeda. Di kalangan pecinta bus, Cendana dijuluki 'Fake Panda' ada juga yang menyebutnya sebagai siluman karena livery yang hampir mirip milik PO Restu.

Faktanya meski sama-sama memakai gambar dari keluarga beruang, gambar livery milik Cendana adalah gambar beruang kutub. Coba perhatikan pose gambar beruang yang ditengah, kalau dilihat posenya seperti seorang kiper yang hendak menghalau bola menuju gawangnya (imajinasi TS) emoticon-Hammer (S)






Fake Panda emoticon-Big Grin

Sumber Ilustrasi Foto



3. Sugeng Rahayu




Sumber Ilustrasi Foto


Pasti sudah pada kenal dengan PO bus satu ini ya ? Dulu dia bernama Sumber Kencono, karena sering mengalami musibah kecelakaan, sang owner mengganti namanya menjadi Sumber Selamat serta Sugeng Rahayu.

Ciri khas bus Sugeng Rahayu adalah memakai livery gambar lumba-lumba mencolot dari air dengan background gambar laut pada awalnya, seperti kita lihat pada gambar diatas. Livery ini tidak bertahan lama, kemudian diganti dengan livery seperti gambar dibawah ini. Masih ada lumba-lumba, cuma ganti background saja.




Sumber Ilustrasi Foto


Lumba-lumba sendiri dipilih karena memiliki sifat ramah dan bersahabat, itu filosofi gambar lumba-lumba yang terdapat pada bus Sugeng Rahayu. Livery kedua ini juga tidak bertahan lama, kemudian muncul livery terakhir dengan hanya mengganti backgroundnnya. Livery terakhir ini masih bertahan sampai sekarang.




Sumber Ilustrasi Foto




4. Harapan Jaya



Sumber Ilustrasi Foto

Bagi masyarakat Jawa Timur selatan tentu sudah tidak asing dengan bus ini. Bus yang punya markas di Tulungagung dikenal dengan kenyamanannya untuk segmen bus malam. Hampir semua chasis bus premium mereka punya, bus ini identik dengan gambar kuda yang berlari. Livery ini sudah menjadi ikon dari Harapan Jaya.

Harapan Jaya juga dikenal memiliki bus tingkat untuk tujuan Jabodetabek menuju Jawa Timur dan Jawa Tengah serta Sumatera (Lampung). Gimana gan sist, sudah tidak asing bukan dengan livery bus satu ini ?




Sumber Ilustrasi Foto



5. Dali Prima



Sumber Ilustrasi Foto

Bus asli Bojonegoro yang melayani trayek AKDP Bojonegoro-Suarabaya, serta bergerak dibidang pariwisata. Mengusung livery warna putih dan biru untuk bus pariwisata serta warna silver dan ungu untuk bus AKDP-nya, livery ini ditambah dengan siluet gambar burung elang pada bagian bawahnya. Kira-kira ada yang dari Bojonegoro juga ? Pasti gak asing sama bus satu ini ya gan sist.




Sumber Ilustrasi Foto




6. Restu Mulya



Sumber Ilustrasi Foto

Menemani Sugeng Rahayu, ada PO bus asli pulau Bali dengan nama Restu Mulya, bus ini juga menggunakan gambar lumba-lumba serta sebuah pulau yang dikelilingi lautan ditengah-tengahnya. Bus ini melayani rute dari Bali menunju berbagai kota di pulau Jawa. Ada yang pernah melihatnya dijalan mungkin ? Warnanya TS suka, dengan dominasi warna ungu yang cerah.






Sumber Ilustrasi Foto



7. Wisata Komodo



Sumber Ilustrasi Foto

Meski namanya Wisata Komodo, bus ini ternyata bukan berasal dari NTT. Bus ini ternyata berasal dari pulau Bali, bus ini juga masih satu grup dibawah bendera Dharma Jaya Group yang juga menaungi PO Restu Mulya. Punya trayek dari Bali menuju berbagi kota dipulau Jawa, sama seperti Restu Mulya juga.

Bus ini juga memiliki livery gambar kuda pada bodynya dengan background pemandangan alam serta dominasi warna biru, bus ini mungkin jarang dikenal gan sist. Biasanya mengisi jalur Bali-Jogja serta Surabaya-Singaraja.




Sumber Ilustrasi Foto




8. Puspa Sari



Sumber Ilustrasi Foto

Di posisi 8 lagi-lagi ada bus dengan livery gambar kuda, ternyata Harapan Jaya gak sendirian dalam memakai gambar kuda. Puspa Sari juga masih dalam naungan Dharma Jaya Group, liverynya juga menggunakan gambar kuda dengan background pemandangan alam.

Sekilas mirip dengan Wisata Komodo gan sist ya kalau dilihat lagi, bus ini juga melayani trayek dari Bali menuju berbagai kota di pulau Jawa.




Sumber Ilustrasi Foto



9. Safari Dharma Raya (OBL)



Sumber Ilustrasi Foto

Kita melesat ke Temanggung, disana ada bus malam yang legend. Identik dengan livery gambar gajah pada bodynya. Bus ini bernama Safari Dharma Raya, meski begitu masyarakat Temanggung lebih suka menyebutnya sebagi OBL. Nama OBL sendiri merupakan akronim dari Oei Bie Lay yang merupakan pendiri PO bus tersebut. Bus ini juga sering dijuluki sebagai Si Gajah Dari Temanggung.

Hewan berbelalai ini menjadi ikon dari OBL dari era 80-an sampai sekarang. Bus ini melayani trayek dari Jabodetabek menuju berbagai kota di Jawa Tengah, Jawa Timur sampai Bali. PO ini sedang meredup sinarnya, dan kini mereka coba menjaga eksistensi mereka didunia perbusan Indonesia. Salah satunya dengan cara membeli armada bus tingkat, hal ini merupakan sebuah isyarat bahwa OBL masih eksis.




Sumber Ilustrasi Foto




10. Putra Remaja



Sumber Ilustrasi Foto

Siapa yang dari Jogja ? Pasti sudah tidak asing dengan Putra Remaja (PR), bus yang mulai berdiri ditahun 80-an dan masih eksis sampai hari ini. Putra Remaja juga salah satu bus dari pulai Jawa yang masih setia melayani trayek sampai ke pulau Sumatera seperti Lampung, Jambi serta Palembang.

Liverynya adalah gambar burung belibis yang cukup besar disamping kiri dan kanan bodynya, dengan background warna biru. Selain itu dulu Putra Remaja pernah memakai livery gambar pinguin dengan background putih dan biru langit, livery pinguin ini TS sudah jarang melihatnya. Kalau di Ponorogo ada beruang kutub maka di Jogja ada pinguin emoticon-Big Grin




Sumber Ilustrasi Foto




12. PMS



Sumber Ilustrasi Foto


Nama busnya PMS, bukan PMS (Pre Menstrual Syndrom) yang biasa dialami oleh para wanita. PMS disini akronim dari Pratama Mandiri Sekata.Inilah pinguin dari tanah Sumatera, dengan dominan warna putih pada bodynya ditambah gambar pinguin dikedua sisi body serta bagian belakangnya.

Bus ini banyak memakai baju Zeppelin buatan karoseri Gunung Mas, Madiun. Bus PMS melayani rute Berastagi-Pangkalan Kerinci (Riau) serta Siantar-Pangkalan Kerinci. Kira-kira yang tinggal disekitar jalur yang TS sebut pernah melihat bus dengan gambar pinguin ini ? emoticon-Big Grin




Sumber Ilustrasi Foto




Sumber Ilustrasi Foto



13. ALS



Sumber Ilustrasi Foto

Antar Lintas Sumatera (ALS) dulu juga pernah memakai livery dengan gambar kupu-kupu pada body belakangnya, persisnya dekat roda belakang. Gambar kupu-kupu ini merupakan ciri khas ALS diera 90-an, sayangnya livery ini sudah jarang dipakai. ALS sekarang dominan dengan warna hijau dengam striping garis oranye, hanya tersisa sedikit bus yang memakai gambar kupu-kupu ini. Kebanyakan adalah bus dengan body lawas.




Ini dia gambar kupu-kupunya.

Sumber Ilustrasi Foto



14. Pahala Kencana



Sumber Ilustrasi Foto

Pahala Kencana bus asli Kudus yang kini pindah kandang ke Jakarta, 10 tahun lalu juga memakai livery kupu-kupu dengan background biru langit seperti gambar diatas. Sayangnya, livery ini sudah jarang digunakan lagi oleh Pahala Kencana. Saat ini mereka lebih banyak memakai livery garis-garis.

Sebenarnya livery ini cukup bagus dan bisa dijadikan ciri khas oleh Pahala Kecana, sayangnya pihak manajemen lebih memilih menggunakan livery garis yang lebih sederhana.



Livery kupu-kupu legendaris emoticon-Belo

Sumber Foto Ilustrasi


Selain itu mereka juga punya livery kupu-kupu dengan background warna putih. Pahala Kencana melayani trayek dari Jabodetabek menuju Jawa Tengah, Jawa Timur, Madura, Bali serta sampai pulau Sumatera (Lampung, Palembang).




Sumber Ilustrasi Foto



15. Garuda Mas



Sumber Ilustrasi Foto


Bus asli Cirebon yang kini mulai melebarkan sayapnya menuju berbagai kota dipulau Jawa, sama seperti namanya. Bus ini mengusung gambar burung garuda dengan background biru, gambar burung garuda tersebut terlihat sederhana pada awalnya.

Seiring perkembangan zaman gambar garuda tersebut terlihat lebih hidup dengan efek 3D, Garuda Mas saat ini juga memiliki unit bus tingkat. Beberapa rute yang diisi mulai dari Ponorogo-Jakarta, Purwodadi-Jakarta, serta Blora-Jakarta dll.




Sumber Ilustrasi Foto




Sumber Ilustrasi Foto


16. Rajawali



Sumber Foto Ilustrasi

Masih bertema burung, kali ini ada PO bus Rajawali yang lahir di Kota Solo. Sempat merajai segmen bus bumel serta bus malam, kini sang raja mulai terpinggirkan dengan mulai hadirnya bus-bus baru. Persaingan yang ketat juga membuat pamor Rajawali memudar.

Sama seperti namanya bus ini memiliki logo burung rajawali, dengan ciri khas background warna biru. Untuk livery terbaru mereka menggunakan background putih dengan siluet burung rajawali berwarna biru. Bus ini melayani trayek Jabodetabek menuju Solo, Wonogiri dan Jogja, serta trayek jarak pendek Semarang-Solo.





Sebenarnya mereka banyak menggunakan background warna yang berbeda untuk setiap busnya, namun siluet gambar burung rajawali tetap mereka pakai. Seperti bisa kita lihat foto dibawah ini






Sumber Ilustrasi Foto



17. Primadona



Sumber Ilustrasi Foto


Di urutan terakhir TS tutup dengan Primadona, bus dari bumi Sulawesi yang mengisi trayek Makassar-Toraja dengan unit bus tingkat. Sama seperti namanya, bus ini juga jadi primadona dijalurnya. Livery mereka yang terkenal adalah burung rangkong dengan background biru pada awalnya.

Selain itu mereka juga punya bus dengan livery burung maleo yang digunakan untuk unit bus tingkat juga. Inilah salah satu bus mewah dari Indonesia timur gan sist.






Body Highlander by New Armada.

Sumber Ilustrasi Foto


Bus asal Sulawesi ini sepertinya suka dengan tema binatang untuk livery motif busnya, salah satu unit bis tingkatnya yang lain menggunakan gambar ikan pari manta serta ada satu bus lagi yang menggunakan corak kulit harimau. Kebanyakan bus mereka menggunakan body besutan karoseri New Armada, sperti Highlander dan Skylander untuk bus tingkatnya serta Evolander untuk bus non tingkatnya.




Body Skylander dari New Armada, livery pari manta.




Livery kulit harimau, Evolander by New Armada.

Sumber Ilustrasi Foto


Livery yang unik dan menarik bisa jadi ciri khas bagi sebuah PO bus, untuk membedakan dengan PO bus yang lain. Selain itu hadirnya livery unik bisa menjadi ciri khas yang akan terus diingat masyarakat dan penumpang setianya.

Disisi lain hadirnya livery gambar binatang ini juga mengingatkan kita agar ikut peduli dengan keberlangsungan hidup binatang tersebut, terutama habitat tempat tinggal mereka. Apalagi beberapa hewan yang dijadikan livery oleh PO bus diatas sudah masuk dalam kategori langka, itu salah satu hal positif yang menurut TS bisa ditangkap dari hadirnya livery dengan gambar binatang tersebut.

Menurut agan dan sista livery mana nih yang paling bagus diantara livery bus diatas ? Jangan lupa nanti sampaikan pendapat kalian dikolom komentar beserta alasannya.

Demikian sedikit ulasan kali ini, semoga bisa menambah wawasan baru buat kita semua khususnya dibidang transportasi darat. Sampai jumpa ditulisan selanjutnya, jangan lupa tetap enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer


Referensi: 1.2.3
4.5
Ilustrasi: google image
fergusonredarmy
nyonyo2
tien212700
tien212700 dan 33 lainnya memberi reputasi
34
9.5K
86
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan